Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Berbahasa yang baik benar dan baku

Berbahasa yang baik benar dan baku

Sampai sekarang saya masih belajar dan berusaha belajar berbahasa yang baik benar dan baku, menurut bahasa yang saya ucapkan. Menyikapi masalah berbahasa terkadang saya minder kalau pas sharing atau bericara dengan teman yang bahasanya saya kurang memahaminya. Terutama teman yang berbahasa luar karena di kampung saya mayoritas berbahasa Jawa, karena saya asli kelahiran Ganda Suli Brebes-Jawa Tengah. Cuma tinggal di Kota Subang Jawa Barat ngikut di Kota Istri saya, wah jadi curhat,, Dari sekian teman sangat berbeda beda suku dan bahasanya, awalnya saya tidak bisa beradaptasi dengan bahasa yang saya temui sehari harinya, Karena teman offline di tambah lagi teman online sangat banyak sekali suku bahasanya, Dari bahasa sunda, jawa, Indonesia, dan bahasa lainya. Seiring berjalanya waktu saya berusaha memahami beberapa Bahasa, Alhamdulilah sedikit banyaknya saya agak di mengerti, Namun pada bahasa Sunda saya masih kesulitan untuk berbahasa yang baik istilah orang Bandung mah sunda anu lemes/leuleus.
Corat Coret

Baca juga artikel lainya :  Manfaat segarnya Buah Anggur

Bahasa Indonesia :

Untuk berbahasa yang umum kebanyakan di Indonesia sudah pasti mayoritas menggunakan bahasa Indonesia. Karena bahasa Indonesia bahasa yang personal di negeri tercinta ini, namun beda pada Negeri luar sana mungkin kebanyakan bahasa yang di pergunakan bahasa Inggris, berarti bahasa Inggris bisa di bilang bahasa dunia yah,,? Tapi sebagai warga Negara Indonesia yang baik tidak ada salahnya kita selalu menggunakan bahasa dalam negeri yang baik dan benar, Untuk salaing bertutur sapa, karena dari kata dan ucaplah tingkat kesantunan seseorang yang akan nampak pertama. Lha ya Iya coba saja misalkan kita baru kenal lantas tutur sapa kita sedikit arogan atau kurang santun so pasti persepsi teman akan menilai nih orang agak tinggi cc nya yah,... hhh
Asal urun rembug basa Indonesia :
Ing udhar 28 Oktober 1928 riyen kala, ngrupikaken udhar bersejarah kunjuk basa Indonesia ingkang kala punika diresmikan dados basa nagari uga dados basa palih setunggalan saking semanten atus basa daerah. nanging kados napa ingkang kanaman basa Indonesia punika. tiyang nepangipun basa Indonesia dados Melayu ingkang dimodifikasi, lajeng dicampur kaliyan basa etnis ugi serapan saking macem-macem daerah uga saking basa asing, lajeng dipunbakenaken. lajeng saking manakah asal-urun rembug basa Melayu punika. napa basa punika namung dipunsanjangaken dening etnis Melayu ket berabad taun ingkang lajeng. Salerese basa etnis Melayu piyambak namung sakunjukan alit kamawon saking atusan etnis ing nusantara.

Asal usul bahasa Indonesia :  
Pada tanggal 28 Oktober 1928 dulu saat, merupakan tanggal bersejarah dipakai bahasa Indonesia yang saat itu diresmikan jadi bahasa negara dan jadi bahasa bagi dua satuan dari sekian ratus bahasa daerah. tapi seperti apakah yang dinamakan bahasa Indonesia itu. orang mengenalnya bahasa Indonesia jadi Melayu yang dimodifikasi, lanjut dicampur dengan bahasa etnis juga masukan dari berbagai daerah dan dari bahasa asing, lanjut dibakukan. lanjut dari manakah asal-urun rembug bahasa Melayu itu. apakah bahasa itu hanya dipetuahkan oleh etnis Melayu sejak berabad tahun yang lanjut. Salerese bahasa etnis Melayu sendiri hanya sedipakaian kecil saja dari ratusan etnis di nusantara.

Basa Melayu kasumarepan dados akar saking lingua franca Indonesia. Sutan Takdir Alisjahbana, lebet bukunya Sedjarah basa Indonesia, ngleraken basa Melayu nggadhahi kekiyatan konjuk merangkul kewigaten sareng dadosipun konjuk kunjuk ing Nusantara. miturut Alisjahbana, dhawahanipun ugi wiyar amargi basa Melayu dipungesangi dening para panyeganten pengembara uga saudagar ingkang murug datheng pundi-pundi. basa punika yaiku basa hubungan ingkang berabad-abad tuwuh ing kalangan para wargi Asia kidul, seratipun. Faktor benten, basa Melayu yaiku basa ingkang gampil dipunpelajari. ing era pemeritahan Walandi ing Hindia, basa Melayu dipunginakaken dados basa resmi kaping kalih lebet korespondensi kaliyan tiyang lokal. Persaingan antawis basa Melayu uga basa Walandi pun tambah ketat. Gubernur Jenderal Roshussen ngurun.

Bahasa Melayu diketahui sebagai akar dari lingua franca Indonesia. Sutan Takdir Alisjahbana, dalam bukunya Sedjarah Bahasa Indonesia, mengutarakan bahasa Melayu memiliki kekuatan untuk merangkul kepentingan bersama sehingga untuk dipakai di Nusantara. Menurut Alisjahbana, persebarannya juga luas karena bahasa Melayu dihidupi oleh para pelaut pengembara dan saudagar yang merantau ke mana-mana. "Bahasa itu adalah bahasa perhubungan yang berabad-abad tumbuh di kalangan penduduk Asia Selatan,"tulisnya. Faktor lain, bahasa Melayu adalah bahasa yang mudah dipelajari. Pada era pemeritahan Belanda di Hindia, bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa resmi kedua dalam korespondensi dengan orang lokal . Persaingan antara bahasa Melayu dan bahasa Belanda pun semakin ketat. Gubernur Jenderal Roshussen mengusulkan bahasa melayu dijadikan sebagai bahasa pengantar di sekolah-sekolah rakyat.
Tembung ugi pangucap saking Kulo :
Mung ngantos dipunmriki rumiyen pangrembagan tentang berbahasa ingkang sae. menawi taksih kathah ingkang kirang utawi klintu mohon apunten ingkang seagunge, amargi panyerat ugi taksih gegulang ugi ngupados kagem gegulang berbahasa ingkang sae ugi baken ndherek suku bahasa ingkang teng rembagipun. matur sembah nuwun inggil partisipasi ugi kunjungan panjenengan sedaya. mugi-mugi punapa ingkang kawula dhateng aken wonten kesempatan menika saged wonten ginanipun kagem sami ngagem ugi sami bersilaturrahmi ndherekne blogging,.. Salam sejahtera ....

Kata dan ucapan dari saya :
Hanya sampai disini dulu pembahasan tentang berbahasa yang baik. Jika masih banyak yang kurang atau salah mohon maaf yang seagungnya, Karena penulis juga masih belajar dan berusaha untuk belajar berbahasa yang baik dan baku menurut suku bahasa yang di bahasnya. Terima kasih atas partisipasi dan kunjungan anda semua. semoga apa yang saya hadirkan pada kesempatan ini bisa ada manfaatnya untuk saling berbagi dan saling bersilaturrahmia antar blogginga,.. Salam sejahtera ....

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

62 komentar

Wah mantab nih Akang yang satu ini, bisa bermacam - macam bahasa jadinya... kalau saya meskipun ditempat kerja sama orang Jawa juga tetep gak ngerti kang...

Kalau mau bahasa sunda yang halus tinggal beli ayakan atau penyaringan anu kerep atuh kang... Ups, emangnya mau ngayak tepung heheheeh.

wah sob bs menguasai bnyk gaya bhasa pastina suka berkelana yak :-)

saya justru cuma bisa pake bahasa jawa aja mas, kasar lagi, maklumlah orang pesisir. hehee hebat deh mas Saud..

Saya mah cuma bisa bahasa sunda (kasar) sama bahasa indonesia aja mas, meskipun istri orang jawa tapi saya belum bisa ngomong jawa mas, cuma ngerti dikit-dikit doang, kadang suka bingung juga pas anak saya lagi ngomong sama istri pake bahasa jawa hehehe...

yang sedih lagi kalo lagi ikut kerja bakti dikampung istri, semua orang menggunakan bahasa jawa, giliran pada ketawa saya ikut aja ketawa sambil celingak celinguk gak ngerti apa-apa hehehe...

hidup bahsa indonesia ..... ups /.....!!!! :D

saya sering mengunakan bahasa indonesia tapi masih banyak bakunya. hahaha

Mau koment dengan bahasa sunda, takut salah, mau koment pake bahasa jawa yo wedi nak kliru, jadi bingung, he he,,,,ahhh, yang penting hadir, hi hi!

Aku ngga pernah pakek bahasa baku kecuali di skripsi. Hahah.. :D

we padek mas , tapi aku ndo ngerti baso jawa dengan melayu mas...
indonesia : wah bagus mas, tapi saya tidak bisa bahasa jawa dengan bahasa melayu mas =D

Saya orang Jawa Mang, namun bahasa jawa saya kasar apalagi
Pas berkomonikasi pake bahasa sunda haduh ampun da hesena
Tetap dalam berbahasa yang baik saya masih belajar Mang Yono :-bd

waduh dalem pon kladuk mboten saged eh kangelan ding kangge nerapne bahasa indonesia ingkang sae lan leres.

klo pas ngobrol enaknya pakai bahasa santai aja mas,dan klo dalam kondisi formal memang baiknya menggunakan bahasa yg baku.. lebih pas :)

Wah Akang Sopyan biasa aja Kang, nuju diajar ini juga Kang
Kalau suka berkelana emang bener Kang da abi mah tukang ngamen hh

Saya juga keseharian bahasa Jawa Mas Budi. dan saya juga tinggal
Di Pesisir laut Pantai Utara (Pantura Subang Jabar) saya pun belum
Menguasai bahasa untuk berbicara yang halus :)

Hidup juga Indonesia ku, ya Mas Fiu

Pengalaman Mas Marnes agak sedikit sama kaya dulu saya
Waktu Nikah masih baru dan tinggal sama Mertua di daerah
Pagaden Subang Jabar. hanya bisa mlogo aja hhhh =D

Wah kalau banyak menggunakan Bahasa Indosia yang Baku
Berarti Mas Albarnation termasuk orang pandai dong (keren)

Bebas komen pakai bahasa apa saja Kang Sun, kalau saya ngerti
Pasti tak balesi, tapi klw saya Ndak ngerti yo amit mawon njih.. :)

Gak apa apa Mbak Beb, untuk komentar enakan pake bahasa
Asalan juga, yang penting baik walaupun ndak baku juga :)

Saya juga baru belajar Mas.. barangkali jika mau berusahabelajar
Suatu saat kita bisa menggunakan bahasa yang baik dan baku
Pada saat yang formal dan di butuhkan.. :-bd

Nah kalau Bapak Guru yang satu ini, biasa deh merendah hhhh =D
Wah kalau urusan kosah kata dan bahasa saya Ndak ragukan lagi
Lha wong saya juga belajar dari Sampean toh Pak Uda. betulkan..? :)

Rupine Kang Mas Mus Djono sae njih bebasae, lhaa kulo yo
Sami Mas Kulo sami menawi taksih kathah ingkang kirang kangge
Bebasa Indonesia ingkang sae,, :heran

Memang enakan seperti itu Sob,? kalau lagi kumpul sama teman
Enakan bahasa biasa aja/alay nah pas lagi saat yang penting
Dan suasana, yang serius dan formal, alangkah baiknya gunakan
bahasa yang baik dan baku. :yes

ikut nyimak mas, maaf kalo ada kesalahan.. sebab bhs akumah suka campur, suka terbawa masuk tulisan, logat ini teh nempel sekali.. maaf yaa hehe

sepakat dengan artikel diatas, jadi dengan bahasa yang baku, kita bisa dengan mudah menangkap informasi yang disampaikan lewat tulisan ya mas ;)

selamat malam kang...iya kang...kadang orang sundanya sendiri juga susah untuk menerapkan bahasa sunda yang benar, undak usuk basanya suka ditabrak saja...seperti saya gitu hehe

Silahkan Bu dengan senang hati,, setiap manusia pasti punya kesalahan
Sebetulnya saya juga seperti itu lho Bu? yah hanya saat" tertentu saja
Belajar mengunakan Bahasa yang baku nya. sama-sama :)

Tujuanya sih begitu Mbak Rin,, Namun sampai sekarang ini saya
Juga mersa belum sempurna belajar bahasa yang baik dan baku :TS

Malam juga kang, ohh begitu ya kang wahh apalagi saya
Orang jawa yang lidahnya kaku kalau berbahasa sunda :mn

sekarang bahasa gaul dan alay yg lagi ngetop kayaknya mas
mesti dibasakan sehari2 berbahasa yg baik dan benar, sebagai identitas bangsa...trimkasih
salam kenal mas

Jika bahasa Indonesia itu dituangkan dalam tulisan maka pergunakanlah EYD (Ejaan yang Disempurnakan)

Berbahasa Indonesia yang baik dan benar adalah kewajiban dan juga Hak bagi semua warga negara Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa kebanggaan kita semuanya. Dengan Bahasa Indonesia juga kita lebih dikenal dunia karena kita bangga dengan citra jati diri (true color). Kini bahasa Indonesia sudah mulai banyak digemari oleh dunia internasional. Banyak mahasiswa asing mempelajar bahasa Indonesia

mas mau tanya itu cara buat menu HOme ada icon rumah, terus berita ada icon toa itu gemana cara buatnya

Indonesia memang kaya bahasa, tapi jangan sampe karena adanya perbedaan bahasa trs menimbulkan kekeliruan trs ribut trs saling adu jotos trs bermusuhan satu sama lain trs...

trs trs, emangnya tukang parkir, hehe.... :D

tp menurut saya bahasa sunda itu rumitnya sama aja kyk bahasa inggris sob... bentuk kata dan pengucapannya suka berubah2.. tergantung keadaan. betul gak sob?

wah itu bahasa jawa ya kang, untung ada translation-nya :D ..jadi paham kang

Sip Pak Asep makasih atas masukan dan pencerahanya *salam :-bd

Lebih tepatnya seperti itu yah Kang Heri..? makasih masukanya Kang

kulo inggih tasih katah klentune mas menawi ngendiko boso kromo inggil, sak barakan kulo mergane ngagem boso ngoko menawi ngendikan :)
translate :
saya juga masih banyak salahnya kalau bicara pakai bahasa jawa kromo inggil (kromo inggil adalah bahasa jawa tingkat terakhir atau yang ketiga. Atau yang biasa dipakai orang-orang keraton).
sepantaran saya soalnya kalau bicara pakai bahasa ngoko (kasar) :)

saya juga masih belum bisa kang soalnya lidahnya udah mentok dibahasa jawa :)

kalau saya sendiri masih pengen belajar sunda atuh kang :)
soalnya adik saya yang cewek kalau lagi marah, bicaranya pakai bahasa sunda (soaknya dari kecil adik di subang).
Jadinya cuma bisa plonga-plongo wae kang :)

Bahasa gaul/Alay emang lagi boming yah Sobat @Unsyarifa
Tapi Berbahasa yg baik dan baku hanya di pergunakan jika
Pada saat yang formal saja. Salam kenal juga Sob :RW

Njih sami Mas salerese kulo niki sami dateng panjenengan,
mung yo belajar saja saya ndak ada salahnya belajar jawi kromo inggil
Siapa tahu kapan kapan ada gunaya makasih masukanya Mas :)

Pakai script font awesome Mas, saya belum pernah
Posting sih tutorialnya, kalau mau kapn2 di posts

Sependapat saya sama Mas Penghuni 60. sip setujuuuu
Betul Mas Bahasa Sund dan Inggris sampe sekarang saya
Kurang paham dan masih kesulitan, :mn

Yah Kang belajar saja saya yah di google sekarang bahasa
Apa saja ada tapi bahasa Sunda ada gak ya Kang.. :D

Silahkan Kang, perlu atuh belajar mah lhaa saya juga lagi belajar
Basa Sunda nih, Wah Adik Akang tinggal di Subang sama kaya saya

Wah kalau sundah mentok agak susah dong Mas,, hhh =D
Jangan putus asa berjuang terus dan belajar kaya saya Mas

yupz betul banget kang :)

ya kang, harus semangat 45 :)

ya kang, biar kata agak susah, tapi harus tetep belajar.
ya kang, adik saya juga di Subang :)

maaf kang keluar dari topic, kalo boleh tau : nama templatenya apa soalnya saya mau ganti :)

Wah subang nya dimana nya Kang, kenging uning abi Kang?

Oke sipp setuju saya Support 200% deh :ng

Silahkan Kang, Kalau Template yang saya pakai "Kompi Males"
Created dari Kang Adhy, Cuman saya edit style menurut selera
Saya Kang. jika mau silahkan kunjungi blognya Kang Adhy S. :mn

sangat setuju saya kang, dengan berbahasa yang baik, baku, serta santun, kita dapat dengan mudah mendapat informasi dan wawasan, tutur bahasa yang santun juga dapat menjadi temeng keselamatan bagi diri kita.
kalau kata pepatah cina bilang: slameteng awak kegowo soko omongan :D

hatur nuhun kang atas jawabannya :)

kalo itu abdi teu ngerti kang :)
saya taunya subang aja :(

wah beb kamu ini nggak di deary beby nggak di sini pasti komentnya bikin ketawa aja,,,hihi

jujur kang kalau bahasa sunda tahu saya cuman neng gelis gitu aja...hihi...bener nggak kang neng gelis itu bahasa sunda :D

saya juga ingin belajar bahasa suda nih mas saud,soalnya teman blogger banyak yang dari suku sunda.saya cuman tau bahasa jawa sama madura doang

perlu dibiasakan ini,krn tdk mudah memakai bahasa baku..

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger