Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Sepedah Onthel Peninggalan Ayah Tercinta


Sepedah Onthel Peninggalan Ayah Tercinta

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
SejarahKendaraan tanpa mesin ini biasa di sebut Sepedah Onthel sebagian Masyarakat di pulau Jawa ada juga yang menyebut namanya Pit atau Sapedah dalam bahasa sunda. Tapi yang lebih umum mah nyebut nya teh Sepedah onthel atau sepedah goes. Jaman tempo doeloe kata Bapak saya kendaraan itu sangat popular sekali keberadaanya. Kenapa begitu ..? Jaman dulu tidak semua masyrakat memilikinya karena untuk membeli sepedah onthel itu memerlukan rupiah yang tidak sedikit walau pada jaman itu masih serba murah namun. Ekonomi sangat prihatin dan sangat mengenaskan saya dengar ceritanya saja. Bapak saya saja untuk membeli sepedah onthel yang baru harus nabung dulu selama beberapa bulan. saking susahnya mencari nafkah saat itu lagian pada masa itu Indonesia belum merdeka kata Bapak Saya. Baca juga artikel sebelumnya lantunan :  Tembang Kenangan Pelipur Lara.  Tetapi sekarang Bapak saya sudah Almarhum. Lahir 1930 dan meninggal dunia Tahun 2005 yang silam. Dan peninggalan dari Bapak saya yang membuat saya sedih jika menatapnya yaitu Sepedah Onthel itu. Sepedah itu sangat di sayang dulunya oleh Bapak saya, terkadang saya suka nangis dan tersenyum jika inget Ayah tersenyum. dna jika Inget Ayah saat meninggal berderai air mata tak terasa. Tapi saya masih sehat lho gak Kornslet lah.. hehhe.

Baca juga History lainya :   Tentang Sejarah

Sepedah Goes :

Peninggalan orang tua jaman dulu walaupun harganya tak seberapa jika di bandingkan dengan rupiah jaman sekarang. Tetapi justru harga sejarahnya itu, yang tak bisa di beli dengan bentuk apapun termasuk rupiah. Seperti yang masih saya rawat dan saya jaga di mesiumkan yaitu sepedah onthel peninggalan orang tua saya. Meski usia sepedah itu sudah cukup lama sekitar tahun 1947 kalau gak salah Ayah saya belinya setelah Indonesia Merdeka. Sampai sekarang sepedah itu masih saya rawat dengan baik sebagai cindra mata kenang kenagan dari Ayah tercinta saya.
Kompoy Sepedah Onthel :
Sesekali saya iseng ikutan komunitas sepedah yang ada di kampung sebelah saya. Itupun jika saya ada waktu luang sambil bercengkerama sama Bapak dan Sahabat di kampung saya tinggal. seminggu sekali tiap hari minggu pagi persatuan sepedah onthel di tempat saya suka kompoy keliling desa dengan rute jarak tempuh kurang lebih sekitar 15 km setiap kali jalan kompynya. sdikit screnshoot saat berlangsungnya kompoy sepedah onthel saya bersama teman teman di perkumpulan pecinta sepedah onthel Saya ada di lini depan di urutan ke 2 yang pakai kaos Putih keren gak yah..? :

Sejarah
Perubahan Jaman :
Dengan bergantinya tahun ke tahun seperti pada tahun sekarang ini. Pengguna atau pecinta sepedah onthel mulai menipis dan mengikis karena terkena Abrasi jaman yang sangat cepat sekali dalam perubahan. Dulu saja saat saya masih kecil sekitar tahun 1980 an. Di setiap rumah penduduk masih mempunyai sepadah sebagai alat tranportasi dalam berbagai usaha dan kebutuhanya. Tetapi sekarang coba lihatlah di Desa desa dan Kampung, Sepedah onthel sudah hilang bahkan nyaris punah. Walaupun masih ada beberapa yang masih punya seperti sepedah onthel saya. Apalagi di Kota kota besar seperti di Jakarta dan kota lainya di Indonesia sudah jarang sepedah Onthel itu. Yang masih sedikit kelihatan masih ada di bagian Penduduk Pulau jawa antara Jawa Tengah dan Jawa Timur masih kelihatan banyak. Tapi pada Jawa Barat mulai hilang.

Sepedah Motor VS Sepedah Onthel :
Hilanganya sepedah onthel pada jaman modern ini diganti dengan ada nya Sepedah Motor. Kalau dulu tiap rumah nongkrong Sepedah Onthel pada jaman sekarang ini, Malah sekarang yang nongrong Sepedah Motor dengan berbagai merk dan jenis. Malahan yang ekonomy nya lebih mapan Mobil mewah yang di pakai untuk segala aktuvitasnya. Kalau dulu Sepedah onthel cuma dapat surat paling Kwitansi pembelian itupun kalau belinya yang Baru kalau yang Seccount sih kaga mungkin dapat kwitansi. Tetapi Anehnya pada masyrakat jaman sekarang kebanyakan yang punya sepedah motor mereka tidak memikirkan ada ny surat kepemilikan kendaraan bermotor itu. Kaya dikira sepedah onthel kali yah.? Jadi mungkin egonya mah ikut jaman sekarang. Tapi pemikiranya kaya tempo dulu punya sepedah Motor tanpa surat BPKB/STNK. Yang saya takutkan seperti apa yang pernah saya tulis pada postingan minggu yang lalu tentang :  Gempar berita oprasi motor bodong

Naik Sepedah Onthel :
Pada jaman masa kemerdekaan dulu juga Sang Proklamtor Indonesia Bung Karno menggunakan Sepedah Onthel. sperti yang di langsir pada salah satu situs yang pernah saya kunjungi wikipedia. Berikut penuturan tentang sejarah Presiden Pertama Indonesia itu yang hijrah ke India : Di tahun 1950, presiden Soekarno mendapat undangan dari presiden India Rajendra Prasad untuk berkunjung ke India guna merayakan perayaan kemerdekaan bangsa India dari penjajahan Inggris. Turut serta dalam rombongan presiden republik Indonesia itu adalah Ibu Negara, Fatmawati. Rombongan ini bertolak dari Indonesia pada 23 Januari 1950. Setiba di India rombongan disambut Presiden Rajendra Prasad yang ketika itu berusia 70 tahun. Screnshoot foto Presiden Soekarno dengan Istri tercinta Fatmawati dengan Mesra naik Sepedah Onthel :

Sejarah

Sampai disini kiranya yang bisa saya tuliskan untuk mengenang "Sepedah Onthel Peninggalan Ayah Tercinta" Semoga anda lebih menjaga peninggalan sejarah dari peninggalan para sepuh anda. Karena apapun bentuk peninggalan itu nilainya tidak bisa di ukur dengan apapun. Terima kasih atas kunjungan anda. Mohon maaf jika ada kesalahan pada semua isi artikel ini. Tetap semangat dalam menulis dan berkarya apapun menurut keahlian anda. Salam ceria selalu dan salam sukses. ... Salam Blogging .......dok : history karrysta 29-11-2014

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

157 komentar

Wah sepedah onthel peninggalan bapaknya kang saud ini masih terlihat begitu bagus dan juga keren, pasti terawat ya.. wah kalau itu di jual pasti harganya mahal banget ya kang, tapi jangan di jual soalnya itu peninggalan Alm. ayahnya kang saud.. ANTIK BANGET. pengen juga punya sepeda onthel kayak gitu. :doa

Wah ternyata saya dapet PERTAMAX. saya bawa pulang aah.. :yes

Hanya ketinggalan sepersekian detik saya hampir dapat PERTAMAX hehe

Jadi teringat zaman dulu ketika masa sekolah dan masa puber, ngedekatin cewe bermodal sepeda ontel... Kalo sekarang yah udah ketinggalan kereta kalo mau ngapel pake ontel ya Kang...

Salam dari Pulau Dollar

Iya nih Mas Yahya peninggalan Almr: Ayah saya, alhamdulilah masih di rawat walau sudah tua umrnya. Gak tega mau jualnya juga Mas.? Selamat Atas Pertamax nya Mas Yahya silahlan antri ke Toko Pertamax Terdekat Mas, Iqrozen selamat atas Premiumnya.. :-bd

Lho koq masa nya Mas Abu koq nyaris mirip dengan puber saya dulu ya Mas..? dengan bermodal Sepedah onthel ini saya bisa gaet cewek =D Dulu wahhh kalau jaman sekarang Mustahill.... Motor aja kadang gak level @@,

Udah lama nih mas saya tidak naik sepeda jadi kangen saya hehe...

Didesa saya sepeda onthel jarang banget yang makek, dulu ada sih..
sekarang saya gak pernah liat lagi yang makek speda onthel...
hehehe mantapp gann

Wahh saya gak dapet Pertamax nih :D

ayo kita ke kota tua ,,,nnti ngontel rame2 keliling kawasan kota tua ,,,hehe

hahahahaha .... sungguh terlalu deh ih ,,

kta siapa ketenggelan kereta ,,, malah lbh ngalahin kecepatnnya peswat ,,, hehehe,, coba aja ngontel bareng seseorang pasti cihuy deh ,,,,hahaha

yg punya onthel jaman dulu bukan org sembarang loh Mas Saud..!,

jgn ke situ Mas Afgan..!, nti digoda lg ama nene2..

pastinya bareng dgn Mba Al..ya Mas Fiu yg ganteng..!

wah...akhir2 ini mas saud sering komentar naik sepeda onthel.
eh tak tahunya sekarang malah jadi satu artikel.didaerah saya juga ada wadah untuk pecinta onthel mas.biasanya tiap hari kemerdekaan pada keluar

oalah ternyata teman2 diatas tuh pada tuwa ya.
baru tahu nih
saya dong masih ABG

wah bagus sepeda seperti itu mas, saya pernah menyarankan ke suami saya untuk membeli sepeda onthel seperti itu tapi gak beli-beli :(
pada saat ini sepeda onthel seperti harganya juga lumayan loh mas..

Di daerah kota juga masih ada ojek ontel loh mas

Mas Bangun mas sudah malem. banagun mas

Admin yang paling termuda diantara Mas Mas diatas

Sambil olah raga naik sepedah juga bisa lho Mas Anthonie lebih sehat

yah itulah sekarang emang udah jarang malah seakan punah sepedah ontel

Gimana kalau kompoy Sepedah ontelnya nyari Kota yang agak Muda'an dikit ? kali aja Penghuninya juga Muda dan cantik :ct

Akh masa sih Mas Al' lha saya orang biasa koq Mas :)

Banyak dari sahabat blogger yang sudah ditinggal ayah. Saya turut berduka cita buat mas Sayd Ayah saya juga sudah berpulang. Saya selalu memakai Kopiah atau peci yang selalu dipakai ayah saya sewaktu alm msh hidup

Sepeda Ontel memang unik ya. Di Pontianah ada klubnya loh. Namanya SEPOK sudah berdiri sejak 2007 Silam. Saya juga sudah menyiapkan tulisan Sepda Ontel juga untuk edisi yang akan datang. Naskah sudah siap , tunggal nunggu publishnya sudah auto

Moerdeka Nag Mas Saud..!

Kakek ingoeat saat berjoeang doloe..!,
di tangan sebelah kiri kakek ada bedil rakitan tangan kakek sendiri Nag..!,
kaloe di tangan sebelah kanan kakek ada bunga mawar buat si nenek.., kaya itu nag Mas Saud,, logo "Guns N Rosses..!", yang digawangi Mas Zach, Mas Yan, Mas Fiu, dan drummernya mba susi..eeit..maap Nag Mba Susi.. maksudnya, si inih..aahh kakek lupa lagi namanya..!

kata si nenek,, kakek begitu macho kalo lagi naik onthel..!, peluru saja jang berdesing di telinga jang menyambar kakek nda dihiraukan..padahal si nenek waktoe itu sdh teriak2 histeris Nag Mas Saud..!,

Si nenek inih susah dapetinnya loh Nag Mas Saud..!,mana rumahnya jauh lagi.. jadi onthel jang kakek pake ke rumah si nenek apel, di kasi pinjam teman seperjoaengan doeloe..!, mana si nenek anag juragan terkenal saat itu Nag Mas Saud..!

oiyya Nag Mas saud..!
Tongkat kakek jang dijemur kemarin di mana ya..?,, kakek mau pake soekarang.. raga anag ini jg mau kakek kembalikan juga.. sekalian mau ziarah ke kuburan si nenek,..!,

eeii..kopi kakek mana Nag Mas Saud..!??

Permisi..!,
Sarung kakek..tarohnya tadi di mana ya??.!, masa pake kolor sj keluar..!!

wah antik sekali kang sepedanya, penuh kisah juga, pasti menjadi suatu kebanggan bisa memilikinya
selamat malam kang saud...semoga tidurnya nyenyak :)

wahh pasti sangat berharga banget ya mas.. sepada onthel peninggal ayah mas... :)
kalau saya dapat sepeda onthel peninggalan kakek saya mas... jadi pernah merasakan gimana naiki sepeda onthel itu...

panjang banget mas aldino.... :)

kayaknya saya ngak pernah lihat sepeda ontel begituan deh mas, hahahha

sepeda onthel yg sangat berharga yamas khususnya bagi ayah mas saud,telah menemani sang ayah dikala sedang susah dan senang.
kewajiban mas saud untuk merawat warisan ini

yuk kita angkat jadi kepala suku

Saya terlanjur sayang dengan Sepedah Ontel Mas Yanto, walau saya ada kendaraan yang pake mesin kaya motor/mobil tapi Onthel saya lebih segalanya. Karena historynya gak bisa saya ukur dengan apapun :-bd

Saya juga punya Sepedah onthel Legendaris, Peninggalan sepuh saya Mbak Ana? Dulu Kata Ayah saya belinya sekitar 7 kwintal padi pocong mungkin jika di bandingkan jaman sekarang kurang lebihnya 7 juta an. belum lagi kalau ada bunga nya. Mbak Susi jangan Manyun dong, nanti akan mengurangi keanggunan Mbak Lho.? =D

Asyik Kkek saya datang lagi ngasih wejangan, dan pituah lagi. Yak Kek Aldi semua pandangan baik Kakek akan saya simpen di dalam gentong plastik biar gak bocor hhehe :D Tuh sarung nya di tarik tarik Kucingnya Mas Ehwansah.. ada apanya sarung Kek Aldi itu... apa di kiranya Daging apa ikan asin kali huakakk :ng

Nasib kita sama yah Pak Asep. Semoga saja Bapak saya dan Bapak Pak Asep di terima di sisi Allah SWT. Dan di maafkan dari semua amal salahnya

Wah ternyata di Kota Pontianak juga ada Club Sepedah ontel ya Pak keren deh boleh saya join kapan kapan? Oke deh Pak saya tunggu publish nya?

sip mas,,
alangkah baiknya jika kita kembali ke sepedah ontel :)

Solar habis Mas Em, adanya minyak misik :)

Agak males kalau Ke Kota Malang, soalnya waktu saya Konser disitu, gak ada yang nyapa. sampe sampe Admin blog wongcungkup dan admin wongcrewchil aja gak mau nyapa. Padahalkan saya pengen dong di senggol hh :D

Wah berarti saya orang Dayak dong, gak level banget, keren keren gini saya dari Marga Tan lho Mas,, Yan..? baru tau ya?

Masa iya sih Mbak Susi, di Kota Mana Mbak Tinggal..gang Rt/Rw no rumah Kelurahan apa.. biar nanti saya main ke rumah Mbak Susi ;)

Yah Kang Jery itu cindra mata dari Sang Ayah tercinta. Malam juga Kang Jery anu bijaksana :) Kalau cewek Ganteng ada gak Mas Em?

Yah Mas Ehwanash, sangat saya ccintai sepedah tua saya itu. wah Mas juga punya onthel juga rupanya.? Kalau punya saya sepedahnya Masih Terpedo Mas Yanto, karena sperpart nya masih bawaan dulu

Betul Mas Yanto, saya berusaha menjaganya, barang yang dulunya di sayang Ayah saya karena sepedah itu Ayah saya bisa menafkahi saya dan ke 6 Kakak saya sampai berhasil menjadi orang yang terpandang :-d

Itu sepedah Ayah saya dulu semasa jaman indonesia masih di jajah Mas, Em dan ayah sayadengan sepedah itu sebagai alat tranportasi untuk mengais rizky lebih jelas nya Ayah saya sebagai pegawai KA Di Brebes

Yah saya mah sebatas lagi rindu dengan Ayah terinta aja Mas Bagus +top

sudah langka bener saya lihat sepeda ontel dijaman sekarang ini . kalau dijual kayanya bsa naik buat haji nih kang Daud hehehe ,,

Jaman sekarang udah susah klu mau nyari barang begituan ya mas...ntar lama2 jadi barang antik yg nilai jualnya akan lebih tinggi

Sudah lama tidak main sepeda onthel nih, kalau toh main sepeda onthel saya hanya di obyek wisata yang menyewakan sepeda onthel seperti ini mas. he, he ,he,,

lebih tua sepeda ontel nya pak saud dari pada saya wkwkwk pasti sangat berharga sekali itu yah sampe setiap hari dirawat :)

ahai romantis kalo sekarang dipakai..

andai sepeda itu rutin dipakai sehari hari , jantung sehat tubuh kuat vitalitas terjaga..

klo misk buat nggosok keris mas

jaman sekarang semakin tua tambah antik, kalo dirawat dg baik, harganya mahal...
apalagi sepeda peninggalan alm. bpk, pasti berharga sekali dan tak ternilai

enaknya nggak perlu pake bbm, cukup makan ubi cilembu yg banyak, sudah jauh jalannya

Salam pagi kang KARRYST,,,,konon katanya peninggalan orang tua itu bisa jadi Pusaka,jadi harus benar-benar dirawat kang hehe.
Sperti biasa mampir dulu disini mo berangkat nih hehehe

biasanya kalau sudah jadi antik harganya mahal lho ,,,,

wah itu sudah benar2 antik tuh Pak Guru,,,,

berarti masih mudaan saya dong kakakakak

kunjungan pagi kang saud, lihat sepedanya mau dijual ngga yah..

koq pada ngomongin minyak sama keris :D wah..wah...

kalo ngomongin sepeda, jadi inget masa2 sekolah dulu pak. dari SMP sampai Lulus SMK saya sekolah naik sepeda trs hehehee.... sambil olahraga :D

mantab gan, pesan yang terpenting, jagalah peninggalan peninggalan yang ada. thank you admin

Warisan dari sang ayah yg hrs tetep di jaga ya mas

Kalau didaerah saya sudah punah itu kang saud.. alias sudah ga ada lg.. mksh atuh tlh berbagi SEPEDAH ONTHEL PENINGGALAN AYAH TERCINTA yg sangat bermanfaat

nah benar kan, harganya pasti mahal... mungkin kalau 1M bisa benar-benar bikin manyun mas.. iya kan mbak Susi :yes =D

waduh kang maaf baru ngesot kesini, maklum jaringan lagi lemot bin lola...
iya tuh kang sepeda model seperti itu saat ini sudah langka sepertinya, bapak saya juga masih punya tapi ya kondisinya kurang terawat..

betul mas, semakin antik semakin berharga

ya ampuuuuuuun ,,,,, :D

mas aldino mw tuh nyenggol mas saud ,,,hehe

o masih saudara lain aya sama ahok yamas

kalau torpedo rada susah makainya kalau nggak biasa mas.bingung waktu mau berhenti
saya pernah nyoba

walaupun sudah terbilang kuno sepeda ontel nya, namun nilai sejarahya yang membuat tidak dapat ditukar dengan rupian ya mas Saud

Uni sekali sepeda onthel. Kalau peninggalan orang tersayang pasti dirawat baik-baik, ya :)

sudah lama tidak pake sepeda, dulu pernah ada tapi di jual buat menambah uang muka cicil motor, hehehehe... liat sepedanya keren juga, sepeda klasik memang enak untuk di lihat

halo mas karrysta.. Berkunjung nihh...

Bagus sepeda Onthelnya, kirakira skrang di taksir brapaan tuh harga Onthel yang diatas yaa..

Nilai sejarah yg cukup besar dari sepeda onthel itu. sayang sekali ya kalau sampai dijual.. Patut dijaga dan dirawat terus

sepeda onthel dengan tahun pembuatan yang fantastis 1947 sampai sekarang masih terawat dengan baik...mempunyai nilai history yang sangat tinggi...

kalau buat gosok gigi lebih bagus kaya nya mas wong?

mas wong mau buka praktek dukun katanya mas eka hheheh

nah gitu dong mas
itu namanya anak berbakti

mas mau pinjem sepeda onthelnya nih
saya mau jalan-jalan

wah saya naksir sama sepedanya pak karno nih...kira2 dimana skarang y spedanya ? masih ada g ya ?

hayoo...sama siapa nh

kalau dijual sangat tinggi harganya

Silahkan Teh Santika+Mas Wong+Mas Eka yang mau pinjem datang aja, tapi maaf tak akan saya kasih heh =D

Kenapa Mas kakinya keinjek ya?

ada dech
yang pasti bukan sama mas zeer.kwkwk

sepedanya disimpen digudangnya mas saud

sekarang emang mas aldi ganti jenis jadi mbak gitu Mas Yantoo..? koq bisa?

Kaya bisa gitu ya Teh.. yu mau saya boncengin sama ontel?

Nah mas El udah ngasih sinyal
Ketarik nih kayaknya

Ngeliatnya sambil mnum cendol ya mbak :)

Emang unik dan jadi kenangan di hati ya Mbak Indi. makasih ucpnya

Betul yah Mas Pur, walau bentuknya udah jadul dan usang warisan Ayah saya itu, sangat memberi kengan sekali buat saya. Apakah begitu Kang Muroi, belum ada niat untuk di tarik Mas :)

Tuh kan bener kata saya Bah Haji, pasti deh di Kota Pndeglang Banten mah sudah gak ada. baiklah Abah makasih kunjunganya :)

Oooow... Pantesan.. Kenapa baru dia saya tau?

Bisa iya bisa gak tergantung yang nanya nya :BT

Lumayan sangat mahal hustory kenanganya Mbak Ana. Wah kalau Sepedah ontel harganya sampe 1 m mendingan beli mobil mewah anti peluru aja Mbak biar kagak manyun :ng

Sampe saya Kakek juga kagak bakalan ketemu alamat Indonesia doang mah Mas Yan. Mbak Susi nya tak singgah lagi nak apaya?

Haruskah saya percayai kalau Mas Yan pernah nyoba sepedah ontel yang Torpedo..??? :heran

Sampai sekarang budi bakti saya pada Ayah belum sebanding dan takan bisa mebalasnya. Karena Ayah terlalu baik padaku

Kaya nya seperti itu ya Mas Hary? Kalau naik Haji nya mah pengen dan Rindu sekali. Tapi kalau harus jualontel gak sampe hati deh Mas ? :mn

Betul ya Mas Virlyz, kalau sengaja dicari emang susah. tapi kadang pas ada. gak boleh di beli barang antik tersebut oleh si empunya nya :)

Nah tuh Mas Yanto tau Pak Haji, tapi bukan saya yang ngomongnya ya..? nanti di kiranya saya Pamer lagi... saya mau blajar jadi alim ah

Tidak menerima pinjaman, kalau di sewa nanti saya pikir pikir dulu gak lama abis tahun 2015 aja Mas Yan.. yang pasti bukan siapa siapa lho Pak Haji. paling sama si Ibune ya kan.?

Yah Mas Qiral Bima Josha itu peninggalan mendiang Ayah saya. nilai history nya yang saya kagumi itu Mas. gak tau kalau di jual Pak Mas

Betul sekali ya Mas Rianda yang Mas Utrakan diatas saya senpendapat. terima kasih sudah meluangkan waktu kesini. salam hangat selalu :)

saya juga punya sepeda onthel,
tapi sayangnya ga dirawat, tapi tetap masih kuat walau sedikit berkarat,

coba aja mas saud...nanti kabari hasilnya ya... kalo nggak sukses, pake abu gosok atau amplas...nah kalo masih blom berhasil pakai gerenda...:D

Namanya barang peningalan orang tua bukan masalah nominal yang berharga namun historynya yang takkan ternilai dengan apapun jua.
Kalau di Solo sepeda yang begitu populer dengan sebutan pit Kebo. beberapa saat lalu pit kebo ini sempat buming namun kini agak redup kembali kayaknya.

Bisa lebih malah Mas :D

saya kerisnya ketinggalan

gerenda kurang keren, gimana kalo pake bor tambang minyak ?

rambutnya mungkin kepotong

emang ada sepeda anti peluru?

nak jangan terlambat ke sekolah ya

jadiin satu postingan bisa lho itu

saya pun ada Kang di kampung halaman. ditaro di ruang tamu asyik pisan, jadi nyeni gitu kesannya. btw gimana kalo kita naik onthel keliling Jawa Kang? saya sendirian, Kang Saud dibonceng sama Mas Yanto, kan keren. nanti yang lain naik truk. kalo capek, saya naik truk, tapi Kang Saud tetep aja naik sepeda.

Kalok di sini nyebutnya sepeda janda, Kang.. Wkwkwk :D

Sepedah ontel ayahmu
Bikin hatiku rindu
Akan hobi ayahku
Berkendara ontel kerumahku
Walau jauh dan memakan banyak waktu...

keren Mas.
Di sini juga pernah rame tuh komunitas sepeda onthel.
Tapi mungkin karena cuma sekedar ikut-ikutan tren, akhirnya mulai meredup.

Dulu kakek saya juga punya. tapi sudah karatan dan akhirnya diloakkan dijual kiloan. sayang ya.

Pake arit aja Mas, biar agak keren dikit :)

Mas Wong sama Mas Zach iki seneng yo kalau lihat saya susah dan menderita haha :ng pate' i sisan ayame pean Mas beh sore makan sama goreng enak toh..? hheheh =D Sampean yang makan sama ayam.. Saya mah makan dengan gorenga ayam. adilkan? hh

Ndak tau aku ra weruh he Mas Zach, Lha wong Mas Wonge ra tau kanda karo aku.. tenan :D

Emang dilihat dari romanya aja Mas Zach mah orangnye gak Pemalu, Tapi suka malu - malu'in :ng

kalo sama mas dede kayaknya seumuran wkwkwk

saya datang kesini dulu ya mas.. mau menikamti sepeda onthel mas... karena sangat asik sekali kalau naek sepeda ini mas...

wah saya juga punya sepeda legendaris peninggalan bapak, yuk jalan sesama deh mas karrys hehe

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger