Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Pesta Nandran Blanakan Subang

Pesta Nandran Blanakan Subang


Lama juga saya tidak posting artikel tentang Wisata, Baiklah pada kesempatan ini saya akan berbagi
Pengalaman sarana  hiburan tepatnya  wisata. Pada  pertemuan ini  saya akan bahas  obyek wisata
Yang ada  di Kota Subang  tepatnya  di daerah  Blanakan - Subang Jawa Barat  sebelum  postingan
Ini saya publikasikan  saya  sudah  berbagi  tentang,  Antara Pengunjung Dan Followers Blog,  tapi
Jika anda tidak lagi mood dengan urusan  SEO  atau yang lainya,  tidak ada salah nya  jika sesekali
Merefresh memory yang ada dikepala kita dan menetralisir kepenatan agar daya ingat dan jaringan
Organ tubuh yang ada pada tubuh kita  menjadi vit dan fresh dengan cara refreshing  suasana baru

Wisata

Pesta nadran adalah pesta laut  dan masyarakat  sekitar menyebut nya  juga ruatan laut
Dimana tradisi ini  turun menurun  sejak jaman dulu kala  sebelum  Indonesia merdeka
Sampai  sekarang  Ritual Warisan Nenek Moyang,  ini tumbuh  subur dan berkembang
Pada masyarakat di pinggiran pantai termasuk  daerah Blanakan Subang  bagian utara
Dan pada satu tahun sekali ritual itu di selenggarakan  dengan berbagai aneka hiburan
Dari pelosok desa sampai  daerah dan perkotaan ruatan laut ini  tidak pernah surut dan
Reda selalu di banjiri pedagang dan pengunjung dari berbagai kalangan dan golongan

Pada pesta laut tersebut pabila pas saya sedang  senggang dari pekerjaan saya sempatkan
Waktu untuk menghadiri  ruatan laut tersebut  tidak lupa  tentunya  anak - anak  dan  keluarga
Rekan dan handai taulan yang ingin melihat  nya semua  pada datang  dari berbagai penjuru
Pesta nandran Blanakan Subang  yang  setiap tahunya  di peringati  oleh  masyarakat sekitar
Tentu menghadirkan bermacam-macam wahana  hiburan dari pagelaran  Seni Wayang Kulit
Sebagai pengiring utama ritual ini jadi seni yang satu ini bisa di katakan wajib setiap nadran

Wisata

Pada acara  pokok yang  paling sakral adalah  penyerahan  kepala  kerbau hitam dan  darah nya
Konon menurut  sejarah  cerita  warisan  leluhur  kepala kerbau  dan darah nya ini  untuk tumbal
Atau sesaji sebagai persembahan untuk leluhur penunggu laut, namun  kebenaranya itu sendiri
Saya masih kurang  jelas untuk di pahami  secara logika namun  adat dan budaya  ini sudah tak
Di rahasiakan keberadaanya  dan semua itu masih  di yakini nya sebagai  satu  kewajiban untuk
Memperingati setiap tahu nya,  namun tetap  dalam keyakinan beragama itu tidak di abaikan nya

Pesta Nandran Blanakan Subang 2013

Pesta laut atau nadran yang di selenggarakan di Daerah Blanakan Subang Jawa Barat ini dimulai
Sejak tanggal  20 Oktober 2013  dan puncak acara nya  jatuh pada tanggal  27 oktober 2013  jadi
Genap satu minggu sebelum puncak acara dengan ritual penyerahan kepala darah  kerbau hitam
Dan di lanjutkan dengan paggelaran Wayang Kulit di susul dengan kesenian dari  daerah sampai
Live Electone juga live dangdut dan masih banyak  kesenian-kesenian  yang lainya  yang tampil di
Pesta laut - nadran di Blanakan Subang ini, saya sekeluarga pun tak lepas untuk  menyaksikanya

Wisata

Selain meriahnya hiburan, pedagang dan pengunjung di Blanakan Subang ini sudah  tersedia
Sarana obyek Wisata dengan nama Wana Wisata Buaya Blanakan dan obyek wisata tersebut
Pernah saya  share  sebelumnya  dengan  title,  Obyek Wisata Yang Ada Di Subang  tentunya

Disana anda akan melihat pemandangan alam lautan lepas dan penangkaran ternak dan juga
Budidaya buaya dari buaya yang masih telur atau yang masih kecil sampai dengan buaya yang
Sudah dewasa malahan pada tahun 2013 ini  wahana buaya  blanakan menghadirkan sebuah
Track king wahana yang  menantang dengan tantangan  memegang rahang  taring dan kepala
Buaya yang terkenal nama nya Baron, konon buaya ini terkenal sadis dan buas dengan ukuran

Badan yang besar  dan berat badan 100 kg  lebih, bayangkan  kalau saja tantangan   ini sampai
Mencelakai pengunjung bisa patal akibatnya di harapkan anda yang tak  mempunyai keberanian
Diharapkan jangan mengikuti tracking ini, berbicara Pesta nadaran Blanakan Subang  tentunya
Masih banyak dan panjang karena saya  beserta keluarga  baru  setengah hari  saja sudah letih
Jadi lain waktu dan kesempatan cerita Wisata  saya  sambung lagi tentunya yang lebih menarik

Word :

Samapai di sini dulu  Corat Coret  saya pada  pertemuan  kali ini mungkin  di lain  kesempatan
Bisa saya jelaskan lagi pengalaman jalan-jalan wisata saya ke  Blanakan Subang Jawa Barat
Terima kasih sudah membaca coretan saya semoga bisa menambah wawasan Sobat semua

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

76 komentar

wahh
jadi penasaran ni mas
pengen liat langsung pestanya tu

Sama mas biasanya kalau di kota saya namanya "lomban"/pesta laut biasanya kalau di kota saya seminggu setelah hari raya idul fitri

duh aku padahal deket lg di pwkrta tapi kelewat yak acara na :d kalo tahu mah dateng ni sob asyik kayak di pantai widuri pemalang :d

Silahkan Mas Zacky makin seru lihat langsung :)

Oh sama yah Mbak Jenx Indah, lho koq nama nya Lomban
Pesta laut tuh..emang Mbak Jenx tinggal di Kota apa Mbak?

Bener Mas Uda meriah sekali, namun ada sedikit insident
Terima kasih Pak Mas Uda sudah berkunjung

Pasti sangat meriah sekali ya mas acaranya? andai saja bisa ikut berpartisipasi pasti sangat menyenangkan...

Bener Sob meriah sekali acarana euy kungsi ngabludak
Mas pedagang sama pengunjung sama padetna pantai
Blanakan Subang yang ini Mah Mas Sopyan

Bener Mas Adjie sangat meriah bisa tahun depan ada lagi Mas

ngeri kang acaranya saya baru tau ada acara seperti itu btw gokil tapi yah hehehe

wah seru juga yah mas Karys acara pesta nandran blanakannya, apalagi pesta seperti ini baru buat saya jadi pastinya sangat menarik sekali :)

apalagi kalau lawan buaya pasti lebih ngeri yah mas :)

wah, ramai banget itu mas...

di Jombang gak ada acara seperti ini, karena Jombang gak punya laut

Tradisi seperti ini dulu masih ada kang di tempat saya, tapi saat ini sudah tidak ada lagi, maksih infonya ya gan..

Salam sukses dan semoga sehat selalu

Sangat meriah sekali ya mas pesta Nandran nya, jadi penasaran ingin berkunjung langsung ke subang

Meriah bsnget yaaa pestanya??
Kok pakai kepala kerbau juga???

Selamat pagi dan selamat beraktifitas mas Karrysta....
ikutan nimbrung dan nyimak artikelnya nih sepertinya pestanya cukup meriah ya mas...
Tradisi adat peninggalan nenek moyang dahulu hingga saat ini masih mengakar dan dilestarikan oleh beberapa daerah...walaupun dari segi agama Islam hal tersebut tentunya sangat bertentangan terlebih lagi adanya sesajen dan sejenisnya...

wah.. menarik sekali event ini ya.. jika di malaysia pada masa yang dahulu diadakan pesta menuai padi bagi mengingati semangat padi.. kini ianya tidak lagi dilakukan kerana bertentangan dengan akidah agama islam..
berkenaan persoalan saudara di dalam entry saya bertajuk 'Segmen Saya Blogger Hawwt by Labyrinth' itu, selalunya kami blogger malaysia akan mengadakan giveaway atau segmen bagi tujuan merapatkan hubungan sesama rakan blogger.. di samping itu juga penganjur segmen atau giveaway ini mendapat manfaat iaitu follower blog mereka akan semakin bertambah dan trafik juga meningkat sepanjang segmen dijalankan.. selalunya peserta akan dipilih melalui undian/random.org untuk menang hadiah utama.. saya tidak pernah menjadi penganjur, tetapi saya selalu join segmen.. diharap saudara mengerti penerangan saya ini..

Seru ya pesta rakyatnya, itu kepala ma darah kerbau dibuang ke laut, apa lautnya gk tercemar ya...???

wuiih, rame bgt ya sob? biasanya byk turis2 asing yg ikutan nonton ya sob?

Baru tau saya,pasti nya seru banget!Indonesia memang kaya akan budaya

Event ini adat budaya masyarakat pinggiran pantai tapi apapun
aktivitas atau maraknya pesta yang penting aqidah agama harus
Di jaga dan jangan di langgar karena itu pondasi umat untuk ke
Arah jalan yang di Ridhoi Allah SWT

Terima kasih penjelasan pertanyaan saya di entry Mbak Mizz
Wah sudah repot-repot bahas disini tapi terima kasih penuturan
Dan peneranganya Mbak Mizz terima kasih yang tak terhingga

Sangat meriah Mbak Muya yah itu puncaknya ritual ruatan laut

Selamat pagi jelang siang juga Mas Marnes memang sangat
Meriahnya Mas. Dan kalau menurut pandangan Agam Islam
Atau menurut Aqidah dalam agam Islam saya kembalikan
Kepada masyarakat sekitar pantai atau team sukses dan lembaga
Bidang Kelautan ini mungkin tradisi ini dulu kalanya masih erat
Dengan aga budha yang identik dengan sesaji, tapi dalm ISLAM
Itu ada yang pakai dan juga tidak ada yang pakai tergntung dari
Mana aliran ISLAM nya itu karena Agam Islam sangat banyak
Golongan dan aliran hingga penilaian tonggak warisan budaya
Nenek Moyang pendapat nya Pro dan Kontra tapi saya mah
Gak pusing dengan hal begituan Mas yang penting Happy
Blogging enjoy saling berbagi terima kasih atas masukanya :)

Wah kalau urusan itu saya kurang paham tuh Mas Yobert hh

Yuffs bener Sobat P60 Ada juga Mr Turis nya tapi gak kaya di Bali

Lho koq baru tau Mas Agus ini sudah memasyarakat lho
Memang Indonesia kaya akan tradisi dan adat budaya
Walau keberadaanya sekarang sedikit berangsur menghilang
Di makan abarasi Zaman dan jadi konflik dengan agama

Mas Cak Madi sama dong saya kalau tinggal di subang
kecuali kalau saya tinggal di jawa tengah baru punya

Bener Mas Andes saya pun sajatinya belum pernah lihat
Langsung ritual buang kepala kerbaunya, saya mah hanya
Lihat pestanya aja sambil lihat yang cantik-cantik hhhh

Mas Anthonie biarin aja suruh ngelawan buaya tuh ahhaha

Keliat seru ya mas acaranya
wah mas saud orang subang ya..
Bisa nitip buah nanas dari sono nih kapan2...

Pestanya memang meriah Mas Anthonie
Sayang saya cari Mas gak ketemu yah? hhh

Betul Mas Inex sangat meriah euy.. makasih sudah berkunjung

Tenang mas..kapan2 bakal di undang

Betul Mas Budi saya Asli jowo cuma tinggal nang Subang
Boleh Mas Berbagai jenis nanas di Subang banyak sekali

cukup menarik juga kang tempat wisatanya ... tradisi yang unik tapi seremm hehe

wah nggak berani kalau saya harus megang buaya. Gigitannya mampu meremukkan tulang.

selamat siang kang karrys...wah keren sekali kang foto2nya. akang ikutan naek perahu ?? saya mah gkuat euy suka mabok kalau naik perahu tuh...
pertama saya kira foto yang kedua itu pertempuran bajak laut yg berdarah-darah loh kang

Siang juga Kang WS yah Kang setiap Nadran saya lihat kalau
Gak lagi sibuk dan kebetulan tahun ini saya bisa lihat hahahah
Itu foto Ritual Nadranya Kang WS

Disini juga ada mas di Sul Sel, orang biasa menyebutnya dengan istilah maccera tasi'
Kegiatan ini biasa dilakukan sebagai ungkapan syukur atas hasil laut para nelayan selama setahun

wah asyik banget bisa pesta di laut. Naik perahu gratis, dapat makan gratis, dan jalan-jalan gratis dalam rangka syukuran di laut. Kebetulan tempat saya jauh dari laut, sehingga belum pernah ikutan pesta nandran :)

Yah Kang Ruly sangat menarik emang agak seram yah
Tapi siang koq Kang acaranya juga jadi biasa aja

Yah Mbak Rin serba gratis cuma kalau maujajan beli sendiri
Ya udah Mbak Rin tahun depan kalau mau lihat kemari saja

Berarti sama yah Mas Syafar di Subang sama di Sul sel
Oke deh salam sejahtera buat Masyarakat sulewesi selatan

Wah apa lagi saya Mas WM Boro-boro megang liatnya ja takut

acara ini semacam petik laut gtu ya mas?? hehe

Bener Mas A Wahyu semacam itu cuma beda nama saja

Betul sekali mas kita kembalikan ke pribadi dan keyakinan masing-masing aja...soalnya kalo ngomongin masalah budaya dan agama terkadang suka terjadi kontroversi...dan bagi saya pribadi, selama itu tidak menyimpang dan ada manfaatnya sah-sah saja tapi kalo hal tersebut sudah bertentangan dengan syariat Islam, walaupun itu merupakan peninggalan nenek moyang sekali pun kalo bisa kita gak usah ikut-ikutan...

Wahhhh Kayaknya Rame bangett Yah pak acaranya saya Jadi Kepengen Nonton Secara Langsung Nihh hehe dan kayaknya seru tuh kalo misalkan Ikut tangtangan pegang Buaya haha pasti Seru tuh :D

subang ternyata ada pesta laut juga ya mas, keren ^^
di daerah saya juga ada pesta laut segoro kidul di pantai ngliyep, hmmm ^_^

pesta nandran blanakan ini gayanya persis labuhan di pantai ngliyep di daerah saya mas, buang masakan daging kerbau ke laut, hehehe :)

selamat malam kang karrys...berkunjung lagi ni tengah malam hehe, selamat beristirahat kang

Rame sangat Mas Ainnul coba aja Mas Kalu berani pegang gigi buaya

Malam juga Kang WS wah belum tidur nih Akang? oke deh
selamat istirahat juga yah Kang....

Ada Mbak di Subang Pesta laut masih di peringati saben taunya
Wah kalau di Pantai selatan lebih asyik kaya nya Mbak Indri..?

Yang menang bisa menginap semalam plus wifi di kandang buaya :)

Met siang mas Saud..met liburan bersama keluarfa tercinta di rumah ya :)

Wih pesta di subang nih :) bapak saya lahirnya juga di subang loh :D, cuma setelah menikah menjadi orang tasik ^_^

Sama jadi pingin lihat nih :D kalau bisa mas saud dengan videonya :D

Wah seru ya mas pestanya, jadi pengen liat langsung hehehe, terimakasih mas infonya

Maaf Terburu-buru Nice share!

wah pasti rame dan seru ya mas.. hmm saya pengen banget main ke pantai.. seumur2 belum pernah main dipantai hehe

liburan kok di rumah to masbud.. ke pantai dog hehehe

Meriah dan Unik 2 X Akh biar terasa hhh betul Mas Arie
Meriah sangat pesta itu walau sedikit ada insiden tapi
Saya mah happy aja. silahkan Mas dJambi juga saya punya
Saudara Nama nya Arfan tinggal di Muara bulian kenal gak Mas?

Mas Budi lagi semanget yo Sampean, dapat 2 point sekaligus hh

Tepat dan akurat sekali Penuturan dari Mas Marnes ini
Terima kasih Yah Mas atas kata Motivasi yang sangat
Bijaksana sekali salam hormat selalu happy blogging

Betul Mas Nady Sangat meriah dan wuuih Mantap pengunjungnya
Silahkan kemari saja Mas pengen lihat Pantai mah indah Lhoo?

Buru-buru amat Mas R I Kebelet yah? hhh Rilex aja nikmati yg ada

Wah yang bener Mas Luthfi..? berarti Mas Luthfi Teureuh ti
Subang juga Dong? ya sudah berarti kta sama2 orang Subang

Betul Mas Wahid seru sekali pesta nya silahkan Mas datang aja

Adat budaya leluhur di daerah Subang yang tetap lestari sampai sekarang. Acara ritual tersebut tentu menarik para wisatawan lokal dan mancanegara untuk menyaksikannya. Roda perekonomian daerah ikut berputar lebih cepat dan meningkatkan pendapatan masyarakat yang bergerak di sektor riil. Keramaian yang dinanti-nantikan setiap tahunnya oleh masyarakat sekitar. Selamat dan sukses Pesta Nandran Blanakan Subang 2013. Salam cemerlang!

Maskasih Mas atas pendapat dan kunjungan yang berharga ini :-bd

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger