Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Memperingati hari RA Kartini 21 April

Memperingati hari RA Kartini 21 April

Salam sukses dan sejahtera buat semua Sahabat sebangsa dan setanah air Indonesia, tidak luput pula buat Negara tetangga dan teman semua Negara saja deh, Tepatnya hari ini di edisi senin 21 April 2014 dimana setiap tanggal 21 di bulan April seluruh rakyat Indonesia memperingati hari Kartini. Seperti dulu saya sewaktu masih mengecam pendidikan di bangku sekolah, peringatan Kartini itu tidak pernah terlewatkan setiap tahunya. Dan yang lebih menyenangkan setiap ada peringatan hari bersejarah para Pahlawan itu sekolah di liburkan. namun pada jaman sekarang kayanya tidak deh, soalnya dalam kalendar saja tanggal 21 April tidak tertulis peringatan hari Kartini, apa ada perubahan dan itu saya kurang tahu deh.

Sejarah

Artikel menarik lainya :  Indonesia punya bakat acara SCTV

Walaupun tulisan ini hanya di blog, namun tidak ada salahnya pada postingan kali ini saya membahas tentang Sejarah, Para Pahlawan yang sudah berjasa besar pada Negeri tercinta ini. Sebagai bentuk apresiasi kecintaan saya saya pada Negeri ini, dan sebagai ungkapan penghormatan pada Pahlawan Nasional yang telah Menjunjung tinggi harkat dan derazat kaum wanoza/wanita Indonesia.

Biografi RA. Kartini :

RA. Kartini (Raden Adjeng Kartini) atau istilah nama sebutan lain, Raden Ayu Kartini Beliau Lahir di Kota Jepara, Jawa Tengah, tanggal 21 April 1879 dan beliau pulang kerahmattullah di Kota Rembang Jawa Tengah, pada tanggal 17 September 1904 di usia sekitar 25 tahunan. RA Kartini adalah sosok seorang Perempuan tokoh di suku Jawa dan menyandang gelar Pahlawan Nasional Indonesia. RA Kartini dikenal sosok seorang sebagai pelopor kebangkitan semua Perempuan setanah air Indonesia.

Raden Adjeng Kartini adalah Putri ke 5 (lima) dari 11 (sebelas) bersaudara anak dari pasangan : Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat (Ayahnya) dan : M.A Ngasirah (Ibu nya). RA Kartini ini adalah figur dan sosok seorang Wanita yang sangat peduli dan rasa sosial yang tinggi, di setiap kegiatan wanita apapun dimasa itu RA Kartini ini sangat offtimis juga antusias dengan kemajuan pendidikan dan ilmu pengetahuan. RA Kartini sangat gemar membaca dan menulis, Akan tetapi kedua orang tuanya menginginkan RA Kartini menimba ilmu hanya sampai sekolah dasar karena harus dipingit. Dengan tekad yang bulat dan berani Kartini ingin tercapai cita citanya meski pendidikan yang kurang bukanlah satu halangan, RA Kartini mulai mengembangkan cita-cita nya dengan terus belajar menulis dan membaca bersama teman sesama perempuannya, Dan pada masa itu juga RA Kartini pun belajar bahasa Belanda (londo)

Gejolak dan semangat RA Kartini tidak pernah padam, dengan rasa keingintahuan yang sangat besar itu, Kartini, ingin selalu membaca surat kabar, buku buku dan majalah eropa dari situlah terlintas ide untuk memajukan wanita wanita Indonesia dari segala keterbelakangan. Karena kemampuannya berbahasa Belanda, Kartini juga seringkali melakukan surat menyurat dengan korespondensi dari Belanda. Sempat terjadi surat menyurat antara Kartini dan Mr.J.H Abendanon untuk pengajuan beasiswa di negeri Belanda, tetapi semua itu tidak pernah terjadi karena Kartini harus menikah pada 12 November 1903 dengan Raden Adipati Joyodiningrat yang pernah menikah 3 kali.
Perjuangan Kartini tidak berhenti meski sudah menikah :
Perjuangan RA Kartini ini tidak selesai setelah menikah, Kartini memiliki suami yang selalu mendukung akan cita citanya untuk memperjuangkan pendidikan dan martabat semua kaum perempuan, dan dari situlah RA Kartini memulai perjuanganya untuk mendirikan sekolah Kartini pada tahun 1912 di Semarang. Pendirian sekolah wanita tersebut berlanjut di Surabaya, Jogjakarta, Malang, Madiun, Cirebon. Sekolah kartini didirikan oleh yayasan kartini. RA Kartini tutup usia Setelah hanya beberapa hari setelah beliau melahirkan Putra pertamanya yang bernama R.M Soesalit pada 13 September 1904, tepatnya 4 hari setelah kelahiran R.M Soesalit, saat itu usia Kartini masih berusia 25 tahunan.

Sesudah meninggalnya RA Kartini, seorang Menteri Kebudayaan, Agama, dan Keraja'an Hindia Belanda Mr.J.H Abendanon mulai membukukan surat menyurat kartini dengan teman temannya di eropa dengan judul “DOOR DUISTERNIS TOT LICHT” yang artinya “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Kartini sendiri adalah pahlawan yang mengambil tempat tersendiri di hati kita dengan segala cita-cita, tekad, dan perbuatannya. Ide-ide besarnya telah mampu mengilhami perjuangan kaum perempuan dari kebodohan yang tidak disadari pada masa itu. Dengan keberanian dan pengorbanan yang tulus, Katini mampu menggugah kaumnya dari belenggu diskriminasi, dan bisa sejajar dengan kaum lelaki pada umumnya.  Posts berita : http://uniqpost.com/profil/r-a-kartini

Berikut Profile lengkapnya RA Kartini :
Nama Lengkap : Raden Ajeng Kartini Alias: R.A Kartini | Kartini
Tanggal Lahir    : Jepara 21 April 1879 Tempat Lahir: Jepara, Jawa Tengah
Ayah Kartini     : Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat
Ibunda Kartini  : M.A Ngasirah
Suami Kartini   : K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat
Putra Kartini    : Raden Mas Soesalit Wafat: 17 september 1904
Penutup :
Demikianlah artikel yang saya kemas pada kesempatan ini, mohon maaf jika tulisan diatas masih ada yang kurang, dalam penymapaian Sejarah tentang RA Kartini, jika ada kata pelengkap untuk artikel ini silahkanlah Tuangkan tulisan pendapat anda semua, pada form komentar dibawah ini .. Semoga bermanfaat ...

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

65 komentar

Nama R.A Kartini emang tak pernah lepas dari kata 'HABIS GELAP TERBITLAH TERANG'
dan merupakan salah satu icon 'emansipasi' wanita,,_
terima kasih kang sudah mengingatkan kalau sekarang Hari Kartini.

selaman hari kartini buat semua hawa di seluruh Indonesia.. dikantor kami yang cewe disuruh pakai kebaya lho mas... hehehe

semoga perempuan indonesia semakin sejahtera tidak ada lagi kasus kdrt

selamat pagi mas saud dan selamat hari kartini. Saya mengimpikan ada kartini yang sebenarnya kartini di jaman modern ini

Sekarang jamannya Emansipasi, tapi sayang sepertinya udah kebablasan :)

Terimakasih mas atas sharingnya ,,

bener mas saud, dikalender nggak ada tandanya, meski nggak lebir alangkah baiknya jika diberi tanda spy mnjadi pengingat..

smoga semngat juang beliau bisa dijadikan teladan bagi kartini-kartini jaman sekarang

semoga kita bisa meneladani kerja keras dari seorang kartini ini...

semoga selalu sukses ya kang....

jadii ingett waktu SD Pas di tes nyanyi lagu ibu kartini saya kagak hafal dan di hukum di depan kelas :v

maju tidaknya negara tergantung kaum wanita... R.A Kartini perempuan luar biasa yg bisa menjunjung kaum wanita pada masa itu.... :)

wah iya ya mas,, sungguh saya baru inget ini hari kartini hehe klo gk baca post ini pasti jadi kudet hari pahlawan wanita yang satu ini, ini biasanya di sekolah2 pada dandan buat ngerayainnya :)

selama ini saya belum tahu biografinya RA Kartini mas tapi sekarang udah tahu. hehee
terima kasih sharenya..

heran sekarang hari Kartini tidak diperingati semeriah jaman dulu (apa mungkin di tempat saya saja ya), atau saya yang gak tau informasi? Heran.

Mungkin (jika pernyataan saya di atas benar), karena hari-hari yang diperingati sudah semakin banyak? Jadinya Hari Kartini seperti kehilangan greget. Seperti penyataan Mas di awal postingan.

buat para kaum wanita saya mengucapkan selamat hari Kartini,
sekarang saya lebih mengenal profil pahlawan wanita ini, thanks mas Saud :)

Selamat memperingati hari kartini ya mas. Sekalian pak kartino jg hehehe.
Sekarang sudah banyak kartini kartini yang membanggakan bangsa ini. Namun nggak sedik yang mempermalukan bangsa dan kaum wanita.

Selamat memperingati hari kartini buat para wanita hehehehe

Tadi pagi sudah selesai habis memperingati Hari Kartini

Ditempatku perayaan hari kartini cukup meriah, khususnya anak anak cewek banyak yang berpakaian kebaya ala kartini...

Yah seperti itu faktanya ya Mas Erick. dan berkat perjuangan
R.A Kartini Wanita semakin bisa berpotensi seperti Lelaki :-bd

Yah selamat hari Kartini juga yah Mas Sabda. Wah bagus deh Mas
Berarti Kantor Mas itu masih menghormati Pahlawan Nasional
RA Kartini. tetap semangat yah Mas makasih kunjunganya

Selamat hari karttini mas ..

RA kartini memang wanita yang luar biasa yia bos..., sayangnya ditempat saya sudah ga pernah ada peringatan hari kartini,

masih muda ya mas, 25 th pulang ,,,,

selamat hari raya R.A. Kartini semoga emansipasi yang selalu digaungkan ngga disalah artikan oleh para wanita endonesa ya kang.

R.A. Kartini memang menjadi motivasi para wanita negeri ini, terbukti dengan saya jadi seperti sekarang ini berkat jasa perjuangan beliau kan?!

Selamat hari Kartini,akang Karrysta.semoga banyak Kartini-kartini lain di Negeri ini,
Habis gelap terbitlah terang....

setuju deh sama kang Cilembu hehe

Amin semoga saja begitu yah Mas Ahmad. makasih atas appresiasinya

Bener yah Kang Lembu, seperti itu dan saya bisa tumbuh
dan menjadi pandai dan keren seperti ini jasa siapa coba..? hh

Selamat malam Mas Agus. Maaf Mas bales nya malam, soale
Baru pulang kuli Mas, selamat Hari Kartini juga yah Mas Agus
Semoga saja Kartini, modern itu bisa sepadan dengan Kartini aslinya

Betul yah Kang, Terkadang sebutan Emansipasi wanita itu di salah
Artikan. dengan tidak mengikuti sipat dan tabeat Kartini apakah
Itu pantas di bilang Emansipasi wanita. tapi gak semua wanita begitu
Yah Kang, yang baik dan benar pun banyak. selamat hari Kartini :)

Oke sob sama-sama makasih juga atas kunjunganya

Betul Mas Wong pada kalender saya tanggal 21 april 2014 itu
tidak ada tanda merah dan tulisan peringatan hari Kartini, apa
Sudah di hilangkan pemerintah, apa kalender saya nya yang
Belinya di kaki 5 yah Mas? semoga semua wanita Indonesia
Bisa menjadi Kartini-Kartini modern yang lebih baik segalanya amin

Wah di tempat Kang Sun keren yah para Wanitanya sangat antusias
Dengan hariKartini. sukses deh Kang Sun. selamat hari Kartini Kang

Sama-sama Mas Munawir salamat hari Kartini

Betul Mas Comtel RA Kartini ini sangat berjasa besar untuk Indonesia
Tapi saya sayang Perayaan Kartini mulai di hilangkan kenapa yah..?

Betul Mbak Maya, RA Kartini saat meninggal duni berusia 25 tahun

Selamat hari Kartini juga ya Kang Lembu + Mbak Enis, yah
Semoga saja begitu yah Kang? oke deh Mbak Enis saya setuju

Selamat hari Kartini juga Mbak Enis, Amin ya Mbak semoga begitu
Hilang kesedihan dan selamat datang keceria'an :)

Yah Mas Yobert, selamat hari Kartini buat semua Rakyat Indonesia

Bagus lah Mas Febri, masih peduli dengan Pahlawan Nasional
RA Kartini. selamat hari Kartini yah Mas Febri :)

Selamat hari Kartini juga ya Mas Nady, kalau Kartino lagi ngaduk hhh
Semoga wanita Indonesia, bisa seperti Kartini yang sesungguhnya

Selamat Hari Kartini yah Mas Ferdon dan buat semua Wanita
Dan seluruh Rakyat Indonesia lainya. sama-sama Mas Ferdon

Terima kasih Pak Uda atas ucapanya, semoga saja Kartini
Modern bisa mengikuti langkah yang di inginkan Kartini sebenarnya

anak anak sekarang sepertinya sudah pada g tau kang tgl peringatan hari kartini lebih kenal sama hari valentin kayakna :-D

Betul yah Mas Fiu, berkat jasa nya Kartini wanita bisa di sebutkan
Wanita adalah tiangnya Negara, sungguh luar biasa jasa beliau ini

Amin, semoga saja begitu yah Mas Muroi, sosok tauladan Kartini
Ini sangat menjunjung tinggi harkat dan derjat Kaum Wanita. amin Mas

hihihi Mas Ainnul jadi buka Kartu sendiri, tapi kenangan yang indah
Kan Mas..? selamat hari Kartini yah Mas :)

Saya juga berasumsi demikian Mbak Nove, pada jaman saya sekolah
Dulu sabentahunya, di peringati Hari Kartini itu secara serentak.
Saya pun bingung Mbak Nove, kenapa hari peringatan Kartini di
Hilangkan pada kalender Indonesia? apa saya juga berpikiran sama
Seperti yang Mbak paparkan diatas, tentang hari Kartini...?

Jadi saling nambah wawasan yah Mas Budi. sama-sama
Yah Mas semoga bermanfaat pertemuan ini terima kasih

Yah Mas Rachmat saling mengingatkan saja. jasa Kartini ini sangat
Besar sekali apa lagi buat wanita. yah Mas di sekolah saya dulu
Begitu deh, tapi sekarang di sekolahan agak jarang di rayain deh

Betul yah Mas Sopyan, anak jaman sekarang, malah ingetanya pada
Peraya'an Budaya Asing yang menyesatkan, Tapi kalau peringatan
Bangsanya sendiri saja seakan Gengsi dan minder ngeraya'in nya, aneh :heran

Sampe sekarang ini aku penasaran banget sama buku Habis Gelap Terbitlah Terang.. Kayak apa ya kira-kira isinya? Soalnya penulisnya kan pahlawan wanita, yang perjuangin hak wanita agar sama dengan hak pria.. :)

selamat hari Kartini buat para wanita semoga para wanita bisa terus berkarya dan mengembangkan sayapnya :)

wah pasti ada campur tangan dari seorang wanita yah mas Karysta :)

semoga saja wanita Indonesia menjadi wanita yang bisa berguna bagi keluarga dan bangsa yah mas :)

artikelnya informatif sekali..
makasih mas :)

ibu kita kartiniii...putri sejati...putri yg mulia...harum namanyaaaa :)

kartini mengkaji ulang nila-nilai wanita agar wanita bisa memperjuangkan hak mereka untuk diperlakukan setara dengan pria. tapi yang saya lihat di jaman sekarang ini, wanita malah semakin ingin diperlakukan lebih tinggi dari pria :))

Penasaran yah Mbak Beby dengan Buku Habis gelap terbitlah terang
Saya juga aslinya gak tau tuh Mbak. hanya spintas baca namun
Semuanya belum terbaca.

Terima kasih atas ucapan dan pendapatnya. Dari Mas Anthonie, Teteh Nathalia,
Mas Purnomo, Kang Zeer/Jagad Kawula, Mbak Elsawati dan Sobat semua
Selamat Hari Kartini. semoga Wanita Indonesia semua sukses dan lebih baik amin

artikel yang menarik, rame banget yg koment ,salam blogwalking , ditunggu kunjungan baliknya .. :)

luar biasa mas, selamat hari kartini juga ya, semoga para wanita di Indonesia makin bagus ;)

hahaha iyaaa pakk Selamat hari kartono juga ehhh hari kartini :D #Maaf Agak Telat ngucapinnya :D

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger