Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Pentingnya Nilai Sehat

AgamaPentingnya Nilai Sehat


Selamat berbahagia sobat dan sabit semua bilalah kita semua masih di berikan sehat jasmani. Dan sehat rohani dimana kedua hal tersebut yang sangat di idamkan setiap umat manusia di. Muka bumi ini, karena apalah artinya rumah yang mewah harta yang berlimpah jika badan kita. Tidak sehat alias tidak menikmati kekayaan tersebut. maka disini sangatlah penting artinya nilai. Sehat karena pepatah lama pun mengatakan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat

Baca juga :  Usaha dan berdoa

Dalam agama Islam ini memandang, bahwa kesehatan merupakan nikmat dan karunia Allah swt yang wajib disyukuri. Disamping itu sehat juga adalah obsesi setiap insan berakal; tak seorang manusia pun yang tidak ingin selalu sehat, agar tugas dan kewajiban hidup dapat dilaksanakannya dengan baik.

Meskipun nikmat sehat merupakan kebutuhan fitrah manusia dan nikmat Allah, tetapi banyak manusia yang mengabaikan dan melupakan nikmat sehat ini, sebagaimana yang dijelaskan Rasulullah saw ada dua nikmat yang banyak dilupakan manusia, yaitu nikmat sehat dan peluang kesempatan (HR Imam Bukhari).


Karenanya kesehatan salah satu perkara yang diminta pertanggungjawabannya di hadapan pengadilan Allah swt, seperti dalam hadits Nabi : Nikmat yang pertama ditanyakan kepada setiap hamba pada hari Kiamat dengan pertanyaan Tidakkah telah Kami sehatkan badanmu dan telah Kami segarkan (kenyangkan) kamu dengan air yang sejuk (HR Imam Tirmizi).

Maka sebagian ulama tafsir mengartikan kenikmatan dalam firman Allah (Kemudian kamu pasti akan ditanya pada hari itu kenikmatan) surat al-Takatsur: 8, yaitu nikmat sehat. Di antara perhatian Islam kepada
kesehatan, adalah perintah dan anjuran menjaga kebersihan. Demikian dapat dipahami, jika pembahasan ulama fiqih dalam khazanah intelektual mereka selalu diawali dengan Bab Thaharah, Bahasan mengenai kesucian atau kebersihan, bersih dari hadats besar dengan mandi junub, atau hadats, kecil dengan berwudhu, bersih dari najis dan kotoran.


Demikian juga selain wudhu, syarat sah shalat adalah bersih
Pakaian, tempat dari segala najis dan kotoran  yang menodai

Allah juga berfirman : Dan pakaianmu bersihkanlah (QS al-Mudatsir: 4). Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan mensucikan diri (QS al-Baqarah: 222). Di dalamnya (mesjid) terdapat orang-orang yang bertaubat dan membersihkan diri, sesungguhnya Allah suka kepada orang-orang yang selalu membersihkan diri (QS at-Taubah: 108).

Demikian Rasulullah mengarahkan di banyak hadits-hadits beliau, antara lain:
Kebersihan adalah sebagian daripada iman (HR. Imam Muslim).

Kewajiban setiap muslim adalah menggunakan satu hari dari tujuh
hari untuk mencuci rambut dan badannya (HR. muttafaq alaihi).

Barangsiapa yang memiliki rambut, hendaknya ia merawatnya dengan baik (HR. Abu Daud).

Sesungguhnya Allah Maha Indah mencintai keindahan, Allah Maha Baik menyukai kebaikan, Allah Maha Bersih mencintai kebersihan. Karena itu bersihkanlah teras rumah kalian dan janganlah kalian seperti orang-orang Yahudi (HR.Tirmizi).

“Barangsiapa yang mengganggu orang-orang Islam di jalan tempat mereka lewat, dia mesti mendapatkan laknat (HR. Thabrani).

Bentuk memelihara kesehatan yang lain adalah perhatian kepada olah raga yang cukup. Shahabat Salamat bin al-Akwa berserita:

Ketika kami tengah berjalan, ada seorang lelaki dari Anshar yang tidak pernah terkalahkan dalam pertandingan berjalan. Lalu dia bertanya: Adakah orang yang dapat menandingiku dalam lomba jalan ke Madinah Adakah ada orang yang mau berlomba ? Kemudian saya jawab: Apakah engkau sudah menghargai orang yang mulia dan tidak takut pada orang yang tinggi derajatnya ? Dia menjawab: Tidak, kecuali yang menantang saya itu adalah Rasulullah saw. Salamah berkata lagi: Saya berkata wahai Rasulullah, demi bapakku, engkau dan ibuku! Izinkanlah saya, saya yang akan berlomba melawan laki-laki itu. Rasulullah menjawab: Terserah kamu. Salamah berkata: Kemudia aku yang memenangkan perlombaan jalan ke Madinah itu (HR Imam Ahmad dan Imam Muslim).

Sebagaimana kisah Said bin Jubair: Rasulullah saw berada di dataran yang luas, lalu datang Yazid bin Rukanah atau Rukanah bin Yazid menghadap beliau dengan membawa anak-anak kambingnya. Kemudian dia berkata kepada Rasulullah saw: Wahai Muhammad, apakah kamu bisa membanting saya ? Rasulullah saw bertanya pula: Apa yang akan kamu hadiahkan kalau aku menang ? Rukanah menjawab: Seekor kambingku. Maka Rasulullah berusaha membantingnya, tetapi Rukanah pun bersuaha membanting beliau, akhirnya Rasulullah saw dapat mengambil kambing Rukanah. Rukanah bertanya lagi: Apakah kamu mau bertanding lagi ? Rasulullah saw melakukan beberapa pertandingan itu ( dan memenangkannya). Rukanah berkata: Wahai Muhammad, demi Allah, tak ada seorangpun yang mampu membanting punggungku ke tanah, apakah gerangan yang membuatmu mampu melakukannya ? Lalu dia masuk Islam dan Rasulullah saw mengembaalikan kambing tersebut kepada Rukanah. (HR. Abu Daud).

Proses Medis, Menjaga Kesehatan dan Obat-obatan & Takdir Allah.

Persepsi yang keliru tentang takdir mengakibatkan sikap anti usaha dan tidak semangat terhadap upaya-upaya produkti. Dalam hal kesehatan dan proses medis, ada yang beranggapan salah bahwa usaha itu bertentangan dengan takdir (ketentuan Allah).

Ketika ada seseorang bertanya kepada Rasulullah saw tentang pengobatan, katanya: Wahai Rasulullah, apakah obat-obatan, usaha menjaga kesehatan, tindakan preventif dari penyakit, merupakan penolakan terhadap takdir Allah ? Rasulullah saw menjawab: Semua itu adalah takdir Allah juga (HR ahmad, Ibnu Majah dan al-Hakim).

Tidak sekedar anjuran teoritis, Rasulullah saw pernah memanggil tabib (dokter) untuk mengobati Ubay bin Kaab. Rasulullah saw sendiri mendatangi seorang tabib saat sakit dan mengatakan: Siapa di antara kalian yang paling pandai dalam ilmu pengobatan ? Salah seorang mereka berkata: Apakah ilmu pengobatan (kedokteran) ada manfaatnya wahai Rasulullah ? Rasulullah saw menjawab: Dzat yang menurunkan penyakit telah pula menurunkan obatnya (HR. Imam Malik dalam kitab al-muwatha).

Setiap penyakit itu ada obatnya, apabila penyakit itu telah kena obat, ia akan sembuh dengan izin Allah swt (HR Imam Muslim dan Ahmad).

Isa bin Abdur-Rahman pernah mengisahkan: Saya pernah menjenguk Abdullah bin Ukaim ketika ia sakit. Kemudian ada yang memberikan kepadanya saran, agar ia mengalungkan sesuatu (jimat) agar segera sembuh. Lalu Abdullah menjawab: Apakah aku akan mengalungkan suatu jimat?, padahal Rasulullah saw bersabda: Barangsiapa yang mengalungkan sesuatu maka dirinya telah dipasrahkan kepadanya (bukan kepada Allah) HR. Imam Ahmad.

Karenanya Rasulullah saw di dalam banyak hadits mengajarkan umatnya berdoa minta kesehatan, keselamatan; hal itu bukan merupakan perlawanan terhadap takdir ketentuan Allah swt. Antara lain :

Ya Allah Robb manusia, hilangkan mara bahaya, sembuhkanlah penyakaitku, Engkau adalah Dzat yang menyembuhkan. Tidak ada obat dapat menyembuhkan melainkan obatMu, ia adalah obat yang tidak meninggalkan penyakit.. Ya Allah, sehatkan badanku, sehatkan telingaku, sehatkan, penglihatanku, jadikan semua itu pewaris hidupku. Dan lain-lain.

Word :

Demikianlah artikel yang bisa saya hadirkan pada kesempatan ini semoga kurang lebih silahkan
Anda saling melengkapinya agar artikel ini lebih lengkap  untuk pemahamanya  terima kasih atas
Kunjunganya semoga bermanfaat ...
http://keluargasehat.blogdetik.com

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

72 komentar

memang kang kesehatan paling penting dan sehat itu sangat mahal harganya ..

Betul sekali yah Mbak Friska terima kasih atas pendapatnya :)

sehat adalah harta dunia yg paling mahal harganya :)
bermanfaat sekali sharingnya mas karryst, salam hormat :D

Tuhan sudah memberi dengan cuma cuma kesehatan, dan kita harus menjaganya ya gan.

Betul begitu kenyataanya yah Mbak Indri terima kasih atas pendapatnya
Dan juga kunjunganya yang sangat bermanfaat sekali salam hormat juga Mbak :)

Betul sekali Mas Mukhamad kesehatan sangat mahal harganya
Bahkan dengan uang berpapun Sehat tidak bisa di beli jika sudah Takdir :)

kesehatan itu mahal, jadi memang diperlukan banyak pengorbanan untuk mendapatkannya, makasih mas buat info kesehatannya, tumben nih beda hehe...

sangat bermanfaat artikel ini. nikmat kesihatan itu sangat besar.. bersyukur kerana telah diberikan kesihatan yang baik.. gunakanlah nikmat kesihatan itu untuk melakukan sesuatu yang memberi faedah..

Kesehatan tak ternilai harganya, kalau sudah sakit baru dah sadar kalau sehat itu ternyata nikmat dari Nya.

hheheh jadi malu nih sama Mas Anthonie =D hanya belajar hidup sehat
Aja Mas Ant yah maklum saja Mas dengan blog gado-gado apa saja yang
Sekiranya bisa di share dan bisa bermanfaat yah berbagi saja karena saking
Buntunya ide dan bingung mau apa yang sekiranya buat di posting makasih :-d

Betul sekali yah Mbak Mizz kesehatan itu sangat perlu bagi setiap
Insan yang peduli dengan sehat. apalagi kita orang tua haruslah
Menanamkan Budaya sehat sejak dini untuk anak dan cucu kita kelak :)

Makasih Mas Andre atas pendapatnya salam sukses aja atas iming2 nya =D

Betul sekali yah Mas Darmawan. agar mencapai Sehat itu lebih baik
Mencegah daripada mengobati Karena Nikmat sehat itu sangat mahal
Dan suatu nikmat yang tiadak tara dari yang maha pencipta :)

Kesehatan merupakan anugerah...maka kita pun harus menjaganya..iya kan mas :)

Allahumma 'afina fi bada wa'afina fi bashorina wa'afina fi jasadina ... aamiin...

Sehat berawal dari kebersihan. apabila kita hidup bersih maka otomatis hidup kita akan sehat juga ya mas. tapi sakit dan sehatnya seseorang hanya allah yang tau..

Semoga kita semua diberikan kesehatan. Amin :)

malah merinding bacanya mas :D

setelah dipikir kembali memang benar, nikmat bisa hidup dan sehat adalah hal yang pasti dipertanyakaan hiks :'(

Ingat lima perkara sebelum lima perkara. Kesehatan ada si urutan yang pertama, itu menunjukan bahwa kesehatan itu sangatlah penting :)
Terimakasih Kang Saud Karrysta, sudah berbagi ilmu yang bermanfaat :)

bener, kesehatan akan terasa mahal kala kita sedang sakit :) makanya mumpung sehat, jaga sehatnya :)

Maka dari itu kita harus lebih berhati2 dan tetap menjaga kesehatannya

keren sekali kang
kesehatan itu menjadi faktor untuma seseorang untuk bertindak
kalau ndk sehat leman gemulai jadinya

nikmat sehat emang ngga ada taranya, sayangnya penderitaan menurut kebanyakan manusia(termasuk saya) adalah kalau ngga punya duit dan dikejar sama debkolektor karena telat bayar hutang...padahal kalau lagi sakit azh deh berasa banget kalau nikmat sehat itu lebih penting dari segalanya....kali ini komentar saya keren kan?

...mensanah inkorpore sano...gituh katanya seh

memang ya maz , , ,sholat itu tiang nya agama , , ,bila tak sholat mungkin tiang tsb akan mudah runtuh , , ,

Keren mas artikelnya ijin belajar ya diblog kamu.
btw blog kamu juga keren ijin follow ya jangan lupa follback ^_^
Salam: dek-blogger.blogspot.com
#Arif

Setuju mas kesehatan sangat mahal harganya apapun yang kita lakukan dan kita makan akan terasa saat kita sehat dan semua itu tidak bisa ditukar dengan banyaknya harta yang berlimpah

kesehatan itu sangat penting dan utama, sayangnya banyak orang baru merasakan pentingnya menjaga kesehatan disaat mereka telah terkena sakit,
salam dari Kalimantan Selatan

bener sekali mas,,bukan penting lagi tetapi sangat..sangat penting,,
karena rumah sakit yang ada bukan rumah sehat..
hehehe

nice post mas saud

Yaa kang sehat adalah nikmat dan karunia yang sangat luar biasa..
Krena dengan sehat kita bisa merasakan nikmat

benar itu.. perlu tanamkan budaya itu kepada anak cucu kita sejak mereka masih kecil lagi..

kalau kita sedang sakit baru terasa berharganya kesehatan

Artinya apa tuh Kang Lembu kepanjanganya saya lupa? =D

Betul sekali Mas Pur kesehatan Berawal pada diri sendiri kemudian
Kita turunkan dengan mendidik anak atw Istri juga keluarga kemudian
Lingkungan kita perlu menjaga nya agar selalu bersih dan sehat :-d

Betul sekali yang Mas Achmad paparkan diatas itu awal sehat yang baik
Makasih atas uraianya Mas juga kunjunganya salam Hormat selalu :)

Amien semoga saja yah Mbak Elfrida makasih atas ucapanya :)

gak apa-apa mas, yang penting bisa bermanfaat buat orang banyak, lanjutkan mas :)

jangan sampai kita udah sakit baru menyesal kalau kesehatan itu sangat berharga yah mas :)

Olah raga ini yang kadang banyak dilupakan. Badan sakit baru ada niat olah raga stlah sehat malasnya kayak ampun.

Setuju dengan pembahasannya mas Saud, Sehat memang Anugrah Tuhan yang harus kita syukuri, dan saya setuju kalo nikmat sehat itu mahal harganya mas.

Yang paling penting kita harus selalu mensyukuri segala nikmat yang telah di berikan oleh yang maha kuasa

kalau kita sehat, pasti untuk beraktivitas jadi lancar tanpa kendala ya mas. Oleh karena itu sehat mahal harga nya :)

iya mbak kalau sakit jadinya nggak bisa maksimal kalau mau ngeblog hehe...

Bertapa tingginya nilai kesehatan ,itulah hartamu yang takterbandingkan,,,

mau makan aja rasanya nggak enak mas Anthonie kalau lagi sakit ,,,

Betul yah Mas Intan terima kasih atas pendapatnya Mas :)

selamat malam kang karrys...maaf baru bisa berkunjung...
kesehatan memang sangat penting ya kang, semoga akang juga sehat selalu, sehat lahir sehat batin...aamiin :)

kadang-kadang kita juga bisa kesel lo sama orang yang nasihatin kita, tapi kadang-kadang bikin senang juga, kadang-kadang bikin bahagia juga hehe.. .salam kenal mas :)

hihihih btw nilai sehat emg perlu banget buat kita-kita bang apalagi buat kaum muda seperti ane pastinya b uat kemajuan bangsa kita :)

sehat adalah segalanya hidup ini mas :)

sehat akal dan sehat jasmani, sehat itu identik dengan bersih, seperti yang mas karis tuliskan, kebersihan adalah sebagian dari iman.maka orang yang selalu bersih baik hati dan pikiran serta bersih lingkungannya maka pikiran jadi sehat.

amin. Semoga sehat terus sehingga ngeblognya bisa lancar.

sama sama kang Heri #ups malah saya jawab hehe, maaf maaf

"sehat sebelum sakit"
Kesehatan adalah hal tak ternilai harganya.. mudah2an kita semua di beri kesehatan trs oleh Allah swt. Aminn. :)

Bantu doa saja ya Amin
Kesehatan itu memang hal paling penting. Saya juga setuju sama pendapat Friskaa Lee nih :)

Kesehatan adalah hal yang paling penting. Untuk melakukan sesuatu ya mas? kalau sakit dan melakukan sesuatu hasilnya tidak akan maksimal. Malahan tambah sakit

Betul sekali, saya setuju, kesehatan adalah nikmat yang luar biasa :)

kesehatan memang penting kang.. dan sehat itu mahal hargannya, tapi kasihan juga kalau pada sehat semua dokter gak ada masukan penghasilan ehheheeh

Betul sekali yah Mas Andre. makasih deh atas pendapatnya :)

sangat mencerahkan mas saud, menyehatkan jasmani dan rohani..
trasa skli kesehatan bgitu brharga disaat sakit bgini :(

sugeng ndalu..nderek mampir malih

Betul juga yah Mang? syukur saja Mang Sahabat Semua pada sehat semua
Biarin aja Dokter mah walaupun semua orang pada sehat.dia kan sudah di
Dapat gaji uang dari pemerintah. sehat ataw sakit masyarakat gak ngaruh tuh =D

Betul sekali yah Mas Wong paparkan diatas dan sangat memotivasi
Njih monggo sunggeng ndalu malih yo Kang Mas Wong mugia
Panjenengan uga ono ing ginanjar kawileujengan njih...?

Tepat sekali yah MasLuthfi utarakan diatas. ternyata Mas Luthfi
Pemerati nilai sehat juga. dan memang itu yang di butuhkan dengan
Jiwa yang bersih untuk sehat yah Mas? makasih kunjunganya :)

salam blogger,..

berknjung disini,..

sehat itu memang penting,. dan teramat penting kita bisa selalu menjaganya,..

dan tak lupa, jika kita sakit mintalah kessembuhan dengan doa kepadanya, bukan dengan jimat dan sebagainya...

salam :)

selamat malam mas Karrysta....baru bisa mampir nih mas. jadi tahu akan pentingnya nilai sehat dari blog mas Karrys nih :)

wah saya telat nih mas datengnya.. masih kebagian kursi nggak ya saya hehehe..

banyak orang yang baru sadar kalau sehat itu mahal pas sedang sakit ya mas.. kalau pas sehata lupa akan kenikamatan sehat tersebut sehingga tidak memikirkan untuk menjaga kesehatan tersebut hehehhe

kesehatan itu adalah kekayaan yg sangat berharga jika dibandingkan dengan orang yg banyak duuwiit triiunan tapi sakit^an
postingannya sangat berguna sekali sobat, terima kasih sudah berbagi

Kesehatan mahal harganya, maka dari itu jagalah kesehatan anda sebelum terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan..

Salam sua kembali

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger