Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Berbagai suku yang ada di Indonesia

Berbagai suku yang ada di Indonesia


Berbagai adat budaya  ethnik Indonesia  dari keragaman  di berbagai belahan   nusantara ini
Terdiri bermacam-macam kultur budaya suku juga golongan memang  di Indonesia sangat
Kaya akan nilai peradaban yang sangat di jaga dan di junjung tinggi nilai harkat dan derajat
Dan hakikat itu tidak bisa  di kalahkan dengan  lyberal manapun karena yang  bangsa berpredikat
Dan berlandaskan  hukum sangat  menjunjung  tinggi  akan nilai  Sejarah  adat di  berbagai suku
Dan sebagai bangsa yang berazas  berbhineka tunggal ika ini  Indonesia tidak  membedakan di
Antara suku bangsa  akan tetapi  tetap berpegang  teguh pada asas dasar  Pancasila  yang sakti

Sejarah

Baca juga artikel : Berkah Award 1 Tahun dari Uda go-blog

Suku adalah suatu ciri khas pada daerah dimana adat ini yang selalu  di pakai pada setiap
Hari nya suku di Indonesia ini sangat bermacam-macam kalau saya tulis  semua mungkin
Tidak cukup alinea blog ini alias admin nya kecapean  dan pada kesempatan  ini hanyalah
Sebagian yang saya ketahui saja, karena untuk melengkapi rangkuman tentang suku yang
Ada di Indonesia bisa juga anda ketengahkan nanti di akhir artikel melalui pembahasan di
Kolom komentar, untuk mengetahui diantara suku ini silahkan simak berikut  di bawah ini :

Nama suku yang ada di Indonesia :


01. Suku Jawa
Sejarah
Source Dok : Google Wikipedia


Suku Jawa wong Jawa, Jawa krama: tiyang Jawi merupakan suku bangsa terbesar di Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Setidaknya 41,7% penduduk Indonesia merupakan etnis Jawa 3 Selain di ketiga provinsi tersebut, suku Jawa banyak bermukim di Lampung, Banten, Jakarta, dan Sumatera Utara. Di Jawa Barat mereka banyak ditemukan di Kabupaten Indramayu dan Cirebon. Suku Jawa juga memiliki sub-suku, seperti suku Osing, orang Samin, suku Bawean/Boyan, Naga, Nagaring, suku Tengger, dan lain-lain. 4 Selain itu, suku Jawa ada pula yang berada di negara Suriname, Amerika Tengah karena pada masa kolonial Belanda suku ini dibawa ke sana sebagai pekerja dan kini suku Jawa di sana dikenal sebagai Jawa Suriname.

02. Suku Sunda Jawa Barat :

Sejarah

Suku Sunda ini ialah kelompok etnis yang berasal dari bagian barat pulau Jawa, Indonesia, yang
Mencakup wilayah administrasi provinsi Jawa Barat. Suku Sunda merupakan kedua terbesar di
Indonesia, setelah etnis Jawa. kurang lebihnya 15,41% penduduk Indonesia merupakan bersuku
Sunda Jawa atau lainya. Suku sunda mayoritas beragama Islam tapi dalam kehidupan sehari-hari
Masih banyak masyarakat yang mempercayai kekuatan-kekuatan supranatural, yang berasal dari Kebudayaan animisme dan Hindu. Kepercayaan tradisional Sunda Wiwitan masih bertahan pada
Beberapa komunitas pedesaan suku Sunda, seperti di Jawa Barat dan masyarakat suku Baduy di
Lebak yang berkerabat dekat dan dapat dikategorikan sebagai suku Sunda

03. Suku Dayak Kalimantan :

Sejarah
Dok : Google http://asiantribal.blogspot.com

Suku Dayak modern ini terkenal dengan ilmu mistis yang cukup kuat. Mistis tersebut sudah menjadi
Salah satu kekuatan mereka, hal tersebut bisa terdapat pada alat-alat peperangan seperti penyang
Mandau, lunju dan sipet. Bahkan untuk memikat lawan jenis mereka bisa menggunakan ilmu mistis
Dan pemuka adat suku inilah yang dipercaya mumpuni untuk melakukan hal tersebut sebagai suatu
Kekayaan Nusantara, memang dunia supranatural seperti ini tidak dapat dipandang sebelah mata,
Mungkin kita sering mendengar istilah mandau terbang, minyak buluh perindu dan kemampuan dari
Tokoh sepuh dan pinisepuh nya dari suku dayak dalam mengisi kekebalan tubuh pada seseorang

Dipulau Kalimantan pengelompokan penduduk asli, dibagi beberapa kelompok diantaranya :

Melayu, suku Melayu yang berbahasa Melayu
Melayu-Dayak, suku Dayak yang berbahasa Dayak, tetapi mengaku sebagai Melayu
Dayak, suku Dayak yang berbahasa Dayak
Dayak-Melayu, suku Dayak yang berbahasa Melayu, tetapi mengaku sebagai Dayak

Suku Asli Kalimantan :
Dayak, seluruh daerah Kalimantan
Banjar, Kalimantan Selatan, pesisir Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur
Melayu, pulau Karimata dan pesisir Kalimantan Barat, Sarawak hingga Brunei
Kutai, Kalimantan Timur
Paser, Kalimantan Timur
Kendayan, Brunei
Cocos, Sabah
Bajau

Suku Pendatang :
Para pendatang ini, tidak diakui sebagai penduduk asli Kalimantan, walau telah tinggal lama di pulau Kalimantan ini, karena tidak memiliki tanah adat di pulau ini.
Tionghoa, Kalimantan Barat (Singkawang dan Pontianak)
Bugis
Batak
Makasar
Jawa
Toraja
Madura
Sunda
Minang
Minahasa
dan lain-lainya :

04. Suku Kajang Amma Toa Bulukumba Sulawesi Selatan :

Sejarah

Di daerah Sulawesi Selatan, ilmu mistis atau ilmu hitam suku ini sudah sangat terkenal, bahkan telah
Menjadi cirri khas suku tersebut. Hal pertama yang terbersik dipikiran mereka ketika ditanya soal
Suku ini adalah Gguna - guna. Mungkin karna budaya yang terlanjur melekat. inipun wajar, sebab Kepercayaan animisme masih eksis di Tana Toa. Sekalipun agama Muslim mayoritas suku Kajang
Karena sudah terkenal tentang ilmu khas suku Kajang tersebut, sebagian orang merasa was-was
Jika berdekatan atau ditaksir oleh salah satu warga suku Kajang. Ini issue kuat dan hebat kekuatan
Mereka memang kuat bahkan pernah tersiar kabar bahwa mereka bisa melunakkan batok tengkorak Kepala manusia dalam sekejab, selain itu mereka juga kebal akan benda tajam sangat menjubkan

05. Suku Asmat Papua :

Sejarah

Orang Asmat percaya akan adanya kekuatan-kekuatan magis yang kebanyakan adalah dalam bentuk tabu. Banyak hal -hal yang pantang dilakukan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti dalam hal pengumpulan bahan makanan seperti sagu, penangkapan ikan, dan pemburuan binatang. Kekuatan magis ini juga dapat digunakan untuk menemukan barang yang hilang, barang curian atau pun menunjukkan si pencuri barang tersebut. Ada juga yang mempergunakan kekuatan magis ini untuk menguasai alam dan mendatangkan angin, halilintar, hujan, dan topan

Kesimpulan :

Seperti yang saya katakan pada teks artikel diatas sebenarnya suku di Indonesia ini sangatlah
Banyak dan beraneka ragam tapi hanya Lima point yang sementara saya tampilkan selebihnya
Bisa anda kemukakan sebagai pelengkap isi content artikel ini mungkin tingkat keterbatasan
Saya dalam merangkum berbagai suku di Indonesia ini belum bisa sempurna apa yang ada di
Nusantara ini, dengan ini saya mohon maklum adanya silahkan diskusikan lewat form komentar

Penutup  :

Terima kasih atas kunjungan anda semoga artikel ini sedikit banyaknya bisa menjadi benang
Penghubung dan sebagai jembatan tali silaturrahmi antar blogging semua,  mohon maaf jika
Ada kesalahan kalau kekurangan sudah pasti itu kelemahan saya salam sukses buat semua
Semoga bermanfaat ... salam blogging ...

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

69 komentar

itulah indonesia..syurganya dunia,,apapun ada di indonesia,,coba sebutkan 1 saja yg kita mau,,di indonesia pasti ada..minyak?..emas.? lautan?..semuanya ada,,tinggal bagaimana kita mengelola anugrah ini dg baik.. hatur nuhun kang :)

Yang jelas saya dari suku jawa mas..hehehe suku yang paling besar di indonesia

Betul yah Mas Hary Indonesia kaya dan berlimpah akan
Sumber daya alam yang tidak akan pupus di makan zaman
Mungkin banyak teks artikel saya yang masih kurang dalam
Penyampaian ini. terima kasih atas pelengkapnya Mas :-bd

Suku Jawa sudah pastinya yah Mbak Indah karena di lihat
Dari Pulau nya juga Jawa sangat meliputi Nusantara Indonesia :-d

Indonesia memang memiliki beragam suku bangsa, di Aceh saja ada banyak suku, yang penting harus tetap bersatu ya,,

negara kita memang kaya akan budaya ya kang..
tapi yang penting walau berbeda tetap satu juga....

Masih banyak ya mas, suku yang masih memegang teguh tradisi animisme warisan nenek moyangnya .. :)

Bersatu kita tegus, bercerai...(kawin lagi wkwkw)... maaf hanya bercanda kang... :D
Itulah Indonesia kang... biarpun terdiri dari berbagai suku namun tetap namanya 1 yaitu Indonesia...

Ada kelanjutannya ini mesti... ^_^

So pastinya yah Mas saya juga Suka, Karena saya asli Jawa
Kalau Mas Yoni Jawa Juga. tapi semua suku Saudara saya lho

bertambah lagi nih wawasan saya, saya jadi tahu kalo ada Suku Kajang Amma Toa Bulukumba, berkat artikel ini. thx sharingnya yia bos.........

Benar yah Mbak Khaira Indonesia Negara yang sangat Beragam
Dan di Kota Atjeh juga semua Saudara dengan berbgai Sukunya :-bd

Bermacam macam Suku Bangsa di Indonesia Banyak sekali jumlahnya Ratusan Bahkan Ribuan Namun Walau Beragam Suku Bansa Di Indonesia, ibaratkan Bineka, Tungal, Ika yang walau tulisan dan pengucapan ketiganya Berbeda namun arti dari ketiga kata itu Satu semua. Begitu pula Suku Bangsa Di Indonesia Walau Bermacam dan sepertinya berbeda namun semua tetap sama Satu Bangsa Indonesia

Yah Mas Negara Indonesia Tercinta ini sangat berbeda-beda
Semoga selamanya yah Mas kita selalu Bersatu Amin :)

Yah begitulah Mas Is, saking kaya nya Adat budaya dan suku
Di Negri ini sebagian mereka mungkin saja masih ada Mas Is :mn

hahahihihi Kang Adhy bisa an euy :ng gak apa-apa Kang yang
Penting saya jadi Tersenyum, buat orang tersenyum Ibadah juga
Betul yah Kang Adhy, dan saya Bangga jadi Masyarakat Indonesia :-d

walaupun berbeda suku tetap satu negara yaa mas , bangsa kita Indonesia tercinta
tetapi sekarang sudah banyak suku yang melupakan adat dan istiadatnya
thanks mas Saud :)

Yah seharusnya begitu Mas Pri..? namun maaf hanya seadaanya
Yang saya sajikan semoga ini pun bisa jadi Washilla ya Mas ?

Fuji syukur yah Mas Comtel, saya pun masih terus mengejar
Pengetahuan dari semua Sobat, dari Mas Juga salah satunya :-bd

Tepat sekalai yang Mas Mus Djono Tuangkan di form comments ini
Dan secara mutlak taburan teks comments Mas Mus ini telah
Melengkapi isi dan kandungan artikel saya, agar lebih sempurna
Untuk pemahaman dan artikulasi Bhineka Tunggal Ika itu. makasih +top

Betul yah Mas Ferdon apa yang di tersirat pada Bhineka tunggal ika
Sebagian ada yang melupakan adat suku budaya, namun di masyarakt
Etnis dan jauh di keramaian Kota sana, etnis budaya masih kuat Mas

selamat siang sobat. Artikel nya sangat bermanfaat sekali sobat tentang Berbagai suku yang ada di Indonesia ini. Saya malah baru tahu sobat tentang informasi ini. Izin praktek sobat informasinya. Terimkasih sobatku

dari kesekian banyaknya suku diindonesia yang paling besar mungkin suku jawa ya pak
hehe
follback sukses dengan baik

Kirain semua suku dijelasin tadi tapi ternyata nggak semuanya dan ternyata juga asal suku saya nggak disebutin dan langsung loncat ke Papua.. Hahahahahaha...

ane dari suku nomor 1 gan,. suku jawa.,
kunjungan pertama gan.,
salam kenal gan.,

alhmd :) masih bisa bersatu yah mas saud antar suku tetapi diatas sepertinya suku yang mendominasi diindo :)

Masih banyak yang belum, tertulis tentang antar suku Mas Agung
Mungkin Suku Mas Agung salah satunya yang belum tertulis
Mohon maaf jika ada alinea akan saya posts Suku season 2

Barrakahallah yah Mas Sopyan kita masih bisa di berikan :coffe
Nikmat hidup agar selalu bersatu walau berbeda suku dan budaya

Wah sama yah Mas Kevin saya juga dari Suku Jawa
Tapi semua suku adalah Saudara saya Mas. salam kenal
Kemabali yah Sob? makasih atas apresiasi dan kunjunganya :-d

Betul Mas Onqi suku jawa paling terbanyak seindonesia
Oke deh Terima kasih atas, folbacknya Mas salam hangat :)

kalau untuk suku di Indonesia saya rasa sangat banyak di Indonesia, kalau mau disebutkan satu persatu butuh waktu lama untuk menulisnya, infonya bagus nih Mas Saud :)

Waah kang saud hebat tau berbagai suku dan penjelasannya
Kulo niki tiyang jawi kang,,,!!!

Nomer 2 i love you jawa barat :*
Terima kasih ya kang saya jadi tau suku-suku di indonesia

Kunjungan petang nih kang...walaupun suku berbeda2 tapi tetep satu kesatuan mas Bro..siiip

I love Indonesia, beragam suku bangsa harus tetap bisa bersatu. "Bhineka Tunggal Ika"

Berbeda tapi tetep satu :)

Apapun sukunya
Minumnya tetep
Teh botol SoSor ..

Indonesia multi-etnis, banyak suku dan budayanya. Suatu aset bangsa yang perlu dipelihara ya mas Saud. Terima kasih atas informasi pengetahuannya...

ternyata banyak juga ya mas suku yang ada di indonesia ini. Izin belajar dan nyimak artikelnya yang sangat bermanfaat ini. Salam hormat selalu untuk sahabat blogger semua nya :)

indonesia memamang kaya beragam budaya dg suku-sukunya yg berbeda, smoga tetap satu dalam nusantara

wow suku jawa mendominasi ya mas. 41%. saya orang jawa tapi ora iso speaking jowo. hehe... kalo betawi itu termasuk gak si mas ?

berarti sama bos, saya juga dari jawa, tepatnya suku jawa ngapak, hehehe...........

salah satu aset berharga bangsa kita, bhinneka tunggal ika

aq juga suku jawa mas.

Siang Mas eeeh malam ini mah, baru bisa ol Mas Bayu mf :mn
Silahakan Mas. semoga info sederhana ini bermanfaat terima kasih
Juga atas partisipasi dan kunjunganya. salam santun Sobat semua :-d

Memang betul yah Mas Yobert, indonesia subur akan kultur budaya
Suku, yang sangat beragam. yufs Mas ini hanya sedikit yang saya tulis

Yah hanya belajar dan berusaha mengetahui beragam suku Indonesia
Mbak Muya..? lha ne podo mbeh kulo yo Mbak panjenengan jowo e
Tiang endi Mbak e? yo wes podo-podo wong jowo ojo saling ndului :ng

I Love you Mas Luthfi eeeh ko sama Mas Luhtfi i love nya =D
Sama Jawa Barat maksud na Mas hhhh I love juga buat all suku :)

Mangga Mas Virlyz dengan senag hati... tah leres pisan nya saur
Mas Virlyz hhh semoga kita semua tetapa satu dalam kesatuan
Indonesia yang selalu berpegang teguh pada Prakarsa Pancasila :-bd

Aku cinta anda cinta semua cinta buatan Indonesia, teringat
Lagu perjuangan Mas Cahyo, saya sangat terharu jika ada teman
Yang menyanjung Kata Cinta Indonesia. salam Merdeka :yes

wahahahaha nyosor terussss !!!
mas bud aya-aya wae ah

iIndonesia sangat beragam.. kaya akan suku dan budayanya :)

ucapan salam dari suku jawa.
semoga saja perbedaan suku gak akan memecah belah Indonesia.

berbakai suku yang ada di negara indonesia ya.. di malaysia juga ada pelbagai suku juga.. sehingga wujudnya berbagai pilihan jenis makanan hasil dari berbagai suku ini..

Indonesia memang sangat kaya dan banyak sekali suku ... :) I love indonesia :)

Benar mas suku di Indonesia ini banyak sekali bahkan sangat beragam
terima kasih sudah berbagi kawan
http://penyuluhp.blogspot.com/

Indonesia memang kaya akan segala nya.kekayaan alam yang melimpah ,budaya dan suku nya pun banyak dan beragam

Selamat sore maz kariz . . .
INDONESIA memang kaya akan suku bangsa ya maz , ,
Bangga deh jadi anak Indonesia , , KHUSUNYA SUKU JAWA . . hehee

itulah Indonesia,kata H Rhoma Irama,memang bener sekali bahwa suku Jawa yang paling banyak yah Kang,hampir disetiap kepulauan disan pasti ada suku Jawa yang bermukim,Nice pos kAng Karryst....

tradisi animisme kadang juga masih dianut masyarakat modern juga lho mas ... =D

kalau ingat suku saya suka ingat lagu bang Haji Rhoma Irama kang hehehe... mantab deh postingannya

tuh kan kang dede juga ngepans sama H Rhoma Irama hehehe... goyang boleh ngga ya kang

kata suku ini asal jangan salah bahasa aja ya kang, kalau bahasa sunda suku kan lain artinya hehehe

saya dari Selat Sunda hehehe gak punya Pulau kang hehehe

betul tuh kata Mbak Khaira...

Bersatu kita teguh Bercerai kita Kawin lagi... ups maksud saya Bercerai pasti runtuh hehehe

ijin menyimak mas :cantik

kalo model saya ini, masuknya suku apa ya, soalnya ada darah bugis, jawa, sunda, jerman dan prancis juga mengalir dalam darahku....gimana coba?

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger