Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Fenomena Pelangi selepas hujan

Fenomena Pelangi selepas hujan

Kurang lebih pukul 16:30 sore tadi di hari Selasa 15-04-2014 saya baru melihat lagi hadirnya pemandangan di langit di sebelah timur,nampak lengkungan pelangi menghiasi panorama sore di kampung saya, sekian lama nya saya baru mennyaksikan fenomena alam itu, karena sebelumnya kurang lebih 1 tahun pelangi tak nampak di langit namun pada hari sore tadi kembali saya nikmati keindahan pelangi yang indah dan menawan. Melihat pemandangan pelangi teringat masa kecil dulu setiap ada pelangi pasti akan bersorak-sorak gembira, eh pelangi itu menurut dongeng anak-anak jika pelangi nampak itu tandanya bidadari sedang mandi bener gak yah, ? saya sendiri sampai sekarang belum tau apa sih rahasia asal-usul pelangi itu.

Unik

Jika anda meminati baca juga :  Membuat blog jadi ladang pahala

Tentang pelangi :

Penampakan pelangi selalu membentuk arah seolah melingkar atau melengkung, dengan gambaran bentuk yang berwarna-warni antara merah, hijau, kuning, biru dan warna lainya. Kemunculan pelangi biasanya sehabis turun hujan pada pagi hari atau juga sore hari, mengenai asal-usul pelangi dan sejarah awal mula adanya pelangi itu, saya sendiri masih bingung. Di berbagai sumber site yang pernah saya baca, keteranganya masih simpang siur dan berbeda-beda. Jika saya ambil asal-usul pelangi dari sumber yang satu belum tentu kebenaranya, maka dari itu saya hanya tulis tentang Pelangi tapi tidak di lengkapi asal mulanya sejarah dari Pelangi yang mungkin masih belum di percaya kebenaranya, Namun di bait tengah artikel ini saya akan sedikit ceritakan  Sejarah  atau dongeng mula adanya pelangi itu. Dan nanti di akhir postingan ini Anda bisa mengemukakan pendapat tentang sejarah adanya Pelangi ini dengan keberadaan yang sebenarnya
Dongeng Anak-anak tentang Pelangi :
Menurut sejarah yang saya tau dari dongeng anak-anak munculnya pelangi katanya bertanda sang bidadari di Kahyangan sedang mandi, ada lagi di cerita Film Indonesia yang berjudul "Jaka Tarub" yang menceritakan tentang dewi kahyangan yang turun ke bumi dan mandi di sungai, kemudian Sang Jaka Tarub mencuri selendang, diantara salah satu bidadari tersebut, hingga akhirnya ke 7 Bidadari itu hanya 6 yang bisa kembali ke Kahyangan, dan cerita itu belum meyakinkan asal mula adanya Sang Pelangi.
Cerita asal mulanya Pelangi :
Ada lagi cerita asal-usul adanya Pelangi itu. Menurut sumber yang saya baca di ceritakan :
Pada jaman dulu kala di ceritakan pada sebuah perkampungan yang aman tentram dan damai, tinggallah 7 (tujuh) orang putri yang merupakan putri kepala desa. Diantara mereka namanya adalah : Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu. Kecantikan mereka sudah tidak di ragukan lagi jika pada jaman sekarang mereka bintang yang terpilih dengan tampilan yang sangat cantik alami, namun kecantikan mereka tidak hanya pajangan dan merekapun tidak angkuh dan sombong dengan keanggunan yang mereka miliki. Ke 7 putri Kepala Desa itu sangat baik kepada siapa saja. Di kisahkan bertepatan pada sa,at itu desa mereka sedang dilanda mengalami kekeringan atau kemarau yang sangat panjang. Hujan sudah lama tidak juga turun. Hingga menimbulkan penderitaan bagi warga desa. Ketujuh putri kepala desa ikut prihatin melihat kondisi desa yang seperti itu. Mereka ingin sekali membantu meringankan penderitaan warga desa. namun, mereka pun tak tau bagaimana caranya. Hingga suatu malam, si Merah yang merupakan putri sulung pak kades mendapat mimpi. Dalam mimpinya dia bertemu dengan seseorang. Seseorang itu mengatakan bahwa jika dia dan keenam adiknya rela menjeburkan diri kedalam api unggun raksasa yang disediakan ditengah lapangan, niscaya hujan akan turun membasahi desa tersebut. Seketika Si Merah langsung menceritakan mimpinya itu kepada adik-adiknya. Dan ke 6 adiknya pun setuju dengan petunjuk mimpi yang diberikan lewat mimpi si Merah jelang malam ke 7 putri kepala desa mempersiapkan upacaranya untuk besok.

Ke esokan harinya ketujuh putri Pak Kuwu (Lurah) menyiapkan api unggun yang besar. Dan ke 7 putri Kepala Desa itupun segera bergegas mengelilingi api unggun yang mereka buat sendiri dan mereka juga mengenakan baju dengan warna yang sesuai dengan nama yang mereka sandang. Seketika itu ke tujuh Putri Kepala Desa ini membenamkan diri kedalam api. Dan ke 7 Putri itu sepontanitas di lalap api unggun raksasa tersebut, Melihat kejadian itu Pak lurah Ayah ke 7 Putri itu, dan seluruh warga desa pun terkejut dengan apa yang dilakukan ketujuh putri Pak Lurah itu. Tetapi tidak berapa lama kemudian turunlah hujan yang diikuti dengan tumbuhnya bunga-bunga sesuai yang di wangsitkan dalam mimpi Putri Merah. Dan yang lebih menakjubkan dilangit ada warna Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru dan Ungu. Langit begitu indah. Pak Lurah dan warga desa pun terharu dengan pengorbanan yang dilakukan ketujuh putri pak lurah. Mereka rela berkorban untuk warga desa mereka. Dan kemudian mereka menyebutnya Pelangi setiap ada penampakan benda melengkung dengan penuh warna-warni, Seperti yang saya lihat pada sore tadi selasa 15-04-2014
Source : http://cerita2isna.blogspot.com/2013/01/asal-usul-terjadinya-pelangi.html
Kesimpulan :
Demikian yang saya sampaikan dalam artikel Fenomena Pelangi selepas hujan, menyikapi tulisan diatas tentang Pelangi.  Juga tentang Dongeng anak-anak tentang Pelangi, dan Cerita asal mulanya Pelangi, kalimat teks diatas jika ada yang salah atau keliru, mohon maaf. seperti yang saya tulis diatas juga bahwa saya selengkapnya belum mengetahui tentang kebenaran dari asal-usul Pelangi itu. dan cerita diatas silahkan anda diskusikan dan masukan pendapat lain tentang Pelangi, barangkali masukan Anda bisa meluruskan kebenaran tentang Asal mulanya Pelangi itu. Terima kasih atas kunjunganya... Semoga bermanfaat ...

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

90 komentar

Ada pelangi selepas hujan, ada keceriaan selepas tangis.

baca artikelnya besok aja, dah ngantuk :D

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Dlu Saya senang sekali kalau lihat pelangi,, soalnya langka..hehe

jadi ingat waktu masih kecil dulu lagu tentang pelangi-pelangi alangkah indahnya,,
hehe

Wah pandai sekali yah Mbak Jeng Dwi merangkai kata tentang
Pelangi semoga Keceriaan selalu hadir dalam hidup Mbak yah?
Oke deh emang udah malem selamat beristirahat deh :-bd

Betul yah Mas Febri, hadirnya Pelangi bisa di bilang agak jarang/langka

Indah yah Mbak Devy jika ingat waktu kecil, sangat masa kecil itu
Masa yang mengesankan, indah se indah Pelangi :-d

ada bidadari lg mandi mngkin mas ....hehehehehehe :ng

ada komentar selepas postingan ,,,,,, :yes

lama sekali saya tidak lihat pelangi...hampir2 saya menduga kalau pelanginya sudah punaah :D

Iya mas, saya juga sudah lama tidak melihat pelangi.

Iya, kata nya sih klo ada pelangi, ada bidadari lg mandi. :-)

hihihih Mas Fiu ada-ada saja tapi bener yah Ada postingan
Selalu ada komentar, sip deh :-d

Mungkin juga begitu yah Mas kata dongeng mah hhh :)

Iyah Kang saya juga baru lihat lagi nih Pelangi, masih ada koq Kang :)

menurut saya sendiri pelangi adalah titik 2 air yang diuraikan oleh cahaya matahari sehingga menghasilkan pembiasan cahaya, hehe ngarang ya?

Assalamu alaikum mas,...

kalau menurut saya cerita di atas adalah dongeng yang jelas tidak ada kebenarannya,terjadinya pelangi karena efek kimiawi percikan air hujan yang tersapu sinar matahari sehingga terbentuk pembiasan cahaya,yang orang mengatakan itu adalah pelangi,ini pelajaran smp lho,hehehe tapi dongeng di atas sekalipun sebuah dongeng telah memberikan pelajaran yang berarti mengenai bagaimana kerelaan seorang beberapa orang putri untuk berkorban menyelamatkan desa mereka yang di landa kemarau,zaman sekarang ini jelas tidak akan bisa di temukan,kalau zaman dulu saya yakin pasti ada,terutama di zaman kerajaan dulu.

Saya serong banget liat pelangi.. setelah hujan :D

setuju mba, pelangi sama 7 bidadari sama sekali gak ada hubungannya, jelas itu hanya dongeng anak sebelum tidur :D

Saya meilhat pelangu disaat sudah hujan dan itu pun jarang keluar pelanginya :)
terimakasih mas..

Kurang lebihnya begitu yah Bunda secara ilmuwan tentang
Pelangi itu, seperti apa yang saya tulis diatas tentang
Terjadinya pelangi itu. Karena di berbagai sumber, keterangan
dan penjelasanya, Berbeda, dan saya ambil, sumber yang diatas biar unik dan agar jadi polemik ketidak, Lengkapanya bisa memicu, Sobat untuk memberikan pendapatnya. Sip Mbak Jeng Dwi saya
Juga sependapat, simpan dulu pendapatnya, nanti di klaripikasi :)

Aiihh masa yah Mas Norz, serong banget artinya apa yah Mas.? :heran

Betul Mas Firman setelah hujan belum tentu juga Pelangi itu Muncul
Namun kebetulan sore kemarin di tempat saya pelangiitu muncul :)

selamat pagi mas saud, apa kabar, kalau bicara pelangi pasit kebayang indahnya perbedaan warna ya mas.
filosofis...

jarang lihat pelangi, soalnya ketika hujan pasti posisi lagi di dalam rumah :D

kalau kata orang jaman dulu mah, kemunculan pelangi itu karena ada bidadari yang turun.. wkwkwk

sekarang di daerah saya pelnagi sudah jarang bahkan tidak pernah sama sekali muncul jadi ke pingin lihat penlangi ke daerah mas Saud nih :D

sangat beruntung bisa mengabadikan pelangi yang mewarnai langit kita.. saya sendiri sudah tahunan ga pernah lihat pelangi, baru pagi ini melihatnya, itupun dalam bentuk gambar diatas. hehehe

pengen lihat pelangi pas malem, kayak apa ya?

lokoq sama ya dongengnya mas.tp sekarang mah sudah jarang banget ada pelangi

Sudah lama saya nda baca baca atau mendengar dongeng PELANGI yang turun bidadari cantik didalamnya INi memberikan inspirasi dan juga pencerahan buat saya untuk juga mendongengkan anak anak sebelum bobo mereka. Saya sudah lama sebenarnya ingin membacakan buku cerita dan dongeng nasihat kepada anak anak menemani mereka saat menjelang tidur

Jadi kangen waktu kecil dulu, yang suka nyanyi Pelangi :mn.. hehe. Pelangi pelangi Alangkah indahmu, Merah kuning hijau di langit yang biru, Pelukismu agung Siapa gerangan. slalalal :asik *lah jadi nanyai :D

sampai saat ini yang beredar juga demikian ya kang, pelangi itu karena ada bidadari yang mandi hehe...tapi kayanya mitos saja sih kang...

jarang jarang banget aku melihat pelangi , di gambar aja udah indah apa lagi asli nya :)

Pelangi selalu indah untuk dikaji...

Info pelanginya komplit, trims ^ ^

luar biasa indah ya mas kalau ada muncul pelangi pas sehabis hujan, bisa buat foto-foto juga nih buat narsisme :D
tapi ditempat saya jarang banget ada pelangi nih ;)

dengan beragam warna yang membentang, indah sekali ya mas ketika kita melihat pelangi selepas hujan. pelangi-pelangi ciptaan Tuhan. hehee

jujur saya hanya sekali dua kali melihat pelangi dgn mata telanjang. Karena kalo habis hujan, sulit sekali bertemu pelangi.

saya malah udah jarang lihat pelangi ini Mas Saud :D

kalau cerita soal pelangi saya suka teringat lagu ada pelangi.... dibola matamu ehehhehe

saya kalau lihat pelangi jadi ingat masa kecil saya, katanya nenek kalau ada pelangi berarti ada ular naga raksasa yg sedang minum ke laut, hehehe :D

makasih ppenjabarannya tentang pelangi mas karryst, salam hormat n salam santun spesial buat mas karryst :)

saya jg pernah mendengar tentang cerita tersebut, makasih ya buat sharenya

cerita pelangi ini memang sangat melegaenda yia bos...

Wah maaf Mas Agus saya baru sempet Malam deh balesnya
Betul yah Mas, keindahan pelangi sekarang sangat jarang :)

Pelangi menurut Guru saya dulu adalah titik-titik air yang turun dari langit,kemudian dibiaskan oleh sinar mata hari,kemudian dipraktekan ,mengapa bisa terjadi seperti itu.pertama ambil air putih lalu masukan kedalam mulut ( tapi jangan diminum ) layaknya kita kumur-kumur kemudian semburkan melawan cahaya matahari,makan disitu kita akan melihat pelangi kecil diantara air yang kita semburkan tadi.
Ini boleh dicobaa Knag untuk membuktikan bagaimana terjadinya Pelangi tersebut....

Wah kalau saya sering saat hujan pas di luar rumah Mas Rachmat
yah maklum kerjaan saya kuli lapangan Mas hhh :ng

Katanya begitu yah Mbak Elsa, tapi menurut Ilmuwan mah
Tidak seperti itu Mbak, semuanya masih tabir rahasia Illahi yah Mbak

Silahkan Mas di daerah saya Pelangi masih jinak dan betah suka
muncul, jadi jika Mas Ferdon rindu akan kehadiran sang Rona
Pelangi, dengan senang hati silahkan datang ke tempat saya :D

Yah Mas Warim saya pun baru nih lihat pelangi lagi
Kata dongeng anak-anak seblum tidur seperti itu yah Mas :ng

Wah malam yah Pak Uda saya balesnya maaf deh soalnya baru sempet
Menurut yang saya tau dari study, pernyataanya seperti itu ya Pak?

Memang menurut penerangan secara ilmuwan alam begitu yah Mas?

Kapan2 kalo ada pelangi saya akan keluar rumah.. pergi cari itu bidadari yg lagi mandi...

Yah Mas sayapun baru melihatnya lagi sudah lama makasih
Kunjunganya Mas Wisata Murah

Sama saya juga Mbak Vina, kadang kadang gambar lebih Indah Mbak

Betul begitu yah Mbak Ririn, di tempat saya juga baru muncul lagi nih

Wah boleh juga nih idenya Bang Ancis, saya boleh ngikut Bang..? :ng

Masih ingatkah lagu Pelangi-Pelangi,,,

Sepertinya begitu yah Kang saya juga ingat-ingat lupa tentang pelajaran
SMP dulu kalau ga salah. makasih atas uraian pendapatnya Kanf gDede

Betul yah Mas Comtel makasih atas pendapatnya Mas :)

Oke deh Mbak sama-sama yah makasih kunjunganya

Bermacam-macam yah Mbak penerangan pada cerita dongeng
Tentang Pelangi itu, tapi apapun itu hanya Dongeng tetap bisa
Buat nambah pengalaman untuk mengasah Iq anak dan orang dewasa

pelangi indah dan bahkan sangat indah jika di lihat dari jauh.. tapi kalau dari dekat nggak kelihatan pelanginya mas.. hmmm ceritanya bermacam macam ya mas.. ada juga yang bilang kalau ada pelangi berarti lagi ada bidadari yang mandi hehehehe... padahal pelangi itu terbentuk dari air yang terkena sinar matahari hehehehe

jadi inget lagu jaman dulu nih waktu masih anak - anak,,, katanya ada mitos kalau ada pelangi itu berarti ada bidadari yang sedang mandi heheh :)

pelangi pelangi alangkkah indahmu,
merah kuning hijau....
pelangi...pelangi...ciptaan tuhan

Keingetan sekolah SD dulu yah Kang Lembu hhehe :ng

Bener juga yah Mang Yono, sip deh Mang

Betul yah Pak Asep tentang pelangi dulu saya di dongengi oleh
Bapak saya, dan sekarang saya yang mendongengi anak saya :)

hahahahaha, ntr sy mw jadi jaka tarubnya,,,, :yes

iya donk....hwheheheh :D

sungguh indah yah mas kalau sehabis hujan terus muncul pelangi, apalagi kalau muncul bidadarinya hehe...

Sepertinya kami disini sudah ga pernah lihat pelangi lagi Kang, Kalau waktu masih di kampung memang sering

Sekarang sudah jarang sekali saya lihat pelangi, apa sudah punah ya Kang? :D

di kota juga ada pelangi ko gan :D

judulnya romantis sekali kang :D
saya blum sempat baca postingannya nih dikejar waktu hehe nitip absen dulu aja kang

Selamat siang mas saud, hadir kembali untuk membaca artikel fenomena ini,
di tunggu artikel terbarunya mas. :-)

judul lartikel nya so sweet mas saud? :canti

mas saud desain template nya makin keren aja? :-bd

Pelangi2 alangkah indahmu merah kuning hijau dilangit yang biru hehehehe
jadi ingat masa kecil Kang kalau dengar kata pelangi hehehe...iyah sih menurut dongeng katanya bidadari sedang mandi ,,,,,,

Sekarang sudah jarang lihat pelangi, tapi kemarin sempat iri melihat fenomena hallo matahari yg di beritakan =D jarang2 ada pelangi muter di pinggiran matahari..
Judulnya so sweet ...

apalagi kalau PELANGI DARI NUSAPENIDA...langka pisan tah

ikutan mbak dwi disini dah , , adem kayaknya . . .hehe

selamat siang maz kariz . . .
nye croll comentarnya sampek capek dah maz , ,hehehe

kalau bicara pelangi jadi inget novel sama filmnya laskar pelangi maz . .
mantap banget dah , ,, apalagi sountracknya IPang yang sahabat kecil itu , ,huhh janttt mantep

menarik kisahn dongeng tentang pelangi ini ya..

cantik apabila pelangi muncul selepas hujan, tetapi sudah lama saya tidak melihat kemunculannya..

pelangi itu memang indah, perbedaan tak seharusnya jadi pertengkaran melainkan harus menjadi saling menghormati satu sama lainnya.

Itu sekiranya makna pelangi menurut saya pribadi hehe

Selendangnya yang satu dicuri oleh seorang pemuda,tapi siapa yah pemuda itu jangan2 Kang Karrysta hehehe

cerita legenda tentang pelangi selalu menarik. bisa menjadi dongeng menjelang tidur anak-anak.

lebih menarik jika asal-muasal pelangi disertai secara ilmiah selain dari cerita legenda.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Iya mas di tempat saya pagi hari tadi muncul pelangi yang indah sekali

http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/kulkas-dan-freezer-berbau-lakukan-hal.html
http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/ketagihan-manisnya-kopi-instan-berujung.html
http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/kentut-akan-dijadikan-terapi.html
http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/wanita-as-tewa-usai-jalani-proses-sedot.html

Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
- Skype : Vip_Domino
- WHATSAPP : +62813-2938-6562
- LINE : DOMINO1945.COM
- No Hp : +855-8173-4523

http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/tajir-melintar-ini-fakta-menarik-ibu.html
http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/telaga-cisoka-danau-berair-biru-yang.html
http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/bocoran-film-godzilla-vs-king-kong.html

QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger