Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Tujuh Bulan

Tujuh Bulan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

BudayaAdat tali paranti yang ada di tempat tinggal keluarga saya sekarang ini Kota Subang, Dimana seseorang yang sudah menikah dan akan mempunyai anak pertama, Maka untuk menyambut masa kehamilanya, diadakan acara Syukuran selamatan 7 (tujuh) bulan masa kandungan. Atau menginjak ke 7 bulan saat mengandung maksudnya. Sebenarnya kalau di tempat lahir saya di jawa tengah, jika syukuran 7 bulan itu hanya mengumpulkan sanak famili sambil membaca ayat suci alquran. Namun di tempat tinggal sekarang juga sama acara 7 bulanya mengundang tetangga dan semua saudara untuk membaca Albarjanji dan ayat suci Alqur'an. Cuma bedanya pada masyarakat Subang ada acara bikin rujak untuk melengkapi makanan yang di hidangkan untuk selamtan dan untuk warga sekitar yang kondangan/undangan. namun tetap puncaknya acara syukuran selamatan 7 bulan tidak lepas dari aqidah agama, karena resepsi acaranya juga yang membukanya seprang Ustad dan yang pasti dengan bacaan doa surat surat Alquran. Dan acara puncaknya syukuran 7 bulan yaitu memandikan istri saya yang sedang mengandung semua yang membacakan doa yang ikut memandikanya dimulai dari Bapak Ustadz, dan di lanjut Bapak Amil/Lebe selanjutny semua saudara yang hadir. Sambil membacakan doa dan melantunkan Sholawat Nabi.

Baca juga Budaya lainya :   Semua Label Budaya

Tentang 7 Bulan Masa Kehamilan :

Tradisi budaya orang sunda ini mengenai 7 bulan seoarang wanita yang sedang mengandung. Tujuh bulan mungkin di tempat anda tinggal mungkin ada juga ya sob,? Tapi mungkin namanya berbeda di Kota Subang saja nama dari syukuran 7 Bulan, ada yang menamai Nuju bulan, Kakeba, Tingkeban dan nama lain yang maksudnya sama hanya penamanya saja yang berbeda tapi mksudnya sih sama. Hal serupa juga pernah saya alami waktu istri saya mengandung Anak yang pertama. Seperti yang saya tulis diatas tentang pelaksanaan syukuran nuju bulan itu. Dengan perasaan bahagia menyambut buah hati belahan jantung, ibarat kata anak muda jaman sekarang mah hhhehe.. Saya melaksanakan syukuran 7 bulan itu. mungkin seumur hidup saya baru saya alami. Mandi bareng dengan istri saya, di tengah kerumunan banyak orang. Tapi tenang saja mandinya masih pakai baju koq. Rasa bahagia bisa menghapus dinginya air yang berulang ulang mengguyur saya dengan istri saya. Diantara pengunjung selametan bergantian mengguyur air kembang dengan ucapan doa dan sholawatan. dingin dan sedikit serem juga sih tapi saya manut sajalah katanya tradisi orang sunda.

Baca juga Artikel sebelumnya tentang :   Nikah

Biar hemat asal Selamat :
Sebetulnya acara itu bisa saja dilakukan sesederhana mungkin demi menghemat pengeluaran belanja. Namun pada saat itu saking senengnya menyambut buah hati yang pertama, maka upacaranya di hias sedemikian rupa. Namun tidak mewah mewah amat sih tetep sederhana namun yang penting upacaranya bisa hikmat, dan harapanya hanya meminta keselamatan, Pada Allah SWT Agar diselamatkan nanti jika melahirkan. Sealamat Ibunya yang mengandung juga anak yang di kandungnya.
Perbedaan adat dan Budaya :
Jika terdapat perbedaan nama juga upacara syukuran 7 bulan kehamilan ini, Mohon maklum saja ya Sob, namanya juga beda tempat, Kota juga wilayah pastinya adat dan istidatnya akan berbeda. Apalagi Negeri Indonesia ini sangat kaya akan Kultur Tradisi, Adat Budaya dan peninggalan Nenek moyang. Jadi jika nantinya budaya ini dinamai Mitos, tahayul atau lainya itu hak masing masing. Yang penting intinya tradisi tujuh bulan kehamilan ini. Tidak bertentangan dengan Aqidah agama yah Mas/Mbak Bro..

Berikut dibawah ini Penayangan Video Mandi 7 Bulan khas Sunda Klik BUKA VIDEO



Mungkin sampai disini yang bisa saya hadirkan tentang upacara syukuran tujuh bulan ibu hamil. Jika kurang menarik maaf yeh? Jangan lupa di lihat videonya demi melihat penayangan bumi parahiangan dan ilustrasi khas seni tatar sunda Kota Subang. Videonya layak di tonton pada semua kalangan kok, Kecuali bagi teman tuna netra. Jika terdapat link artikel saya yang mati atau error mohon kasih tahu saya yah Sob. Terima kasih atas kunjunganya. Semoga moment pada post ini ini bisa menambah wawasan anda.. Salam santun dan sukses selalu semoga hari anda selalu ceria... Happy Blogging ....

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

111 komentar

wah lagi-lagi saya dapet pertamax
mantap

koq sama yamas
dirumah saya juga ada adat 7 bulanan(piton-piton)

selamat sore mas saud...baru bisa berkunjung nih

repot banget

saya booking semua nih komentarnya agar mas zach nggak kebagian.kwkwkw

Selamat Atas Pertamax nya Kang Mas Yanto
Silahkan diambil ada koq di pojok sana Mas hhh

Ternyata sama di Kota Mas Yanto juga ada 7 bulanan
Cuma namanya saja yang berbeda ya Mas?

Selamat sore juga Mas Yanto gak apa apa Mas kalau lagi sibuk mah
Dengan senang hati saya kapan saja, siap menanti dengan setia :-bd

Waduuhhh, aku premium aja lahh mas hehe

Iyah nih Mas Zach bisa protes ke saya nantinya Mas Yan? :D

saya nggak dapat pertamax nggak pa oa, yang penting dibagi rujaknya :D

di tempat saya juga ada. namanya mitoni :)

Iyaa mas, kalo di daerah saya khususnya Purwokerto Jawa Tengah ada adat yang namanya MITONI :-d

Halohaa... Nama saya arjuna.. hihi.

Kalo di tempat asli saya daerah sumatra acara menujuh bulan ini ga ada.
adat jawa emang penuh dgn philosofi kehidupan...

salam semua :)

perasaan komentar yang paling dengan yang disini cuma beda 4 menit :p

Kok sama yaa Kang Ucup, di daerah saya juga mitoni :-d

sama, di tempat saya juga namanya mitoni :hehe

ditempat saya juga sama mas pake albarjanji, tapi ada juga yang mengharamkan..

maaf kang saud, kalo saya belum pernah ngerayaain 7 bulanan, itu tradisi dan adat dikhawatirkan jadi bentuk ibadah.. maaf yaa..

lagi-lagi saya pertamax juga

rumah yang mana nih? jelaskan dulu yang di kota apa

saya nggak protes. saya cuma ngamuk. ntar ya di tikungan saya tungguin

saya malah lupa dahulu diapain ya istri saya pas 7 bulan. oh iya saya ingat. pas hamil 7 bulan itu, istri saya tambah cantik.

katanya cari istri baru hehe

Assalamualaikum Mas Saud
Kalau di Malaysia..upacara ini dinamakan 'lenggang perut'. Tujuannya untuk menentukan jantina bayi sama ada lelaki atau perempuan. Bidan/tukang urut akan mengurut perut si ibu untuk membetulkan kedudukan bayi supaya mudah keluar...Selepas itu, dibacakan juga doa selamat...
Wah...panjang pula komen saya hari ini..

Owwwwww atuuuuut... Sabar Mas,, bisa kita selesaikan
Secara damai kan..? masa pake ancam ancaman gitu hhh =D

Saya juga awalnya gak ngerti Teh.. cuma ya kata sepuh dan para pinisepuh, dari keluarga Istri saya katanya adat tali paranti. yah saya manut aja. yang penting hakekat nya gak keluar rel dari Aqidah agama
Sama sama Teh Santika + Mas Zach jika yang saya kemas ini melewati toos Ras, suku kultur dan budaya, juga Agama. :doa

klo dikampung sy acara 7 bulan membuat cadil, kemudian dibagikan ke tetangga ,,, :)

selamat menikmati hidangannya ,,, :D

Walaikum salam wr wb. oh ternyata di Malaysia juga ada yah Kak upacara macem nie..? hanya beda nama sahaja ya Kak. kalau di urut untuk jantina bayi agar jelas lelaki/permpunya ntu same. Tak apa lah Kak saye senang dengan pengomen yang mu bahas perkongsian ni dengan rinci :-bd

Lha isi e Wong Jowo kabeh yo..? saya juga Mas dai jawa
Tegal kita semua Saudar kaya nya ya Mas..? *senyum

Monggo Mas Fiu, di nikmati hidangan yang alakadarnya

Kira in teh diapain Istri Mas Zach waktu hamil, kalau waktu hamil
Parasnya nampak Cantik kata orang tua anaknya Cewek deh
Gak tau tuh emang iya Mas Zach begitu..?

Sama berarti ya Mas Budi..? biarin saja Mas yang bilang mah itu hak
Mereka, yang penting kitanya gak sehina yang mengatakanya :)

Hallo juga ya Mas Arjuna..ohh ada juga ya di Sumtra cuma beda nama doang ya Mas? adat jawa emang beragam Mas. salam juga :)

Seadanya saja ya Mas Imron.. Rujak Nuju bualan siap masih ada Kang Ucup. Mas Zach pertamaxnya berubah jadi Air tamax hh

Mungkin acara seperti itu di adakanya sesederhana mungkin kalau di tempat saya namanya yang kaya gitu, hanya nyandil atau nglongsong Malah repotnya harus tiap hamil kata orang Subang itu mah Mas Fiu

kakak saya juga pernah mengadakan 7 bulannan, karena katanya adat dari leluhur supaya, kelahirannya lancar..

Kalau di zaman dulu...masih belum ada alat untuk scan baby..
Jadi, semasa majlis ini, mak bidan atau tukang urut akan periksa perut si ibu dan dia boleh tahu, bayinya itu lelaki atau perempuan..

Ternyata sama yah Mas Achmad oke deh makasih atas info berbaginya

Kok yang dimandiin nya nangis yang mandiinnya malah ketawa ya mas :)

Wah salud nih sama mas saud, semangat ngeblognya luar biasa deh :)

kebetulan besok sabtu adik saya yang kedua mau syukuran tujuh bulanan ...sipp...izin patroli mas saud... :D

ih..kebiasaan deh ngaku-ngaku

iya tuh mas
barusan saya datengin rumahnya eh beliaunya nggak berani nongol.kwkwkw

Mungkin yg dimandiin itu kedinginan jadinya nangis, dan yg mandiinnya. Puas karna yg dimandiin kedinginan, gitu mungkin mbak

Semoga menjadi keluarga yg sakinah mawadah dan warohmah amin

buwehehe...di blog tetangga saya udah bilangin kalau kang zach mah ngga pernah sekalipun dapet pertamax dimana-mana ge'...kesian deh ih

kak admin ngga kehabisan akal, idenya buntu, dia bukain album keluarga...diapostingin deh..jiaah, ketebak kan sama saya mah? ;)

Piton tingkepan jenenge nengkene,
bakal jabang bayinae lair lanang lanang lanang lanang, weok weedok wedok wedok. Yen lanang koyo arjuno yen wadon karo sembodro.
upacara tingkepan/piton ditutup calon ayah membelah degan sekali tebas harus belah

Mitoni berapa bulan menuju METONI

Ada yang meng haramkan berarti ada juga yang meng halalkan. ga papalah impas jadinya

Oh Setelah tujuh bulanan waktunya Sepuh sepuh yah (sensor)

Bener ya Mang Lembu Mas Zach kagak pernah Pertamax

Dalam rangka melestarikan budaya Indonesia tercinta Mang ide mah ada sih dikit dikit cuma nulisnya yang males hehhe :)

Itulah Mas Zach kelebihanya Mas Yan,, beraninya ke gitu

hahhah Mas Mus bisa aja deh, kalau buat sepuh mas jam tayang nya bebas huuf sss mf keceplosan =D

Subbhamallah Kak Fidah nie pandai sangat tentang Baby dan persalinan saye bisa banyak belajar sama Kakak. sudah Kakak Cantik pandai pula

Biasa saja Mbak Susi kan saya banyak Belajar dari Mbak yang sudah lama malang melintang di dunia blogging. Saya tau profil Mbak dari dulu cuma waktu itu saya gak pakai profil nama saya yang sekarang ini. Mbak termasuk senior saya +top

Bukan nangis Mbak, saking nahan dinginya soalnya sore hari, malahan kata Istri tercinta saya, bawa anya dinginya gak seperti mandi biasa kaya sedikit aneh gitu, emang Mbak gak ngalamin kegitu Mbak..?

Naah ntu bener kata Mas Abdur Rahman deh. saking nahan dingin

Tuh betul kata Mas Mus,. lebih baik berpikiran center saja ya Mas?

Wah seperti kebetulan saja yah Pak Mas.. ? salam saja buat adike Pak Mas deh. semoga nanti Bersalinya selamat ibunya/anaknya amin

Amin ya Allah ya Robbul allamin. terima kasih Mas Abdur :-bd

Podo ae yo Pak Mas Mus, upara pitung sasih niki..?
Matur nuwun sangedt njih yo Pak Mas Mus sampean sampun
Rurumaphen ing niki seratan kulo

Pulau jawa kebawanya kemana coba?

BW itu bakwan ya Mas..?

Pada tanggal 7 bulan7 tahun 7 eeh tahun mah gk tentu

adat istiadat yg masih lestari hingga saat ini, kearifan budaya yg patut diharagai

mas saud lagi tingkepan? lha mbok di kirimi jajan pasare

wilujeng pagi Kang,,,,,tujuh bulanan adalah tradisi,namun sayangnya dikampung saya hampir tidak ada ,entah mengapa Kang,,,,,

jajan pasarnya sudah habis kali tuh hehehe

saya masih ingat,dulu kalau ada yang tujuh bulanan suka minta rujak bebegk,yang bahanya dari tujuh macam buah-buahan,,,,

Ye ye, saya benar, saya benar. Hadiahnya apa nih mas hehehe :D

wah saya mah ketinggalan banget nie pertamaxnya, semalem gak ikutan ngeronda soalnya abis tempur semaleman :D

Dulu mah saya beranggapan kirain yang namanya 7 bulan nie di semua daerah diadain, tapi ternyata gak semua daerah ya mas, misalnya di daerah istri saya kayaknya gak ada yang namanya 7 bulan, tapi kalo di daerah Banten emang dari dulu dah ada tradisi 7 bulan teh :)

saya juga paling demen tuh kang sama rujaknya, biasanya kalo rasanya keasinan katanya kemungkinan anaknya laki-laki hehehe

Gak apa apa Mas, masih saya tunggu dengan setikoq

Wadawwwwwwwwww ketinggalan nih saya Heihiehiee. Belum komentar aja sudah bertumpuk komentar orang. Sudah banyaaaaaaaaaaaak Huiiiiiiiiiiiiiiiiii. Bingung nih mau komen apa yoooooooooooo

Saya Lebih Setuju Karena Perbedaan adat dan Budaya Mas. Lain Padang Lain Belalang. Yang Penting Adat dan Budaya Tetap Di Junjung Tinggi Mas..

kapan ya saya dapet pertamax hahaha

kegiatan seperti inih sdh turun temurun ya Mas Saud..!,.

gampang Mba Ipah..ntr malam bareng kami sj..kebetulan masih ada acara kelanjutan dari acara 7 bulan inih..mba ipah..jgn lupa bawa weker..ya..?

Gak ketinggalan banyak koq Pak Asep. masih saya tunggu dengan senang hati. Komen apa saja Pak bebas tapi Bapak lebih paham yang terbaik untuk saya serap pengalaman dan penegtahuan dari Bapak Asep :-bd

Yah betul ya Mas Abdur, hadiahnya Permen Kojek gi ngambil di keler beranda blog saya Mas. jangan rebutan ya? hh :ng

wah, mas Saud Karrysta kapan nyusul tradisi itu? buruan !
hehehe

saya ngak pernah dapat pertamax disini, tradisi indonesai banyak ya, baru tau juga saya

seperti biasa saya selalu gak kebagian pertamax :sk

saya kira acara tujur bulanan untuk seorang wanita yang sedang mangandung ini cuman ada di daerah saja saja tapi ternyata di daerang agan juga ternyata ada yah :) kerenn :TS

dan saya mendoakan semoga yang mengandung di atas melahirkan dengan lancar dan selamat amin :doa

Betul yah Mas Sam, kalau bukan kita sapa lagi yang harus menjaga Adat budaya kita ya Mas? njih Mas Sam sampun rengse tingkepanya.
siap pengene opo aye monggo jajan nang pasare mas, Kang Dede mau juga, yo wes yu jajan...?,

wah ada 7 bulan yah mas, kalau disini seingatku gak ada kalau yang kayak gituan. (Entah saya yang tidak tau atau memang tidak ada) :)

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Beda tempat memang beda2 juga tradisinya ya mas

kang ainun setres, komentar udah di ujung masih ngomongin pertamax bae' diih

Jadi ingat waktu tuju bulanan anak Saya dulu Mas Saud, harus mandi malam-malam :heran

tau nggak mas kalau piton-piton bahasa lainnya tingkepan
nah orang yg melakukan tingkepan namanya ningkepi
trus kenapa ditingkep karena baru ditungkepi.kwkwk

tu akhwat orang malayu, mana ngerti lah rayuan gombal macan tu hehe..

masih tujuh bulan mas saud, kapan bulanya jadi satu lagi..?

kalau di daerah abah mah itu pakai adat 7bulan tp melahirkan

itu karena jarang di tutupi si Mas wkakakakakakaka :D

Wah photo siapa tuh mas yang diatas

Lagi-lagi aku paling bawah hadeeeh cape deh mas :D

aamiin aamiin aamiin...trimakasih doanya mas saud yang ganteng

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger