Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Cara Membersihkan Hardisk Komputer Tanpa Software

Cara Membersihkan Hardisk Komputer Tanpa Software

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sukses buat sobat blogging semua. Pada kesempatan ini saya akan sedikit mengulas tentang komputer yang selama ini saya pergunakan sebagai alat tempur di dunia maya. Pada awalnya saya pun tidak paham dengan trik ini. Namun berkat seringnya bergaul dengan mastah dan master komputer, Sehingga saya yang belajar secara otodidak pada komputer berangsur sedikit memahaminya. Naah pada artikel ini sedikit saya akan berbagi dengan anda. Cara menghapus atau membersihkan sampah atau file yang tidak terpakai pada pada PC atau laptop anda. Tentu dengan trik ini saya tidak menggunakan pihak ke tiga (Software), Melainkan menghapus secara manual dengan cara dan langkah yang akan saya share pada post kali ini.

Cara Membersihkan Hardisk Komputer Tanpa Software

Baca juga artikel lainya :  Semua Label Komputer

Sekilas Komputer :

File yang tidak terpakai pada hardisk saat komputer terinstall driver windows. Tanpa kita sadari sampah komputer yang menumpuk dapat menghambat system kinerja komputer, apalagi jika komputer kita sering di gunakan untuk internet maka sampah dan history atau file yang menumpuk tidak terpakai akan lebih cepat sekali mengumpulnya dan membuat hardisk komputer cepat subur dan membengkak. Sampah komputer dapat terdiri dari berbagai jenis file temporary atau file lainya belum lagi jika terjangkit file misteri lainya saat komputer buat online internet. sementara yang digunakan dalam instalasi, ekstraksi file, prefetch, log, cache browser atau bahkan file yang sengaja dibuang dan masuk Recycle Bin.

Tindakan dan upaya untuk menghapus file sampah seperti yang saya uraikan diatas itu sebenarnya banyak sekali caranya misalkan : menggunakan perangkat lunak software utility yang menawarkan dalam berbagai fitur. Akan tetapi jika kita dapat menghapus/membersihkan sampah komputer tanpa software, kenapa kita tidak berusaha mencobanya? Trik ini cukup aman dan tidak akan mengganggu performa komputer, malah meningkatkan kinerja system komputer yang cukup signifikan karena hardisk bersih dari file yang sudah tidak berguna lagi. Tanpa ada resiko masalah dari software utility atau softaware pembersih lainya yang terkadang keberadaanya belum full alias masih trial.
01. Menghapus Temporary File Secara Manual :
Baiklah kita mulai point pertama pada artikel yang saya bagikan ini. Temporary file yang saya ketahui adalah sebuah nama file yang sementara di simpan saat driver windows terinstall di komputer anda. Karena sebelumnya digunakan untuk instalasi program, extract rar zip 7z atau file archiver lainnya. Jika kita membuka file rar atau zip secara langsung maka file tersebut akan diekstrak secara otomatis pada folder temp windows. Sedangkan Windows secara default tidak menghapus file-file ini maka lama kelamaan file ini akan berangsur membengkak dan menyita bits space hardisk pc/laptop anda. Naaah.. Jika anda ingin menghapus/membersihkan file yang tak di pakai seperti yang saya terangkan diatas. Anda bisa menghapusnya secara manual. Di bawah ini cara menghapusnya :

Cara Menggunakanya :

Cara ini berlaku buat semua jenis windows. Caranya juga cukup mudah menghapus file temp yang tidak perlu itu, cukup jalankan Run atau klik icon windows/star atau tekan tombol Win + R ketik manual : %temp% Kemudian folder temp pada windows anda akan otomatis terbuka, setelah itu tinggal hapus semua file yang ada di sana secara manual pula. Jika ada sebagian file yang tidak mau terhapus maka abaikan saja atau biarkan saja, kemungkinan besart file tersebut masih terpakai oleh system Windows yang anda gunakan itu. Jangan lupa hapus juga file pada Recycle Bin secara manual.
02. Menghapus Prefetch windows cara Manual :
Point ke dua ini cara menghapus folder Prefetch. Sedikit penjelasan Prefetch adalah folder sama seperti temporary file atau temp sampah windows yang tidak di butuhkan oleh system windows, hanya saja sifatnya prefetch digunakan untuk fetching file yang sering diakses windows. Untuk menghapus prefetch ini caranya sama saja, Sepeti cara pada point 01. di atas. Cuma beda perintahnya saja pada Run windows nya.

Cara menghapus Folder Prefetch :
Klik jalankan Run atau klik icon windows/star atau tekan tombol Win + R ketik manual : Prefetch  Setelah klik search Run. Maka secara otomatic folder Prefetch akan muncul. Selanjutnya buka foldernya, Anda tinggal hapus semua file yang ada di folder prefetch secara manual. Dan jangan lupa hapus juga pada Recycle Bin. Tetapi jika di folder Prefetch tidak ada file sampah nya abaikan saja. Berarti folder Prefetch windows anda masih bersih dari sampah dan file yang tak dibutuhkan itu.

03. Scripts Penghapus Sampah PC Otomatis :
Nah pada point yang ke tiga ini, masih dalam upaya membersihkan sampah atau file yang tidak di butuhkan pada windows komputer anda. Pada trik point satu dan point ke dua itu tindakamn secara manual tanpa software. Pada point yang ke 3 ini saya akan share cara menghapus, Temporary file temp, atau file folder Prefetch, secara otomatis menggunkan bantuan scripts yang sudah saya siapkan untuk saya share buat anda semua, dengan catatan bagi yang bekenan dan membutuhkan.

Scripts pembersih Hardisk otomatis :

del /f /s /q %systemdrive%\*.tmp
del /f /s /q %systemdrive%\*._mp
del /f /s /q %systemdrive%\*.gid
del /f /s /q %systemdrive%\*.chk
del /f /s /q %systemdrive%\*.old
del /f /s /q %systemdrive%\recycled\*.*
del /f /s /q %windir%\*.bak
del /f /s /q %windir%\prefetch\*.*
rd /s /q %windir%\temp & md %windir%\temp
del /f /q %userprofile%\cookies\*.*
del /f /q %userprofile%\recent\*.*
del /f /s /q "%userprofile%\Local Settings\Temporary Internet Files\*.*"
del /f /s /q "%userprofile%\Local Settings\Temp\*.*"
del /f /s /q "%userprofile%\recent\*.*"

Cara Menggunakan Scripts diatas :
Copy kode scripts diatas pada notepad baru. buka notepad dan pastekan file scripts diatas pada notepad baru. Selanjutnya anda rename, atau beri nama notepad baru anda dengan ekstensi atau dengan format contohnya : pembersih-hardisk.bat

Jika ingin instant nya anda tinggal download script pembersih hardisk di bawah ini. Sudah lengkap dengan cara menggunakanya misalkan anda ingin mengghapus pada system windows cukup pastekan file nya pada partisi Local Disk C. Atau jika anda ingin menghapus Local Disk D Atau Local disk E Cukup pastekan scripts pembersih Hardisk pada area Local Disk yang hendak anda bersihkan dalam point ini saya yakin anda pasti paham. Di bawah ini anda bisa download langsung scipts nya berbentuk file rar size : 719 bytes.

Download File :  Scripts Pembersih Hardisk

Demikian yang bisa saya hadirkan dalam kesempatan ini. Besar harapan saya semoga trik sederhana ini bisa bermanfaat buat Anda, dalam membersihkan sampah Hardisk komputer anda. Trik ini bisa menghemat buat komputer yang berektensi Ram atau hardisk kecil. Namun buat komputer yang mempunyai size Ram atau Hardisk cukup besar juga tidak ada salahnya. Mnghemat bytes pada hardisk tidak ada salahnya kan sob?. Mohon maaf jika terdapat kesalahan pada semua isi postingan ini. Jika anda punya solusi lain untuk membersihkan sampah hardisk pc tanpa software. Silahkan share disini untuk menambah pengetahuan dan wawasan saya. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya. SalamBlogging.

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

171 komentar

lho saya cuman ngetest koq dapet pertamax loya.
aneh

kalau cara 1 dan 2 sudah sering bahkan rutin saya lakukan untuk membersihkan sampah komputer mas,tp untuk cara yg ke-3 yg memakai script itu belum pernah saya lakukan.
izin mencobanya yamas

memang kalau kita rutin menghapus file sampah maka kinerja komputer akan menjadi lebih maknyus mas

jangan lupa kalau bersihin file kudu siapin kopi loh

nggak cukup bila hanya menghapus dari folder recyclebin

saya siapin jerigen dulu ahh

Jangan lupa bayar ya Mas?

Silahkan Mas jika berkenan mencobanya. tapi tetep kudu bayar =D

Lalu apa lagi yang mesti saya hapus coba..?

Makanya Mas Yan kalau kemari wajib bawa kopi ya..? :coffe

Mantap ijin simpan ya kang ini sangat berguna buat rekan - rekan yang belum tahu cara membaersihkan hardisk komputer dari file sampah :)

Silahkan Mas Ade, semoga trik sederhana ini bisa bermanfaat :-bd

Hemm lumayan ribet jg mas yah caranya..

Filenya kecil tapi manfaatnya lumayan Kang untuk bersihin hardisk. Terimakasih sharenya ya Kang

ini baca sambil praktek, saya pake cara ke 3. setelah bersih-bersih terasa sedikit enteng nih mas Saud :)

Secara manual memang repot, tapi dijamin bersih..

Ampun kang saud, saya ga faham.. persyaratan komputer yang saya pake, 1. bisa dipake. 2. ada pulsa internetnya. jika ada kerusakan, saya serahin komputernya sama yang berwenang hehe..

bayar. kedengaranya enteng ya..!

PadahaL kenyataanya mah gak koq Teh heheh =D

Gak juga sih Mas kalau di baca step by step mah :mn

Iyah Mas file scripts pembersih hardisk size nya hanya 719 bytes

Silahkan iseng iseng saja membersihkan hardisk pc dengan cara manual.

Lumayan dikit ya Kang, semakindi bersihkan kinerja system windows nya semakin fresh komputernya sambil joged dong Kang :joged

Yah agak repot didkit sih Mas. namun hasilnya maximal dan tak berisiko

Kalau komputernya rusak bawa kesini saja Teh, service full buat Teh Santika mah gratis atuh lah gkgkgk :ng

aman g kang. g kehapus semu nih kang

kng sripnya saya kopi dulu ya. mau saya cobain

ga jadi copy dowload aja ah.

Ya temporary files selalu saya lakukan secara berkala. Wah ternyata masih banyak cara membersihkan Hardisk tanpa software ya. Hiehiehiehiehei JUMAT memang berkah e. Banyak ilmu ilmu bermanfaat yang bisa saya gali di blognya mas Saud nan ganteng ini hiehiehiehiehiehe. Terima kasihhhhhhhhhhhh Muahhhhhhhhhhhhhhhhh

Eaaaaaaaaa ada teteh Santika yang cantik.
Ihiikkkkkkkkk Ihikkkkkkkkkkkkkk

Kalau menghapus dosa caranya dengan banyak sodaqah dan beribadah kali ya

Biar Bersih dicuci dan dibilas sampai bersih

Di jamin aman Mangs dan tidak ada efek samping merusak system pada windows Mangs Aduls..

Nahhhh itu point banget nya ya Pak gkgkgk :D

Biar bersih nya seteril tapi jangan lupa di setrika ya Pak..?

Mangga/silahkan Mangs dengan senang hati, semoga bemanfaat.

Naaah jika ingin instant bisa langsung download Mangs. Sama koq di dalamnya malahan plus petunjuk cara pemakaian scriptnya Mangs. :-bd

Betul ya Pak Asep jika temporary files pada hardisk PC kita tidak di bersihkan secara berkala, lama kelaman files tsb akan subur berkembang sehingg ribuan bytes hardisk akan menumpuk... Sama sama Pak..Saya peluk dulu deh Pak Asepnya hhhhh :ng

Salaman dulu deh Pak sama Teh Santika. saya sudah lhoo.. ya kan Teh..?

efek sampingnya bisa diobatin dengan kopi

tumben kang asep pinter loya

iseng iseng berhadiah gelas

saya siap menservice teteh loh
menservice komputernya maksudnya

Cuma salaman doang koq Mas.

Nahh itu obat mujarabnya.

Gara gara belajar gak mandi 7 hari dari Mas Yan kan..?

Ya Makanya bawa sendiri kopinya

Maaf Mas gak ada berkat/tibleknya ya..?

Seduhin kopi aja buat saya biar semanget mas

Saya bagian apanya coba?

Mantap lahh :D berguna banget nih script nya buat hardisk kesayangan ane hahaha.. lama juga mas tidak berkunjung kemarin hehe

saya takut buat menghapus mas.. belum paham kalau masalah komputer

saya mau minta tolong sama yang di foto aja kang ya.. :)

langsung saya praktekin aja kang triknya.. biar bersih

biasanya saya rendem pake deterjen dulu, alhamdulillah sudah dikasih trik yg bener dari kang saud :)

Oh berarti aplikasi/software clean pembersih sampah komputer pakai script seperti itu ya mas, Tanpa disadari memang saya suka buka file rar yang otomatis akan meninggalkan file temporary sebagai sampah...Harus selalu di hapus secara berkala ya. biar komputernya ngebut :TS

Kalo nggak di praktikan emang keliatan ribet, Tapi kalau udah di pratikan mah gampang, tinggal jalanin perintahnya, Sampah komputerpun akan lenyap

berkunjung sekarang aja mas, jangan kemarin, ntar ketinggalan info lho....

mantab mas karris, jadi tambah lagi ni ilmunya mengenai komputer mas.

caranya mudah juga, kalo aku tipe pemalas, komputer paling di bersihin pake anti virus aja, :D

gkgkgk...
saya nggak ikutan loh beneran

isi amplop juga nggak papa koq mas :D

direndem kan trik jadul tuh

terimakasih ilmunya mastah :)
ijin comot

kalau saya sering pakai aplikasi hihihi
wih pakai script itu saya belum pernah coba kang.
saya sedot ya :p

Sudah terlanjur kecatet

Ya udah nanti tak kasih amplop. tapi jangan nanya isi nya ya?

Nahhh tuh Mas Fazri pahambetul, kerenkan Mas Fazri mah..?

Bayar di muka apa di kaki coba..?

Saya suruh ganti,in posisi sampean gitu..? sorry ye Mas

Aku juga melakukan hal manual seperti yang diatas. Komputer akan lebih yahuut lagi. Kalau yang script aku sama sekali belum pernah mencoba ,karena baru tahu dari artikel ini.

Aman koq Mbak Ana gak bakalan, sembarang menghapus system C:/Windows yang terpakai tinggal ikuti aja perintah yang saya tulis :)

Kalau yang di photo kan khusus ngebersihkan saya Mas Wong..? lah modus iki Mas Wong tak bejake ng Ibune baru nyaho heheh :ng Mas Wong iki senenge yang Jadul2 yo Mas Yan..?

Seperti itu ya Mas Fazri fatnya, yang saya ketahui.. Mas Fazrikoq pahambetul ya sama post yang saya share ini..

Yang manual lumayan bersih walau agak ribet dikit. kalau yang pake scripts otomatis membersihkal hardisk Local per local ya Mas DJ.

Kalau Pake apPlikasi yang keberadaanya sudah fullversiaon sih praktis dan instant ya Mas.tapi kalau yg trial takut ada dampak negfatifnya. trik inigak ada efek samping apapun Mas.

Silahkan Mas Awan. semoga bisa di manfaatkan +top

Jika ada waktu luang alangkah baiknya di bersihkan hardisk nya Mbak Deva sayang dengan file penting di dalamnya. kalau anti virus sebatas scaning dari file2 yang mengandung malware atu virus2 lainya saja.

Silahkan Mas Syaif.. saya juga iseng iseng corat coret yg saya tau aja.

modelnya cantikkan neng Santika mang...kenapa ngga neng Santika sajah atuh yang dijadiin model cara membersihkan hardisk nya atuh?

dan diobati oleh yang sekseh dan bohay tentunya mang

Silahkan Mas Dindin.. Iya nih Mas Din saya sampe di lupain mentang mentang punya yang baru kasihan kan saya..? Naaah tuh bener sekali kata Mas Fazri :-bd

Yang sekseh kaya apa sih modelnya Mang?

sebelas duabelas deh jadinya duapuluh tiga

Teh Santikanya di carigak nemeu2 malahan blognya kemarin saya samperin ilang kolom komentarnya. bingungkan?

yg jelas bukan kayak kang ubi lah

yaudah saya bawa sendiri saya seruput sendiri dan biar adminnya yg bayari

ya begitulah kan beliau memang orang jadul nggak kayak saya yg masih abegeh nih mas :D

corat coret aja udah bermanfaat banget apalagi bila difikirkan dulu

iya kang :) ini saya sudah coba trik menggunakan script tadi :p manteppp.

Tar nunggu Pak Eka dia mah suka joged :joged

Sekarang bayar besok mesti... alias kudu

ooohh ngono yo mas.. berarti aku kali jenengan sami masih abegeh yo mas heheh :D

Ndak tau Mas setelahe post yang ini, apalagi coba bingung :heran

Syukur ya Mas Andrian jika bermanfaat mah +top

mantab nihh kang saud... abah izin download

ajib kang,,dengan begini jadi lebih mudah :),,saya simpan dulu mas :)

Hapus menghapus ini saya perlu
Agar file yang buatku jemu
Bersih bagai ditiup angin lalu

:)

Ko sama rasa
Aku baru tahu caranya

Maaf saya ikut comot-comot

:)

Silahkan Mbak Anisayu :)

Jika di coba mudah mudahan bisa ya Mbak?

Silahkan Bah,, semoga Bermanfaat kamana saja atuh Abah teh..?

Yahh semoga begitu ya Mas Bagus.. silahkan Mas :)

Betul maksudnya begitu
Biar komputer kita gak kelu dan kaku
Dan kita lebih semangat untuk lebih maju.

eh ini sendal sapa ketinggalan?

kalau saya masih tetep dimalang mas :D

memperkenalkan OM karrysta dong mas

saya kira nunggu musim rambutan

halah mas saud berlagak heran nih padahal yg ngajarin

selamat pagi semuanya, maaf pulsa modem lagi aktif lagi :joged

mungkin kolom komentar nya lagi ngumpet dulu pak :D

kalo saya gimana xixixii ... :mn

tumben udah rame, pasti blm pada mandi deh... apa blm pada bangun :ng

biar adil Pak Saud dan Kang Yanto suit aja deh .. :D

hahahahaa, iya Pak, saya kalo kesini suka smile joged, sayangnya di Blog Kang Yanto gak ada wkwkwaaa... eh, blm dipasang gitu .. :joged

Mas Fazri memang keren Pak ... saya icon joged lagi yah :joged

Ternyata mudah sekali ya Pak membersihkan Hardisk komputer atau laptop tanpa menggunakan Software, saya biasanya cukup di clear di recylce bin hehehe...
kapan-kapan mau saya coba ah....

Sapa coba mas yang ngajainya?

Paling nunggu musim jagung di Kendal mas :)

padahal saya sekalian di beliin pulsa atuh wkwkwk..

horeee aku datang lagi..
ada yang mau ngontrak aku jadi model kyknya ya

sayamah ga mau comot-comotan ah

ada baiknya file di Prefetch windows berhati-hati dalam menghapusnya...kalau tidak windows anda akan error dan ada bebapa file penting yang tidak dapat diakses lagi

dan bersama susu tanpa kopi biar lebih sehat mas.

paling sendal eka eksanuddin kalu tuh kang....

langan lupa file Prefetch windows harus berhati-hati kalau mau menghapusnya...bahaya gan. windows bisa error.

coret2 iseng aja udah bagus begini...apalagi yang terkonsep....

Nahh betul ya Teh, stelah Teh Santika sekalian, juga isi paket saya Pak biar lancar jogede :joged

Saya minat sih Teh.. tapai saya takut Tetehnya Nolak :cr

Kaya nya masih meragukan Pak Eka mah gkkk

Kaya nya sih kedua nya Pak. kalau saya sudah mandi dan sudah dandan lho Pak.. suerr :joged

Oke siapa takut.. iiit suiitt saya yang yang menanng kan Pak..? Mas Yan kalahkan..?

Ujung nya gak ada U u nya ah Mbah mah.. hehheh :D

Sekaranng saya tinggale di Subang lho Mas..?

Betul ya Mbah jika menghapus manual File di dalam folder Prefetch windows harus hati hati. Tapi jika mennggunakan scripts yang saya share diatas di jamin aman sentosa. Karena. file yg masih di pakai windows yg terinstall tidak akan terhapus, tanda kutip kecuali yang tak terpakai. makasih masukanya Mbah :-bd

Kalau menghapus recylce bin itu mah bisa menghapus, file temporary dan file di folder Prefetch windows Pak. nah trik ini lumayan membuat file sampah di hardisk pc jadi bersih seteril sambil joged ya Pak :joged

Kalau ini kupluk sapa ya ko ada di teras saya...?

Buat Teteh mah saya sudah siapin special pake telor deh

Apa perlu ya Mas..? iya Mbah hanya bisa yang asal asalan yang terkonsep mah bingung ngambil source nya.. :)

kalo aku siiih... urusan bersihin dalamannya laptop yaa biar adikku yang menangani. aku tinggal terima jadi deh, hehehe

mas, komennya banyak amat, rame beneeerr

Pakai program disk cleaner gitu emang gak bisa yah Pak. Saya biasanya pakai program langsung.

wah, yg ini sih setiap hari saya lakukan mas, biar komputernya gak lemot... terbukti kok

jangan ngomongin masalah kupluk, bisa kualat. heeee

membersihkan hardisk itu kadang gampang namun perlu juga berhati-hati mas. takut kehapus regestry yang masih kepakai dan akhirnya windows bisa kacau....tapi script di atas kayaknya aman dan mudah digunakan.

kan ini pasarnya blogger mbak...makanya ramai. hihihiihhhh.....
piss yooo pissss

nah kalau itu mempermudah dan biasanya langsung bersih, namun untuk pembersihan sampai keakarnya harus dilakukan cara manual juga gan...

Kaya mbah dinan sekarang pertamaxnya di ganti dengan petralite mas yanto!

Makasih ya gan, jadi tahu nih, sy juga punya komp yang sok ngadat gitu.

main coba ajha, bayar dulu kang yanto :)

ehh ada mbak Defa si gadis berkerudung merah
hehehe....!!!!

tapi jangan pernah men-scan nama kang saud dari hati mbak yaa :)

saya masih tetep tinggal di rumah loh kang :)

kalau mau ada u u nya harusnya mbah dinan :
Dan bersama susu tanpa kopi biar lebih sehat mas 'u' :-)

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger