Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Pepes ikan peda selera jaman dahulu

Pepes ikan peda selera jaman dahulu

MakananSelamat bertemu kembali sobat blogging semua kini anda berada salam sejahtera saja buat, Anda semua yang berbahagia kesempatan kali ini saya akan mengupas tentang sesuatu hal . Selera makan yang ada di Indonesia tercinta ini, setelah kemarin kita saksikan yang sesuatu  Ada yang unik di blognya Kompi Ajaib, tentu artikel tersebut bisa menambah pengetahuan. Buat kita semua. kali ini kita santai dan break, dan tidak ada salahnya untuk melihat mersakan. Nikmatnya makanan atau lauk pauk pada jaman dulu waktu masih kanak - kanak sampai kini. Saya masih suka dengan makanan yang satu ini tentang pepes ikan peda selera jaman dahulu.

Baca juga artikel :  Empat sehat ke lima SEO

Tentang ikan peda :

Ikan peda bersal dari ikan kembung yang hidup di laut lepas, bisa berganti nama dari ikan. Kembung menjadi ikan peda karena ikan kembung segar yang di awetkan atau di asinkan. Sejenis plementsi dan butuh beberapa hari untuk membuat ikan kembung ini menjadi peda. Karena ada resep tersendiri proses pengawetan ikan peda secara alami dengan bantuan. Garam kasar sehingga ikan kembung jadi gesek atau menjadi ikan peda yang diawetkan

Nikmatnya ikan peda :

Masyarakat mengkomsumsi ikan peda yang sudah di asinkan atau jelasnya gesek ikan peda. Dengan cara di goreng ada juga yang di tumis atau di rendang ada juga yang di masak dengan, Paduan berbagai aneka rasa nusantara dengan racikan kaldu dan penyedap rasa pada masing. Masing selera daerahnya. kalau di tempat saya sudah pasti sangat memasyarakat sekali ikan. Peda ini kebetulan keluarga saya dulunya sangat favorit sekali dengan ikan peda ini dan saya. Sangat tertarik dan sangat ketagihan ketika Ibu masakin Pepes ikan peda yang sangat mantap.

Dan pada artikel ini saya akan berbagi cara membuat pepes ikan peda yang saya modifikasi. Dengan selera saya, ini aslinya resep dari Ibu saya namun saya tambahkan bahan agar pepes. Ikan Peda ini semakin nikmat untuk di nikmati selain dari asin tapi baunya harum dan khas. Penasaran ingin coba membuat pepes ikan peda ala saya? silahkan ikuti cara memasakanya :

Membuat pepes ikan peda acak kadut :

Saya kasih nama saja pepes ikan peda yang saya buat ini menjadi Pepes ikanpeda acak kadut. Sesuai dengan namaya acak kadut yang artinya, campur aduk atau campuran antara ikan dan. Bahan sayuran juga bumbu dan penyedap rasa. berikut bahan-bahan yang harus di siapkan sob...

Bahan - bahan pepes ikan peda :

1. Siapkan 2 atau 3 ekor ikan peda yang siap di masak
2. Daun ketela pohon/sampeu yang muda secukupnya
3. Bawang merah 5 butir dan di potong tipis
4. Tomat sayur 5 butir yang matang
6. Garam dapur juga gula pasir putih
7. Penyedap rasa sesuai selera - minyak sayur
8. Cabe merah atau cabe rawit juga lengkuas/laos
9. Daun pisang yang agak lebar secukupnya

Makanan
Cara memasaknya :
Cuci bersih ikan peda tersebut sampai bersih hingga kerak lendir yang terdapat pada. Kulit ikan peda, daun ketela pohon di rebus sampai mendidih hingga lunak selanjutnya. Hamparkan rebusan daun ketela pohon yang sudah lunak dan taruhlah 3 ekor ikan peda. Di hamparan daun ketela tersebut. lalu bubuhi dengan irisan bawang merah juga tomat. Dan taburi juga gula garam juga penyedak rasa juga sedikit di guyur dengan minyak sayur.. Setelah bahan dan bumbunya sudah satu jadi racikan dan aduk dengan ikan peda kemudian. Letakan ikan peda dan bumbunya di atas lembaran daun pisang dan gulung seperti gulungan. Lontong. panjang melingkar, kasih penutut ujung dengan ujungnya dengan kayu yang runcing.

Setelah semua nya rapi silahkan gulungan ikan peda dan bumbunya masukan. Pada panggangan api hingga matang rasanya sangat harum dan nikmat sekali. Penasaran ngin mencoba harum dan nikmatnya pepes peda acak kadut silahkan. Di coba cara membuat nya menu ini sudah saya turun kan pada Istri saya lho..
Ulasan :
Demikianlah menu sajian pepes peda semoga saja ada khaidah yang bisa untuk di kaji. Jika anda ada kata motivasi juga masukan silahkan tuangkanlah komentar di bawah ini, Semoga bisa bermanfaat ... selamat mencobanya ... salam blogging ....

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

78 komentar

pepes ikan ini dikampung saya namanya pelas ikan mas, saya paling suka dimakan sama nasi hangat, hmmm makasih telah berbagi resep, kpn2 saya cobanya di dapur :D

Silahkan Mbak Indri semoga bisa melengkapi menu dapurnya yah :)

jiah mas saud sembarangan ngomongnya.. selera jaman dulu gimana to mas.. ini kan selera saya mas.. berarti selera saya jadul donk mas hehehehe..
saya sangat suka dengan pepes ikan pedas mas saud.. saya sering riquest dengan ibu saya untuk membuat pepes ini hehehehe

Silahkan Pak jika suka dengan Pepes Ikan Peda
Terima kasih juga yah Pak atas kunjunganya :)

hhehehh Mas Nady bisa aja deh, lha wong saya sukane iki lho
Mas, berarti pada yo Mas aku juga suka e Jadul he ..
Kenapa sama yah selerany yah? kaya lagu aja Reques Mas Nady :ng

ternyata ooh ternyata mas Saud pintar juga membuat makanan yang nikmat yaa kebetulan mas saya suka makan ikan, asal jangan ikan mentah dan ikan paus yaa mas
:D

Wuihh Mas Ferdon pecinta Makanan yang Nikmat ini
Silahkan Mas semoga berselera, biar Ikan Paus mah
Buat Mas Nady saja hehhehe =D

Pepes Ikan Peda kalau sampai sekarang mah saya masih suka mas. Apalagi kalau pakai nasi panas dan lalapan. Hm,,,, jadi enak bener deh....:D

Salam

hehehe ini pasti bermula dari mengintip sang istri saat memasak ya kang :D

wah mantab nih Pepes ikan-nya
jadi ngiler liatnya :)

makanan yang sering ada di rumah nenek ini :D
terimakasih atas sharingnya mas

Istri saya sering beli ikan peda, tapi biasanya hanya digoreng dan dimakan sama sambel dan lalapan. Makasih infonya besok biar mantan pacar saya tak suruh bikin pepes ikan peda ...:)

pasti mak nyuss, apalagi kalau yang masakin istri

saya dari kecil kurang suka dengan peda hehe.. jadi gk pernah makan :)

Betul Mas Indra bagi yang suka makan dengan ikan asin mah
Saya juga paling suka lho Mas. makasih kunjunganya

Betul Mas Indra bagi yang suka makan dengan ikan asin mah
Saya juga paling suka lho Mas. makasih kunjunganya

lamun pas deui usum ngijih kieu raos jigana neda lauk huru hehehe :yes

hihihi :ng Mas Andes tau aja deh jangan di katakan disisni
Nanti pada tau semua deh Mas Andes :D

Silahkan Mas semoga bermanfaat saja yah ^_^

Wah mantep deh Ibu saya juga paling pandai deh membuat pepes
Ikan peda ini. oke Mas Firman sama-sama yah :-bd

wah mntab nih...istri sy suka sama pepes :)

Wuihh Mas Is keren dan gaul juga, yah kalau gitu
Saya nitip deh sama Pacar Mas bikinin pepes ikan peda :ng

pepes itu mantap sangat jika dilahap dengan sayur bening :D

Pastinya Mas Joe, kalau yang buat nya Istri lebih nikmat deh :)

Mas Intan gak seneng ikan asin yah? kalau saya suka tuh Mas
Leres Mas, pepes peda raos pisan komo deui usum hujan kiyeu
Mas Andes, kersa mangga candak wae ka abi nya Mas :D
Kang Zeer sama dong sama Istri saya yah :)

Mbak Khaira suka juga yah Mbak. ternyata di Kota Aceh tercinta
Ada juga pepes ikn peda pasti rasanya lebih nikmat yah Mbak :)

wah jadi kepengen tuh mas..lama ga lihat yg beginian

HmzzzZzZZ ,,, Jadi laper deh perut gue
mana belum saarapan nih wkwkwkwk

Silahkan Mas Virlyz tinggal bikin saja tuh ada tips cara membuatnya

Memang meggugah selera walaupun selera yang sudah jadul :D

Terima kasih buat sobat semua yang sudah berkunjung salam sejahtera

itu selera makanan ane sob. kebetlan sobat bahas ini. hhe jadi lapar jadinya

Kali udah nyantap ikan ini..saking nikmatnya
Mertua jalan di balik tembok..sampe gak keliatan kan mas :)

Pas datangnya saya telat hehe...masih kebagiaan nggak ya??sekarang mungkin beda dengan dulu ya mas

jangan kasih mas Nady donk mas, nanti terbalik ikannya yang makan. :D :D

waduuuh tau aja nie Mas karrys kalo saya suka makan ikan asin apalagi ikan peda mas hmmm nikmat pisan ditambah sambel terasi duah beuh gurih-gurih enyoy pokona mah :)

Sepertinya Mas Labbay favorit sekali denga pepes ikan peda
Seleranya sama yah Mas.? Mas Pur sepertinya beneran deh Mas

Yah terang aja Mas Pur orang mertua nya lewatnya di balik
Tembok lah ya kagak kelihatan dah hheheheh =ng

Gak telat koq Mbak Indah tenang aja stok nya Masih Banyak
Betul Mbak, ikan Peda pepes kali ini saya kemas yang baru :-bd

Ohhh Mas Mas Marnes suka pepes ikan peda juga yah?
Seleranya oke juga yah Mas Marnes sama kaya saya raos pisan :-d

wuih...pas banget tengah malem kebeneran lagi ronda sambil ngaliwet dipos ronda ginih...lauknya dikirimi pepes ikan peda...makjleb banget tuh kan.

bwahahaa...kang pur menantu ngga disayang mertua banget kan?...;o)

kecup basah tengah malem deh yah...;o)

pasti rasa ikan nya gurih gurih enyoi tuh =D

Silahkan Kang Lembu jika mau ambil saja yah selera jadul sih :)

Pasti deh Mas Aldino silahkan Mas di cicipi hhh =ng

wah kalau makan ikan pepes bisa lahap makannya mas, pasti nambah deh nasinya, sip mas buat resepnya kapan-kapan saya mau nyoba masak ikan pepes peda hehe...

nanti kalau udah jadi ikan pepes pedanya bilang-bilang yah mbak, saya mau nyicipin hehe...

oh ternyata ada versi yang lama yah mas, enakan mana nih ikan pepesnya dengan yang lama hehe...

bikin lapar aja nih postingannya? Saya coba ea buat ikan pepesnya?

Hati-hati makan ikan pedanya Mas Anthonie kena durinya
Jangan Lupa cuci tangan yang bersih biar sehat alami99 :ng

saya sukanya yang berbau pedas dan kesat kaya sambel dan lalapan hehehe

Kalo ngaliwet mah emang paling ajib pake ikan peda ditambah lalapan daun sampeu nu direbus beuh maknyuss pisan :)

Waaaaaaaaaaaa pepes ikan peda ya Saya suka dipadu dengan sayur asem, Uhuaaaaaaaaaaaaaaaaaa sedaaaaaaaaap

waduhhh, jadi kangen masakan mamah ane ni sob. :'( mklum lagi pkl di pelosok.

mang si mamang ini bikin saya lafar..
saya suka banget makanan ini .. gak ngebosenin. Apalagi kalo sayurnya banyak.

selamat sore maz kariz . . .
pesen PEPES nya dong . . .
lewat tiki bisa kan maz , , hehehe

wah kang Saud membuatku teringat kemasa lalu jadinya,,,memang enak banget tuh yang namanya pais peda ( pepes ) dan kalau saya condiment tambahanya buka daun sampeu ( daun singkong ) tapi pucuk waluh ( daun labu yang masih muda ) cobadeh rasakan bedanya hahahaha

kapan-kapan itu belum tentu lho mas Anthonie hahaha

Aduh Kang lembu saya koq di cium juga hahahh :ng

Kayanya gak begitu dah Kang Lembu
Mertua nya gak di sayangi Mas Pur kali..? hhhh :ng

Tah leres saur Kang Mas Marnes, hoyong atuh Mas :)

Silahkan Mas Anthonie jangan kapan-kapan nanti lupa
Btul yah Kang Dede biasanya kapan-kapan ntu belum tentu
Sekarang aja Insya Allah jadi maianan, tapi gak semuanya sih :)

Silahkan Mas M Bagas di coba dan di praktekan moga berguna :)

Sepertinya enak ya mas, Tapi saya alergi ikan mas :)

Wah selera Pak Asep keren juga saya mau dong Pak hhhh =D

Baca doa juga..biar berkah ya mas :)

Mas saud perlu catet alamt saya ndak nih..
Kali aja mau...kirim ikan pedanya yg aduhai..onoh...hehe

Jangan lupa juga diupdate lagi ya mbak indri setelah mencoba :p

Saya juga bingung nih kenapa ada bumbu jadul di judul artikel ini :p

Waahb kang saud bisa masak juga ternyata...
Cara memasak pepes ikan peda yang sangat simpel

Beres mas, ntar tak kirim fotonya ... wkwk

wah.. tentu enak makan pepes ikan ini ya..

saya terima jadi aja ya sob.. terima makannya aja :D

Resepnya sepertinya sedap dan pantas dicobain.

Yang mau makan, kudu cuci tangan dulu ya... :)

Eh sumpah baru tahu kalau daun ubi bisa dimasukin ke dalam pepes ikan. Kalau dicoba ganti pakai daun-daunan yang lain bisa gak ya? Misalnya kayak daun pintu atau daun jendela.

(Salam kenal)

Silahkan buat Mbak Nove dan Sobat Blogging semua....
Salam kenal juga ya Mbak Nove..? wah daun jendela sama
Daun Pintu ndak bisa Mbak, nanti Ikanya kabur dongg hhh :D

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger