Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Film pertama di Indonesia jaman dulu

Film pertama di Indonesia jaman dulu


Bahagia rasanya masih bisa bertemu dan saling sapa dengan sobat-sabit blogging semua
Karena nikmat hidup yang sebenarnya lebih indah jika di hiasai dengan rasa saling berbagi
Seperti pada kesempatan  kali ini yang akan saya  share sesuatu yang sedikit  unik menarik
Sebelumnya saya posting tentang Related posts blogger simple float dan semoga saja bisa
Bermanfaat. pada posts kali ini  kita akan melihat fotret perfilman Indonesia jaman  dulu kala

Unik

Baca juga artikel : Nama Kota yang indah aman di indonesia

Film pertama di Indonesia jaman dulu :

Perfilman di Indonesia pada jaman dulu sebelum secanggih seperti jaman sekarang ternyata
Sudah ada walaupun kemasan film belum ada suara  hanya menampilkan gambar  pada film
Namun pada masa itu sangatlah marak dan  banyak pengunjung  seperti apa yang  pernah di
Ceritakan Bapak saya  semasa hidupnya,  karena saya pada masa itu belum terlahir  dan ada
Satu keunikan film jaman  dulu dari pada  jaman sekarang  dengan peralatan  seadanya juga
Perlengkapan camera yang jaman dulu jelas tak sebagu dan secanggih dan sekumplit jika di
Bandingkan pada jaman sekarang, tapi uniknya film atau foto jaman dahulu gak mudah rusak

Urutan film pertama di Indonesia :


Film Loetoeng Kasaroeng Tahun 1926 

Film Loetoeng Kasaroeng adalah sebuah  film Indonesia tahun  1926. meskipun  diproduksi dan
Disutradarai oleh pembuat film Belanda, film ini merupakan film pertama dirilis secara komersial
yang melibatkan aktor dan juga artisIndonesia pada jaman dahulu

Unik

Film Eulis Atjih Tahun1927

Sebuah film bisu bergenre melodrama keluarga, film ini disutradarai oleh  G. Kruger  dan dibintangi
Oleh Arsad dan Soekria.  Film ini diputar  bersama-sama dengan  musik keroncong  yang dilakukan
Sekelompok yang dipimpin Kajoon,  seorang musisi  yang populer pada waktu itu.  Kisah Eulis Atjih
Seorang istri yang setia yang harus hidup melarat bersama  anak-anaknya karena ditinggal  suaminya
Yang meninggalkannya untuk berfoya-foya  dengan wanita lain,  walaupun dengan  berbagai masalah
Akhirnya dengan kebesaran hatinya Eulis mau menerima suaminya kembali walaupun suaminya telah
jatuh miskin dan tidak punya apa-apa.

Unik


Film Lily Van Java Tahun 1928

Film yang di produksi perusahaan  The South Sea Film  dan dibuat bulan Juni 1928.  Bercerita
Tentang gadis yang di jodohkan orang tuanya padahal dia sudah punya pilihan sendiri.  Pertama
Dibuat oleh Len H. Roos, seorang Amerika yang berada di Indonesia untuk menggarap film Java

Ketika dia pulang, dilanjutkan oleh Nelson Wong yang bekerja sama dengan David Wong,
Karyawan penting perusaahaan General Motors di Batavia  yang berminat  pada kesenian
membentuk Hatimoen Film. Pada akhirnya, film Lily van  Java di ambil alih  oleh Halimoen
Menurut wartawan Leopold Gan,  film ini tetap digemari  selama bertahun - tahun sampai
Filmnya rusak. Lily van Java merupakan film Tionghoa pertama yang dibuat di Indonesia

Unik


Film Resia Boroboedoer Tahun 1928

Film yang diproduksi oleh Nancing Film Co,  yang dibintangi oleh  Olive Young,  merupakan film bisu
Yang bercerita tentang Young pei fen yang menemukan sebuah buku resia (rahasia) milik ayahnya yang menceritakan tentang sebuah bangunan candi terkenal (Borobudur). Diceritakan juga  di Candi tersebut terdapat sebuah harta karun yang tak ternilai, yaitu guci berisi abu sang Buddha Gautama.

Unik

Film Njai Dasima Tahun 1929

Film ini berasal dari sebuah karangan G. Francis tahun 1896 yang diambil dari kisah nyata, kisah
Seorang istri simpanan, Njai (nyai) Dasima yang terjadi di Tangerang dan Betawi/Batavia terjadi
Sekitar tahun 1813-1820-an. Nyai Dasima, seorang gadis yang berasal dari Kuripan, kota Bogor
Jawa Barat. Ia menjadi istri simpanan seorang berkebangsaan Inggris bernama Edward William
Oleh sebab itu, akhirnya ia pindah ke Betawi/Batavia. Karena kecantikan dan kekayaannya.

Dasima menjadi terkenal. salah seorang penggemar beratnya Samiun yang begitu bersemangat
Memiliki Nyai Dasima  membujuk Mak Buyung  untuk membujuk Nyai Dasima  agar menerima
Cintanya. Mak buyung berhasil membujuk  Dasima walaupun Samiun sudah beristri.  dan Hingga
Akhirnya Nyai Dasima disia-siakan Samiun setelah berhasil dijadikan istri muda

Unik

Word :

Demikian  fotret  Perfilman  yang  dulu  ada  di  Indonesia  ini
Semoga info yang sederhan ini bisa bermanfaat untuk semua

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

115 komentar

Kalau salah mas Karryst Film jadul pertama dulu hanya berupa gambar tanpa audio, apa benar itu mas

tak satupun film yang saya kenal...sungguh terlalu!!!

khasanah perfilman indonesia sekarang kok mengalami kemerosotan ya...sekarang tema-tema yang diusung kurang membangun...misal cinta-cintaan dan hantu pocong...aneh kan?

Lama sekali filemnya ya.. Rata-rata sutradaranya dari pihak asing, walaupun perannya melibatkan orang indonesia ya.. Luar biasa... semua filemnya ada pada zaman buyut saya tuh :)

Benar sekali Mas Syafar Film jaman dulu hanya menampilkan
Gambar tidak ada audio suaranya dan film di artikel ini termasuk
salah satunya :minum

wah.. tentu menarik semua filem itu ya.. ternyata sudah lama sejarah filem di indonesia bermula iaitu sejak tahun 1926.. jika filem zaman dahulu video (hitam putih) tanpa suara (audio)..

Saya pun belum tahu asliny Mbak Khusna, dan saya pun
Dengar ceritnya dari Almarhum Ayah saya. dan sekarang
Perfilm an Indonesia sangat merosot drastis, berarti Indonesia
Tidak bisa menjaga peninggalan perfilman indonesia agar
Lebih maju dan bisa juru didik untuk generasi mendatang :)

Yah begitu Mbak Mizz Aiza cukup lma juga. sejak jamanya
Tampilan film yang hanya dengan warna hitam putih dan
Tanpa audio suara. tidak seperti pada jaman sekarang ini ^_^

Cukup lama yah Mas Achmad, memang sutradar film Indonesia
Kebanyakan orang asing, karena dulunya mungkin orang Indonesia
Belum berpikir kearah tersebut, dan mungkin dengan keterbatasan
Dan kemampuan yang di milikinya. :minum

kayaknya menarik juga ya kalau bisa nonton pelem-pelem jaman doeloe ya kang hehehehe :D

Saya juga tidak pernah menonton filem2 ini

Betul Kang Adhy sayang nya pilm jaman dahulu gak ada di youtube :minum
adanya versi yang sudah di perbaharui dengan judul yang lama namun
Isi filmnya bukan asli film jaman dulunya. hatur nuhun kunjunganya Kang :-bd

Wah sama yah Mbak Fidah, saya pun belum tahu versi yang asali nya @@,

hafal banget perfilman jaman dahulu ya mas...bisa berubah profesi jadi sutradara lho saya bisa nyalon jadi artisnya....hehe
langsung tutup buku pasti karna nggak laku filmnya

Wah ternyata film indonesia sudah ada sejak jaman penjajahan ya...
Jadi penasaran pengen lihat felemnya :)

Film Si pitung sama filmnya Benyamin S masuk era thn 70an kali ya mas :)

Bisa msk box office loh mbak :)

wah kelihatan jadul sekali ya mas filem nya. Pasti seru banget waktu itu ya bisa nonton filem sebagus itu :)

ya mbak saya setuju pasti mantab hehehe

film loetung kasarung saya pernah menontonnya tapi klo 4 film lainnya saya baru denger tuch !!!!

tapi artikel nya bagus bisa menambah wawasan pembace nya keureeeeen :bd

Hapal sedikit Mbak Indah, saya teh karena pernah belajar di
Mas Pur =D Tar Insya Allah kalu Mas Pur nya ngasih Modal
Saya nyoba jadi Sutradalang, Mbak Indah artis Film apa yah? :joget

Betul Kang Heri, silahkan di simak Kang kebetulan saya
Belum publish video film tersebut, insya Allah kesempatan lain :minum

Betul Kang Mas Pur, film tersebut sudah sedikit modrn
Karena sudah ada warna nya juga ada suara audio film nya Mas Pur ^_^

Saya belum pernah menonton filem2 ini...gambarnya pun hitam putih..pasti nostalgic

Betul sekali kaya nya yah Mbak Ririn.. tapi kalau di lihat nya
Pada jaman sekarang kaya nya norak tapi unik lho? :D
Mas Sarofudin silahkan di simak yo Mas..? :)

Woow ntentu banyak pengalaman yang menarik yah Neng Unencih :cantik
Dari ceritra film tersebut, oke deh terima kasih atas pendapatnya :-bd

Kalau yang aslinya pisan, saya pun belum pernah melihatnya
Lho Mbak Fidah..? karena mungkin yang asalinya filmnya dah rusak @@,

film zaman dulu yang gak ada matinya itu film warkop ya kang :D

wah jaman segitu sudah ada yang berpikiran untuk membuat film ya....

film jadul malah ceritanya bermakna ya.. ada unsur-unsur tertntu yg menarik sehingga ceritanya jadi bisa dikenang terus

Baru tahu dan belum pernah menontonnya sekalipun,,,,,
Semua ada campur tangan orang Luar Ya mas

ternayata sejarah per filiman di indonesia dulu tanapa suara yaa mas
:)

Jadi tau ni mas film" jaman doloe :)
sepertinya bagus tu

Hebat kang Saud,bisa tahu tentang pilm pertama di Indonesia,luarbiasa,,,,saya jadi tahu deh sekarang,,,,,,,,,

Wooohh ternyataa film itu sudah ada sebelum kemerdekaan indonesia
Informasi menarik kang

Baru tau kalau film pertama Indonesia adalah Loetoeng Kasaroeng makasih infonya gan nambah ilmu

wah kalau lutung kasarung saya belum pernah lihat film aslinya mas.. kalau film yang sudah di perbaharui saya pernah nonton mas.. hehehehe wah mas karist dapet data jadul dari mana nih mas hehehehe

walah terus dari mana kita tau alur ceritanya.. apakah ada text nya gitu mas ?

wah wah wah.. nih kenalin dulu sama sutra daranya... hahahaha

mengingatkan masa lalu..

masa lalu yang indahhh.. :)

Bisa jadi seperti itu mas Nady, jadi penonotn tahu alur ceritanya :)

wah udah jadul banget ya mas nie film, apa mungkin film-film jadul seperti ini masih ada arsipnya ato di musiumkan gitu hehehe....

Betul Mas Nady + Mas Marnes penonton memahami
Alur ceritra nya melalui teks film nya bagi yang bisa
Baca namun bagi yang gak bisa baca Lewat dah =D

film-filmnya belum pernah saya tonton satupupun mas, yang bagus kira-kira yang mana nih mas?

jangan lupa ditonton filmnya kang hehe...

Betul tuh Mas film warkop sudah melegenda kaya nya =D

hhhhh jaman jadul bisa bikin film juga yah Mas :D

Betul Mas IPY Film dulu banyak jadi juru didik gak kaya Film jaman kini :(

Betul Mas Ferdon dulu saking terbatasnya kemampuan dan teknology @@,

Kalau film nya bisa di download engga ya? kalau ada saya mau dong penasara :D

Silahkan Mas Joe, semoga bisa nambah pengetahuan deh :-d

wah mantab film2nya...tapi sayang, saya belum pernah liat... :(

walau belum pernah lihat, saya bernai bilang...BAGUS SEMUA bang :D

mungkin saja masih ada arsipnya,...tpi sulit mau nyarinya ...kudu mberengkali gitu :D

wah saya belum lahir waktu itu Mas, sekarang masih bisa lihat gk ya filmnya...???

kalau filmnya tanpa audio gitu jadi kayak pantomim mas.
itu roll filmnya gimana bentuknya ya ?

Kelihatan ya dari judulnya film-film dulu lebih mempunyai kualitas dari film2 sekarang :)

sekarang filmnya udah pada angus kali yak kang :D hehehe

hehhe hanya sedikit tau aja Kang Dede, namun hanya sebatas
Ceritanya karena Film tersebut yang aslinya saya tidak punya
Paling kalau ada juga dengan judul yang sama namun dengan :)
Versi yang Baru Mas Anthonie. makasijh atas kunjunganya Kang+Mas

Betul Mbak Muya, sebelum merdeka di Indonesia juga sudah
Ada Film walaupun belum secanggih seperti pada Zaman sekarang :)

wahh... saya gak paham sama film itu :D .

Tentu saat itu nonton film Loetoeng Kasaroeng (1926), Eulis Atjih (1927), Lily Van Java (1928), Resia Boroboedoer (1928), dan Njai Dasima (1929) sesuatu yang 'mewah'. Gambarnya masih hitam dan putih. Unik sekali. Begitu juga model rambut dan pakaiannya. Salam cemerlang!

Wah ternyata sudah dimulai tahun 1926 ya, film Indonesia, walaupun sutradaranya bukan orang Indonesia dan merupakan film bisu ... :)

Wah kayaknya saya malah belum pernah liat semua itu film nya Kang

Masih jaman itam putih ini yah :)

Woww saya belum sempet nonton noh.. cari di youtube ada gx yah ??

ternyata lutung kasarung itu ada filmnya juga ya mas, saya kira hanya ada di cerita aja, hehehe krn memang saya gak menangi tahun 1926 :D
makasih sharingnya, slm sukses n salam hornat :)

selamat pagi maz karis . . .
widihhh . .nama-namanya film sangat susah dibaca ya , ,hehe

Betul Mas Agus mirip seperti Pantomin gitu deh :D
Roll nya seperti Pita tali Rambut wanita Zaman dulu itu Mas :ng

Saya juga sama tuh Mas susah nyari film ini yang aslinya gak ada :ng

Sama Kang Zeer saya pun kalau versi yang asalinya belum tau ^_^
Kan waktu dulu saya nya juga belum lahir deh :)

Betul Mbak Maya sama Mbak. memang ada terkaitan orang luar :ss

Saya tunggu kang film nya :)

Mampir lagi nih Kang...
Met pagi met beraktifitas :)

Selamat pagi dan selamat berakatifitas Mas Karrys...
kembali hadir lagi disini ya biar makin rame pasti makin seru :)

Sepertinya begitu Mas Andes film sudah puluhan tahun sih angus deh =D

Saya juga belum tahu sih Mbak Tia Film yang aslinya mah :)

Silahkan Mas Lano, semoga bisa nambah pengetahuanya :)

Saya pernah lihat dulu dokument namun bukan filmnya
tapi cerita dari Ayah saya Mas Nady. Makasih yo kunjunganya

saya belum pernah liat kang :) hehee mungkin ortu pernah

berarti film pertama di indonesia rilis taun 1926 ya mas, jauh sebelum indonesia merdeka

lama tak jumpa mas Saud, apa kabar ni??

ini sangat menarik, terimakasih infonya mas, tentang film jaman dulu..

sama kayak Mas luthfi.. kira2 ada nggak ya yg nyediain link downloadnya?

Wah pemaparan yang lengkap dan terperinci oleh Mas Herdoni
Ternyata pengamat Per Fileman juga Mas ini. terima kasih Mas :yes

Silahkan Kang Heri selamat pagi ehh Malam jelang pagi lagi :yes

Terima kasih Sobat semua yang sudah bertisifasi
Di artikel saya ini, salam sukses dan sejhtera selalu :)

Betul Mas Is yang Mas ucapkan dan film Indonesia dulunya bisu

wah.. film loetoeng kasaroeng itu pernah gue tonton waktu gue masih bujangan oom..
(terus berapa umur gue sekarang??)

hehehehe...bayangan saya malah mirip tali tambang itu roll filmnya

hehe...kira2 apa hubungannya dengan film jadul dengan "belum lahirnya kita' bang ?:D

jadi inget jaman dulu nih :D . kunjungan perdana mas , salam kenal :)

lihat film masa itu harus bisa menerjahkan bahasa gambar ya, supy bisa mngerti alur cerita..

suwun mas, tambah wawasan

Betul Mas Rian oke deh Mas salam kenal juga yah makasih
Atas kunjunganya dan pendapat nya :-bd

Waauuuow mantap dong @Oom Guru berarti usia @Om
sudah cukup lanjut juga dung..? =D Emang lahirnya taunberapa ? :SK

Betul sekali Mas Wong melihat Film waktu Zaman dulu
Harus pandai menterjemahkan bahasa gambar seperti pantomin :)

Betul sekali Mbak Elsa, dan aslinya pun saya gak ngalamin :heran

Sama Mas Virlyz kalau yang aslinya saya juga belu lihat :mn

Betul Mas Arif Film jaman dulu banyak jadi sejarah dan mendidik :yes

Datang lagi mas karist.. Belum update lagi ya mas.. Tak tungguin deh updatenya sekalian numpang tiduran hahahaha

Entar saya mau Meditasi dulu Mas Luthfi
Pak Budy hendak cari Link Film tersebut :ng

Wah Bapak Produser akhirnya datang juga makasih Pak =D

Oke siap Kang Insya Allah saya mau meditasi dulu :sst

Wah Mas Exten... ini punya kenangan masa silam yang indah :cantik
Rupanya yah? terima kasih atas kunjunganya yo Mas :-d

Betul Mbak Tika, Zaman dulu belum mengenal warna mungkin :oon

Yah nih Mas Nady, lagi bongkar pasang form comments
Biar lebih ramah dan dynamis, sekarang tak update Mas Nady :yes

Wah =D saya malahan baru tahu film pertama di indonesia :ss Keren mas artikelnya, menambah ilmu lagi nih :-bd

wah ternyata film pertama di indonesia Loetoeng Kasaroeng ya ...
makasih atas infonya , ane hadi lebih tahu

Kalau sekarang karena sudah gede, filmnya sudah bisa ngomong ya mas .. :)

filem jaman dulu yaitu filem gambar idup ya kang, tapi seru lah mungkin, setahu saya pada tahun 1926 di Jakarta juga gedung bioskopnya cuma satu di Tanah Abang, itu seinget saya pas nonton di bioskop sambil nenteng senjata heheeh

Wah sepertinya Mang Yono lebih berpengalaman deng
Film dulu di Indonesia yah Mang ..?

Betul Mas Ahmad film dulu di Indonesia Loetoeng kasarung
Sama-sama Mas Ahamad S. Syukur jadi salaing mengetahui :)

Yah Mungkin Film n:)ya jadul banget yah Mas Ahmad M.
Sayapun aslinya belum tahu sih hanya yang versi barunya saja :SK

brati saya gak bisa memahami alur ceritanya dong mas, soalnya saya gk bisa baca :SK hehehe

sayang juga sih kalau sampai angus filmnya, kan ini bisa menjadi barang langka perlu dirawat dan dilestarikan yah mas :)

sip banget mas buat film-film jadulnya, perlu dijaga dan dirawat dengan baik supaya bisa ditonton oleh anak cucu kita :)

kayaknya film pertama itu masih film bisu pak

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger